12 Oleh-oleh Khas Banyuasin yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Banyuasin

Oleh-oleh Khas Banyuasin – Bertamasya menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Berikan kesegaran kembali pikiran yang pengap dan tubuh yang sudah mulai penat merupakan alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk disantap sendiri, digunakan sendiri, ataupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Banyuasin yang Paling Hits

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, kamu yang ketepatan sedang memperoleh bonus dari tugas bisa bertamasya sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang senang sekali pada aktifitas ini biasanya adalah para wanita. Meskipun demikian, kaum pria juga banyak pula yang menyukai aktifitas ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadangkala tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sambil belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang punya kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang sangat membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya untuk kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Pastinya, agar sehabis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Banyuasin yang Kekinian

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Obyek wisata tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri ialah Banyuasin.

Di Banyuasin, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Banyuasin.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Banyuasin yang Favorit

– IkanSalai
kuliner khas Banyuasin mungkinsudah tidak asing lagi. Jika sering bepergian ke kota Sekayu, Musi Banyuasin,Sumatera Selatan, ikan salai mudahditemui.

Harganya pun tidak terlalu mahal dan bisa dibawapulang sebagai oleh-oleh. Wisatawan yang penasaran, bisa mendapatkan ikantersebut dipinggir jalan lintas Betung-Sekayu tepat di desa Lumpatan-Bailangu.Desa tersebut dikenal sebagai sentra pengrajin ikansalai baung dan patin

– Sayur Rampai Talang
Rampai talang adalah sajian masakan berupa sayur. Nama rampai talang diambil dari kata “rampai” yang artinya rempah-rempah dan “talang” yang artinya hasil kebun. Maka rampai talang adalah hasil kebun (sayuran) yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Bahan-bahan yang ada di dalam sayur rampai talang antara lain yaitu ubi kayu, jantung pisang, terong, dan batang keladi.

– Bekasam Udang
Bahan utama bekasam udang adalah udang yang telah dihaluskan dan sudah difermentasi selama kurang lebih seminggu. Cita rasa udang yang kuat bercampur dengan sedikit rasa asam dari proses fementasi udang, menciptakan rasa kuah yang segar.

– Kue Engkok
Kue engkok yang bentuknya menyerupai angka delapan ini terbuat dari gandum. Karena bahan utamanya gandum, kue ini sangat cocok dimakan sebagai camilan berat jika kamu sedang dalam kondisi lapar. Teksturnya empuk dan rasanya gurih karena menggunakan bahan santan kelapa

– KerupukLempang
Kerupuk satu ini mungkin bisa dibilang sebagai oleh-olehkuliner khas Banyuasinyang hampirlangka, karena cukup sulit ditemui. Serupa dengan pempek, kerupuk lempangterbuat dari adonan tepung terigudan ikan belinda atau tenggiri.

TekwanKering
Tekwan sendiri merupakan versi lain dari pempek.Adonannya sama, hanya penyajian tekwan menggunakan kuah kaldu ikan dan tak disantap dengancuka atau cuko.Tekwan kering yang dipotong kecil-kecil, nanti dijemurdi bawah sinar matahari, kemudian dikemas memakai kotak makan dari plastikmika. Untuk menyantapnya bisa dengan direbus layaknya tekwan kuah, tapi bisajuga disantap langsung.

-LempokDurian
jika datang ke Banyuasin sepertinya wajib membawaolahan durian sebagai buah tangan. Salah satunya adalah lempok. Lempok inihampir serupa dengan dodol, karena terbuat dari bahan utama gula aren.Perbedaannya, lempok durian didominasi rasa durian yang kuat serta bentuknya lebih besar dari dodolyang banyak dijual didaerah Jawa.

-Asam Pedas Burung Punai
makanan ini adalah lauk yang bahan dasarnya adalah burung punai atau burung merpati hijau dengan cita rasa asam dan pedas. Gurihnya daging burung punai yang berpadu dengan kuah asam pedas dipastikan akan menambah nafsu makanmu. Burung punai ini dimasak dengan bumbu berbagai macam rempah-rempah. Warna kuahnya yang kuning berasal dari kunyit. Kuahnya yang asam bercampur pedas menciptakan rasa yang segar dan cocok dimakan dengan nasi.

– Pede Ikan Gabus
Pede ikan gabus adalah masakan dengan bahan utama ikan gabus atau yang disebut dengan pede oleh masyarakat setempat. Masakan ini pada dasarnya adalah ikan gabus yang ditumis dengan bumbu bawang merah dan cabe rawit hijau—mirip dengan cara memasak tongkol cabe hijau.

 

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Banyuasin yang Kekinian saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia