10 Oleh-oleh Khas Barito Timur yang Paling Hits Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Barito Timur

Oleh-oleh Khas Barito Timur – Berliburan menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak dan badan yang sudah mulai lelah adalah alasan paling logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan Anda?

Dalam Berpiknik kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dimakan sendiri, digunakan sendiri, maupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Barito Timur yang Paling Hits

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, kamu yang kebetulan tengah memperoleh bonus dari pekerjaan bisa berekreasi sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap kegiatan ini biasanya ialah para perempuan. Meski begitu, para pria juga banyak juga yang menyukai aktifitas ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang terkadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya buat kaum perempuan. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, supaya setelah pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Barito Timur yang Favorit

Indonesia memiliki banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak digemari oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Barito Timur.

Di Barito Timur, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Barito Timur.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Barito Timur yang Terkenal

1. Karu’ang

Karu’ang juga disebut dengan kalumpe . Kuliner dari Barito Timur telah meluas ke seluruh wilayah Kalimantan Tengah dan menjadi makanan populer suku Dayak yang mendiami provinsi ini.
Bumbu yang digunakan dalam kalumpe atau karu’ang sangat sederhana dan alami. Bumbu tersebut meliputi bawang merah, bawang putih, cabe rawit, santan, serai dan kayu manis. Biasanya disajikan dengan terung kecil.

2. Batik Barito

Proses pembuatan batik juga sama dengan pembuatan batik Keraton atau batik Jawa. Perbedaan antara batik Jawa dengan batik Barito Timur terletak pada motif batik.
Untuk batik Jawa, motif batik menggunakan berbagai macam mitos dan filosofi budaya jawa. Sedangkan batik Barito Timur motif yang digunakan merupakan ikon atau ciri khas budaya Dayak Ma’anyan. Contoh dari motif batik Barito seperti anggrek hitam, mandau, burung jue, burung pune dan lain – lain. Kain hasil dari kerajinan batik, dimanfaatkan untuk pakaian, dasi, hingga hiasan dinding.

3. Kerajinan Getah Nyatu

Selain dengan memanfaatkan rotan, suku Dayak Ma’anyan juga memanfaatkan getah nyatu untuk menghasilkan suatu karya. Penggunaan getah kayu juga dipadukan dengan rotan.

4. Keripik Putri Malu

Keripik putri malu terbuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan air atau di Barito Selatan lebih akrab dengan nama Sasupan Danum. Tumbuhan tersebut diperoleh dari Danau Keladan di Kota Buntok. Tumbuhan ini tidak berbeda jauh dengan Putri Malu Pohon, yang membedakannya hanya tempat tumbuh dan bentuk batangnya saja.

5. Ikan Seluang Goreng Kering]

Ikan Seluang hanya ada di perairan Indonesia. Ikan jenis ini memiliki nilai ekonomis tinggi sebab rasa dagingnya yang sangat gurih dan renyah dibanding ikan lain. Ikan Seluang memiliki sisik seperti Ikan Lamam namun lebih tirus seperti Ikan Jelawat.

6. Kalumpe

Pembuatan makanan ini dengan cara daunnya ditumbuk halus lalu dibumbui rempah rempah serta santan, kemudian di atasnya diberi taburan ikan teri atau kacang tanah. Kalumpe sangat enak sembari ditemani nasi hangat dan sambal terasi.

7. keripik ikan lais

Keripik ini terbuat dari Ikan Lais pilihan yang diambil langsung dari Sungai Barito. Ikan yang bernama lain Ikan Wder ini kaya akan kalsium yang tinggi sehingga sangat bagus untuk pertumbuhan tulang. Hasil tangkapan Ikan Lais kemudian digoreng kering dan diberi penyedap rasa sehingga sensasi gurihnya sangat memanjakan lidah.

8. Keripik Lambiding

Keripik Lambiding juga dikenal dengan nama keripik kelakai karena bahan dasarnya terbuat dari tanaman kelakai yang berkhasiat meredahkan diare dan menambah darah. Keripik yang merupakan camilan khas Suku Dayak ini dibuat dengan memadukan daun kelakai, tepuk beras, tepung tapioka dan telur. Sedang bumbunya terdiri atas bawang putih, ketumbar, kemiri dan garam.

9. Wadi

Makanan khas Suku Dayak yang satu ini bahan dasarnya bisa menggunakan daging babi hutan atau celeng serta ikan yang memiliki daging dan lemak seperti ikan jelawat dan ikan patin. Cara membuatnya adalah dengan melakukan fermentasi terhadap daging atau ikan dengan menggunakan samu atau beras ketan yang disangrai dan ditumbuk kasar serta dicampur dengan garam.

Prosesnya, daging/ikan terlebih dahulu dibersihkan dengan air dan ditiriskan hingga kering. Bubuhi daging/ikan dengan garam dan diamkan selama 1 X 24 jam. Selanjutnya cuci bersih dan campur dengan samu. Setelah tercampur rata dengan samu, masukkan daging/ikan ke dalam wadah yang tertutup rapat dan diberi alas daun nangka agar tidak busuk selama proses fermentasi.

10. Chai Kue

Chai Kue atau biasa juga disebut Choi Pan merupakan kue dari Kalimantan Tengah yang cukup banyak dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. Makanan gurih dengan isian lobak serta ebi ini memiliki cita rasa yang minta nagih. Terlebih djika dimakan bersama sambal pedas plus asam. Rasanya anda pasti akan sulit untuk berhenti menggunyah.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Barito Timur yang Terkenal saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia