10 Oleh-oleh Khas Banyumas yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Banyumas

Oleh-oleh Khas Banyumas – Berwisata menjadi kegemaran sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sumpek serta badan yang sudah mulai capek yakni alasan paling masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan Anda?

Dalam Berpiknik kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berupa kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dimakan sendiri, digunakan sendiri, maupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Banyumas yang Melegenda

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, kamu yang ketepatan sedang mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa bertamasya sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membikin suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada aktifitas ini biasanya yakni para wanita. Walaupun begitu, para pria juga banyak pula yang menggilai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Tentu saja, biar setelah pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Banyumas yang Populer

Indonesia memiliki banyak sekali tempat rekreasi. Tempat wisata itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri adalah Banyumas.

Di Banyumas, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Banyumas.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Banyumas yang Wajib dibawa Pulang

– Klanting atau Lanting Bumbu
Makanan khas Purwokerto Banyumas ini disebut klanting karena bentuknya mirip dengan anting. Makanan ini terbuat dari bahan singkong yang diparut dan diperas airnya kemudin dicampur dengan bumbu-bumbu lalu digoreng hingga berubah warna. Rasanya enak dan gurih. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Selain murah, makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh purwokerto.

– Gethuk Goreng Sokaraja
getuk goreng sokaraja. Berbeda dari getuk pada umumnya karena pembuatannya memerlukan dua kali proses. Yang pertama yatu dengan mengukus bahan utamanya berupa singkong pilihan. Kemudian singkong yang sudah di kukus dilumatkan bersama gula jawa, campurkan juga dengan tepung terigu dan tepung beras. Bentuk menjadi kotak-kotak kecil. Proses selanjutnya adalah menggoreng hingga aromanya harum dan berubah warna. Getuk ini memiliki citarasa yang khas yaitu perpaduan manis gula jawa dan singkongnya.

– Mendoan
Mendoan merupakan olahan tempe yang digoreng setengah matang bersama adonan tepung. Mendoan berasal dari bahasa Jawa “mendo” yang berarti setengah matang. Tempe digoreng setengah matang sehingga teksturnya masih terasa lembut.

Jenis tempenya pun khusus. Tempe yang digunakan tidak padat seperti tempe biasa. Tempe dibuat lembaran tipis dan lebar serta dibungkus dengan daun pisang. Adonan tepungnya pun bukan menggunakan tepung terigu, melainkan tepung beras.

– Keripik tempe
Keripik ini terbuat dari tempe yang diris tipis-tipis kemudian dilumuri dengan tepung lalu digoreng hingga kering sehingga ketika dimakan akan terasa sangat renyah dan gurih. Keripik tempe sebagai makanan khas Banyumas dan kandungan nutrisinya sangat baik untuk tubuh berupa potein, bahkan keripik ini bisa bertahan lama hingga satu bulan tanpa diberi bahan pengawet kimia.

– Kraca
Kraca merupakan makanan khas Banyumas dan bahan dasarnya berupa keong kecil yang biasanya didapat dari sawah yang diberi kuah. Rasanya gurih dan nikmat dengan campuran bumbu bawang, pala, merica, garam serta bumbu-bumbu lainnya. Cara memakan kraca ini adalah dengan menyedot keong yang sudah dibuang penutupnya atau bisa juga dicukil menggunakan lidi ataupun gigi garpu. Makanan ini sangat banyak dijual menjelang bulan puasa di Banyumas.

– Jenang Jaket
Jenang jaket terbuat dari gula merah, santan kelapa dan juga beras ketan. Jaket merupakan singkatan dari jenang asli ketan. Jenang jaket biasa dibungkus menggunakan kertas kecil dengan porsi sekali makan. Tekstur jenang jaket mirip dengan dodol atau wajik, jenang ini kerap dibalut wijen dan tidak mudah lengket saat dimakan.

– Nopia
Makanan khas Banyumas nopia mempunyai bentuk yang dan rasa yang unik. Selain itu, cara membuatnya pun unik yaitu dengan cara ditempel di tungku khusus dengan suhu yang panas. Makany sering ada bagian dari nopia yang hangus. Bahan utamanya adalah tepung terigu yang diisi gula jawa atau kacang atau coklat. Tinggal pilih saja sesuai dengan selera.

– Sate Bebek Tambak
Banyumas juga punya olahan sate yang khas. Sate ini terbuat dari daging bebek yang lembut. Bebek yang digunakan adalah bebek yang masih muda sehingga memiliki daging yang empuk. Sate bebek Tambak biasanya menyediakan dua macam bumbu. Bumbu ini diantaranya adalah bumbu kecap dengan potongan cabai rawit pedas dan bumbu kacang yang kental.

– Gesret
Olahan khas Banyumas ini terbuat dari bahan utama berupa singkong. Proses membuatnya cukup mudah, pertama tama singkong yang telah dibersihkan kemudian di gesret atau diparut dengan parutan khusus sehingga bentuknya menjadi panjang seperti mie kwetiau. Setelah itu gesret dicampur dengan gula jawa dan bumbu lain kemudian dikukus. terakhir, gesret disajikan dengan ditaburi parutan kelapa.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Banyumas yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia