7 Oleh-oleh Khas Barito Utara yang Paling Hits Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Barito Utara

Oleh-oleh Khas Barito Utara – Berliburan menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak dan tubuh yang sudah mulai lelah ialah alasan sangat logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan kamu?

Dalam Berwisata kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa makanan ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk disantap sendiri, digunakan sendiri, ataupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Barito Utara yang Populer

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, Anda yang ketepatan tengah mendapat bonus dari pekerjaan bisa bertamasya sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat mengusir kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada aktifitas ini biasanya ialah para perempuan. Walau begitu, kaum lelaki juga banyak yang menggilai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadang-kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat membahagiakan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, supaya sehabis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Barito Utara yang Paling Hits

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata. Obyek wisata tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak diminati oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri adalah Barito Utara.

Di Barito Utara, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Barito Utara.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Barito Utara yang Favorit

1. Buah Karatungen

buah karatungen merupakan buah berduri yang sangat mirip dengan durian. Buah ini banyak tumbuh bebas di hutan Barito Utara. Berbeda dengan durian pada umumnya, karatungen memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan duri yang lebih panjang. Buah ini memiliki aroma yang lebih menyengat dari durian.

2. Buah Layung

Buah layung juga merupakan variasi buah durian yang cukup langka yang bisa ditemukan di Barito Utara. Rasa dagingnya manis dan tidak ada rasa pahit yang biasa dirasakan pada buah durian pada umumnya. Daging dari buah layung ini tidak begitu tebal dan bentuk durinya sangat tajam dan panjang.

3. Batik Motif Pisang Bangkaran
Batik Pisang Bangkaran merupakan batik dengan motif khas dari Barito Utara. Sesungguhnya batik ini merupakan modifikasi dari motif tanduk beaw dan ulat keket. Motif batik pisang bangkaran sendiri sebenarnya terinspirasi dari pisang hutan yang berbentuk tundun dengan buah hijau kecil-kecil.

4. Karu’ang

Karu’ang juga disebut dengan kalumpe . Kuliner dari Barito Timur telah meluas ke seluruh wilayah Kalimantan Tengah dan menjadi makanan populer suku Dayak yang mendiami provinsi ini.
Bumbu yang digunakan dalam kalumpe atau karu’ang sangat sederhana dan alami. Bumbu tersebut meliputi bawang merah, bawang putih, cabe rawit, santan, serai dan kayu manis. Biasanya disajikan dengan terung kecil.

5. Batik Barito

Proses pembuatan batik juga sama dengan pembuatan batik Keraton atau batik Jawa. Perbedaan antara batik Jawa dengan batik Barito Timur terletak pada motif batik.
Untuk batik Jawa, motif batik menggunakan berbagai macam mitos dan filosofi budaya jawa. Sedangkan batik Barito Timur motif yang digunakan merupakan ikon atau ciri khas budaya Dayak Ma’anyan. Contoh dari motif batik Barito seperti anggrek hitam, mandau, burung jue, burung pune dan lain – lain. Kain hasil dari kerajinan batik, dimanfaatkan untuk pakaian, dasi, hingga hiasan dinding.

6. Kerajinan Getah Nyatu

Selain dengan memanfaatkan rotan, suku Dayak Ma’anyan juga memanfaatkan getah nyatu untuk menghasilkan suatu karya. Penggunaan getah kayu juga dipadukan dengan rotan.

7. Keripik Putri Malu

Keripik putri malu terbuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan air atau di Barito Selatan lebih akrab dengan nama Sasupan Danum. Tumbuhan tersebut diperoleh dari Danau Keladan di Kota Buntok. Tumbuhan ini tidak berbeda jauh dengan Putri Malu Pohon, yang membedakannya hanya tempat tumbuh dan bentuk batangnya saja.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Barito Utara yang Favorit saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia