15 Oleh-oleh Khas Banjarnegara yang Melegenda Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Banjarnegara

Oleh-oleh Khas Banjarnegara – Bertamasya menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah kamu. Memberi kesegaran kembali pikiran yang sumpek dan badan yang sudah mulai capek ialah alasan paling logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi Anda?

Dalam Berwisata kurang afdol apabila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berupa makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk disantap sendiri, dipakai sendiri, maupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, kamu yang ketepatan lagi mendapat bonus dari tugas bisa berwisata sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para wanita. Walaupun begitu, kaum lelaki juga banyak juga yang menggilai aktifitas ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadangkala tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya buat kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, supaya sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh di Banjarnegara yang Paling Hits

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak disukai oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri adalah Banjarnegara.

Di Banjarnegara, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Banjarnegara.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Banjarnegara yang Melegenda

– Jenang Salak
Dodol atau jenang salak merupakan kuliner olahan buah salak asli Banjarnegara. Proses pembuatannya cukup sederhana dan tidak jauh berbeda dengan cara membuat dodol biasa. Olahan salak ini kerap dicari wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Banjarnegara.

Harga jenak salak di pasar atau di toko oleh-oleh relatif murah. Soal rasa, jenang tradisional asli Banjarnegara ini sangat lezat dan unik. Jenang salak memiliki rasa yang lebih manis dengan aroma yang wangi. Jenang atau dodol salak sangat legit dan cocok untuk camilan dengan secangkir teh atau kopi.

– Kopi Biji Salak
Jika Anda mengaku sebagai pecinta kopi, maka wajib hukumnya untuk mencicipi kopi biji salak yang mampu menggugah selera ini. Anda bisa menemukan produk kopi biji salak ini dengan sangat mudah, karena tidak sulit untuk menemukannya. Dimana Anda bisa mencarinya di berbagai tempat pusat oleh-oleh di Banjarnegara.

– Keripik Kentang
Keripik kentang cocok dijadikan buah tangan jika Anda berkunjung ke Banjarnegara. Rasanya enak dan gurih dengan cita rasa asin untuk keripik kentang original. Harga keripik kentang khas Banjarnegara ini pun cukup terjangkau dengan kemasannya apik. Kemasan khas keripik Banjarnegara biasanya adalah kemasan plastik kedap udara.

– Carica
Di Banjarnegara, Anda bisa menemukan banyak pedagang yang menjajakan carica dalam bentuk buah maupun makanan ringan yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan. Salah satu olahan makanan ringan dari buah carica yang sangat populer di kalangan wisatawan yaitu manisan carica, karena memiliki rasa yang segar dan lezat serta sangat khas.

Purwaceng
Purwaceng merupakan tanaman yang hanya tumbuh di daerah berhawa sejuk seperti dataran tinggi Dieng, Banjarnegara. Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai minuman herbal untuk meningkatkan stamina. Kini purwaceng pun menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Banjarnegara.

Purwaceng biasanya diolah menjadi produk susu atau kopi. Bagian tanaman yang digunakan biasanya adalah biji dan akarnya. Minuman herbal dari tanaman gunung ini memiliki rasa pedas. Cocok untuk diminum di pagi hari atau saat cuaca sedang dingin.

– Poci
Apabila Anda ingin membawa buah tangan yang bisa dikenang dan digunakan, maka Banjarnegara juga memiliki oleh-oleh yang tidak berupa makanan atau minuman. Salah satu cendera mata yang bisa Anda bawa pulang dari Banjarnegara yaitu poci, atau teko mini yang terbuat dari tanah liat, yang merupakan hasil karya dari masyarakat Klampok.

– Sirup Salak
Olahan unik dari Banjarnegara yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah sirup salak. Buah salak yang banyak dihasilkan di daerah ini memiliki ras manis dan tekstur buah yang gurih. Salak menjadi salah satu oleh-oleh khas Banjarnegara yang kerap dibeli oleh wisatawan.

Jika ingin lebih awet, produk sirup salah bisa menjadi pilihannya. Sirup unik dari buah salak ini dapat bertahan hingga beberapa bulan. Namun, jangan khawatir karena sirup salak dari Banjarnegara aman dan tanpa bahan pengawet tambahan. Biasanya sirup salak banyak dijual di toko oleh-oleh dengan kemasan botol.

– Batik Tulis Gumelem
Oleh-oleh ini bisa Anda berikan kepada keluarga, teman, atau orang penting lainnya, atau bahkan bisa Anda simpan sendiri sebagai kenang kenangan. Batik tulis khas Banjarnegara ini dibuat oleh masyarakat Gumelem, sehingga banyak yang menyebutnya Batik Tulis Gumelem.

Corak batik pada oleh-oleh satu ini berkesan sangat elegan dan klasik, di baliknya juga terdapat kisah dan makna yang berbeda beda. Sehingga sangat cocok untuk dipilih sebagai cendera mata untuk orang spesial. Harga dari batik tulis gumelem sendiri dibanderol sangat bervariasi, tergantung dengan corak batik yang Anda pilih.

– Dawet Ayu Banjarnegara
Dawet ayu khas Banjarnegara sudah begitu terkenal dengan kesegaran dan rasa manisnya. Dawet dari daerah ini kebanyakan dibuat dari bahan tepung beras. Tekstur dawet atau cendol ini pun lebih kenyal dan rasanya lebih nikmat. Dawet ini banyak dibuat menjadi minuman dingin yang menyegarkan.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Banjarnegara yang Terkenal saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia