10 Oleh-oleh Khas Banjar yang Terkenal Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Banjar

Oleh-oleh Khas Banjar – Berwisata menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah kamu. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sumpek serta badan yang sudah mulai penat merupakan alasan paling masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi Anda?

Dalam Berliburan kurang afdol jika tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dikonsumsi sendiri, dipakai sendiri, ataupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Banjar yang Terkenal

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, Anda yang kebetulan sedang mendapatkan bonus dari tugas bisa berliburan sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membikin suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap kegiatan ini biasanya yakni para perempuan. Meski begitu, kaum lelaki juga banyak yang menyukai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang terkadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, agar habis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Banjar yang Terkenal

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata. Obyek wisata tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Banjar.

Baca Juga:  8 Oleh-oleh Khas Kota Surabaya yang Populer Saat Ini

Di Banjar, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Banjar.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Banjar yang Populer

1 Cacapan Asam
Cacapan asam terbuat dari buah asam yang diproses dengan cara dicacah. Karena proses tersebut makanan ini juga disebut cacahan asam oleh orang Banjar. Sementara arti cacapan sendiri merujuk pada cara penyajiannya yang mencacap atau meresapkan suatu bahan ke dalam cairan [yang dipilih adalah buah-buahan yang asam seperti mangga muda, belimbing wuluh, binjau, atau ramania]. Rasa dari cacapan asam berpadu antara asam dan pedas.

2 Sate Tulang
Sate tulang bukanlah sate yang menusuk tulang, itu hanya nama saja. Lalu, bahan apa yang dijadikan sate? Bahan yang digunakan adalah sisa-sisa tubuh ayam yang biasanya tidak terpakai, seperti leher, kulit, dan lemaknya. Semua bahan tersebut digiling dan diberi bumbu habang atau bumbu merah yang dominan cabai. Rasa dari sate tulang sebenarnya tidak hanya pedas, tetapi ada juga manisnya.

3 Lontong Orari
Lontong orari adalah makanan berkuah gurih yang secara fisik tampilannya tidak jauh berbeda dengan lontong sayur yang bisa ditemukan di Jakarta. Tapi saat lontong terbang ke lidah baru terasa perbedaannya. Pertama, bentuk dari lontong orari tidak bulat panjang, tetapi segitiga. Kedua, lauk yang digunakan pada lontong orari lebih banyak dari lontong sayur pada umumnya selain itu ada juga yang unik, yakni terdapatnya ikan haruan dalam seporsi lontong orari.

4 Nasi Itik Gambut
Rata-rata makanan khas Kalimantan Selatan memang paling banyak berasal dari Banjarmasin. Seperti di daerah Gambut yang menjadi daerah penyangga kota Banjarmasin dan Banjarbaru terdapat kuliner khas berupa nasi itik. Nasi itik gambut disebutnya, adalah kuliner berupa nasi putih yang dihidangkan bersama lauk itik dengan bumbu habang atau bumbu merah khas Banjar.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Samosir yang Paling Hits Saat Ini

5 Iwak Samu
Iwak samu atau iwak basamu adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang memanfaatkan hasil laut berupa ikan yang disamu. Samu dalam bahasa Banjar berarti proses mengasinkan ikan dengan dibumbui oleh garam, kunyit, dan beras yang disangrai dan kemudian ditumbuk kasar. Ikan yang biasa dipilih untuk disamu adalah ikan gabus, sepat, saluang, dan papuyu.

Iwak samu bisa dimakan bersama nasi, sayur, sambal, ataupun lauk pauk lainnya. Iwak samu yang ingin dimakan harus digoreng terlebih dahulu hingga matang [tentunya ikan sudah dibumbui dengan bumbu-bumbu tadi]. Rasa dari iwak samu asin bercampur gurih dan tak lupa terdapat sensasi kriuk yang bisa menambah selera makan.

6 Lamang
Lamang kandangan biasa dihidangkan dengan sambal sate yang terbuat dari beberapa bumbu seperti kacang tanah, kemiri, dan cabai merah. Penyajiannya dilakuakn di atas piring atau mangkuk, tergantung selera. Setelah lamang diguyur bumbu sate selanjutnya ditambahkan telur bebek asin dan kacang nagara yang dimasak bumbu kareh. Lamang kandangan mempunyai rasa yang lebih gurh dan ketannya tidak alot seperti lamang di daerah lain.

7 Kerupuk Ikan Tenggiri
Tahukah Anda jika kerupuk Tenggiri menjadi salah satu produk makanan khas dari Kotabaru? Kerupuk yang satu ini sering kali menjadi incaran bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah Kalimantan Selatan ini. Selain rasanya yang gurih, kerupuk ini memiliki cita rasa yang cukup unik dengan aroma khas ikan.

Kerupuk ini benar benar familiar di telinga banyak orang dan juga sudah melegenda di seantero negeri. Hal ini dikarenakan kerupuk yang satu ini memiliki cita rasa yang unik dengan bahan utama ikan tenggiri. Bahkan kerupuk ini sangat laku di pasaran dan di pusat oleh-oleh sebagai buah tangan dari kota ini.

8 Ikan Kering
Ikan ini diolah dengan cara dikeringkan agar menjadi lebih awet. Ikan hasil buruan para nelayan lokal yang sudah dikeringkan dan diawetkan ini dibanderol dengan harga jauh relatif murah, sehingga menjadi sasaran bagi para wisatawan.
Untuk mendapatkan ikan kering yang berkualitas, biasanya para penjual menggunakan dua metode penggaraman. Yang pertama yaitu penggaraman kering dan yang kedua ada metode penggaraman basah. Untuk metode pengasinan kering, maka larutan air garam hanya dioleskan ke seluruh tubuh ikan dengan ukuran tertentu.

Baca Juga:  20 Oleh-oleh Khas Toba yang Populer Saat Ini

9 Rumput Laut Tawar
rumput laut kering ini sangat praktis jika dibawa menjadi oleh-oleh. Sebab, kuliner ini dapat bertahan lama dan juga ringan. Tak ayal jika banyak diburu oleh para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

10 Sagon Bakar
Sagon bakar merupakan camilan tradisional ini dari bahan daging kelapa yang diolah secara unik. Meskipun namanya sagon bakar, namun teknik pembuatannya dilakukan dengan cara di oven atau dipanggang. Hal menarik lainnya sagon bakar juga diberi tambahan tepung beras ketan, santan kelapa, gula, dan garam agar rasanya lebih nikmat.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan khas Banjar yang Favorit saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia