15 Oleh-oleh Khas Balangan yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Balangan

Oleh-oleh Khas Balangan – Berpiknik menjadi kegeraman sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Memberi kesegaran kembali pikiran yang sumpek serta badan yang sudah mulai capek yakni alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol jika tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk kuliner ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dipakai sendiri, dipakai sendiri, maupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Balangan yang Favorit

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, Anda yang ketepatan lagi mendapat bonus dari tugas bisa berliburan sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membikin suasana hati kembali gembira. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali terhadap aktifitas ini biasanya adalah para wanita. Meskipun demikian, kaum pria juga banyak pula yang menyukai aktifitas ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadang-kadang tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang memiliki kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya untuk kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, biar sehabis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Balangan yang Favorit

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak digemari oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri ialah Balangan.

Di Balangan, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Balangan.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Balangan yang Favorit

1. Kulat (jamur)
Kulat Atau dalam bahasa Indonesia artinya Jamur adalah salah satu bahan olahan Makanan Khas Paringin. Sebelum mengolah kulat, terlebih dahulu harus memahami mana kulat yang bisa dimakan dan mana kulat yang harus dihindari karena beracun.Bagi penduduk setempat, kebiasaan memilih dan memilah kulat yang baik untuk dimakan dan kulat beracun itu mudah saja. Mereka bisa tahu hanya melihat kondisi kulat itu. Berikut 3 ciri-ciri apabila kulat sehat dan bergizi:

Pada kulat terdapat ulat
Pada kulat terdapat bekas dimakan ulat
Kulat di hurung (dikerumuni) binatang kecil yang disebut oleh masyarakat setempat binatang bari-bari

2. Kalalapon Paringin Balangan
Kalalapon adalah salah satu camilan khas Paringin. Kalalapon terbuat dari campuran tepung ketan, pasta pandan, air kapur sirih, garam, gula merah dan kelapa parut. Bentuk dari kuliner ini bulat berwarna hijau dan diselimuti segerombolan kelapa yang di parut.

3. Sirup Batumandi
Sirbam merupakan minuman khas dari Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan yang memiliki cita rasa manis. Pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan.

Sirup yang diproduksi masyarakat Batumandi secara turun-temurun itu sulit ditemukan di daerah lain di luar Balangan. Tak semua sentra oleh-oleh di berbagai daerah menjual sirbam. Bapak Kamarullah selaku pelaku UMKM sirbam menjual sirupnya sendiri di depan rumah.

4. Gangan Asam
Sayur asam yang ada di daerah ini tentunya berbeda dengan sayur asam yang biasanya Anda temui. Gangan asam di sini warnanya kuning karena terbuat dari kunyit. Sementara rasanya asam, segar dan juga gurih.Dalam pengolahannya gangan asam diberi tambahan ikan haruan atau ikan gabus, bahkan ada kalanya menggunakan ikan patin. Gangan asam paling enak jika dikonsumsi bersama nasi putih hangat.

5. Pais Waluh
Kata pais dalam kosakata bahasa Banjar merujuk pada ragam olahan makanan yang dibungkus daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Mungkin maknanya mirip dengan kata pepes dalam bahasa Indonesia. Salah satunya adalah Pais Waluh yang menjadi salah satu Makanan Khas Paringin Balangan.

6. Kalangkala
Kalangka adalah kuliner berupa sayuran. Keunikannya terletak pada bahan utama yang digunakan, yaitu buah Kalangkala. Buah kalangka berbentuk bulat dan berwarna merah muda ketika matang.

7. Dodol Kandangan
Dodol yang berasal dari Kandangan berbeda dengan dodol di tempat-tempat lain. Setiap orang yang sudah pernah mencoba dodol kandangan menuturkan kalau dodol kandangan mempunyai tekstur yang lebih legar dan lembut. Bukan hanya itu, dodol kandangan juga mempunyai rasa yang tingkat manisnya pas.

8. Lamang
Lamang kandangan biasa dihidangkan dengan sambal sate yang terbuat dari beberapa bumbu seperti kacang tanah, kemiri, dan cabai merah. Penyajiannya dilakuakn di atas piring atau mangkuk, tergantung selera. Setelah lamang diguyur bumbu sate selanjutnya ditambahkan telur bebek asin dan kacang nagara yang dimasak bumbu kareh. Lamang kandangan mempunyai rasa yang lebih gurh dan ketannya tidak alot seperti lamang di daerah lain.

9. Apam Batil
Kue apam batil yang menurut sebagian penduduk Banjar berasal dari Hulu Sungai Selatan adalah kue yang terbuat dari tepung terigu. Kue apam atau apem batil mungkin tidak sepopuler kue donat atau bolu, tapi untuk rasanya boleh diadu, apalagi jika dimakan bersama kuah gula aren, akan double nikmatnya. Kue yang menjadi kesukaan anak-anak Banjar ini paling sering dimakan pagi hari atau oleh umat Muslim dijadikan menu berbuka puasa.

10. Ketupat Kandangan
Ketupat kandangan [katupat kandangan orang Banjar menyebutnya] adalah salah satu makanan khas Kalimantan Selatan yang berasal dari daerah Kandangan yang juga mempunyai kuliner khas lain berupa dodol kandangan. Ketupat dari Kandangan juga sama seperti ketupat pada umumnya yang terbuat dari bahan baku beras. Sedangkan perbedaannya dengan ketupat lainnya adalah penggunakan ikan haruan sebagai menu pelengkap di dalam setiap porsi ketupat.

11. Iwak Samu
Iwak samu atau iwak basamu adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang memanfaatkan hasil laut berupa ikan yang disamu. Samu dalam bahasa Banjar berarti proses mengasinkan ikan dengan dibumbui oleh garam, kunyit, dan beras yang disangrai dan kemudian ditumbuk kasar. Ikan yang biasa dipilih untuk disamu adalah ikan gabus, sepat, saluang, dan papuyu.Iwak samu bisa dimakan bersama nasi, sayur, sambal, ataupun lauk pauk lainnya.

12. Cacapan Asam
Cacapan asam terbuat dari buah asam yang diproses dengan cara dicacah. Karena proses tersebut makanan ini juga disebut cacahan asam oleh orang Banjar. Sementara arti cacapan sendiri merujuk pada cara penyajiannya yang mencacap atau meresapkan suatu bahan ke dalam cairan [yang dipilih adalah buah-buahan yang asam seperti mangga muda, belimbing wuluh, binjau, atau ramania]. Rasa dari cacapan asam berpadu antara asam dan pedas.

13. Sate Tulang
Sate tulang bukanlah sate yang menusuk tulang, itu hanya nama saja. Lalu, bahan apa yang dijadikan sate? Bahan yang digunakan adalah sisa-sisa tubuh ayam yang biasanya tidak terpakai, seperti leher, kulit, dan lemaknya. Semua bahan tersebut digiling dan diberi bumbu habang atau bumbu merah yang dominan cabai. Rasa dari sate tulang sebenarnya tidak hanya pedas, tetapi ada juga manisnya.

14. Lontong Orari
Lontong orari adalah makanan berkuah gurih yang secara fisik tampilannya tidak jauh berbeda dengan lontong sayur yang bisa ditemukan di Jakarta. Tapi saat lontong terbang ke lidah baru terasa perbedaannya. Pertama, bentuk dari lontong orari tidak bulat panjang, tetapi segitiga. Kedua, lauk yang digunakan pada lontong orari lebih banyak dari lontong sayur pada umumnya selain itu ada juga yang unik, yakni terdapatnya ikan haruan dalam seporsi lontong orari.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan khas Balangan yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia