12 Oleh-oleh Khas Batu Bara yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Batu Bara

Oleh-oleh Khas Batu Bara – Berliburan menjadi kegeraman sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak serta tubuh yang sudah mulai letih yakni alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan kamu?

Dalam Berwisata kurang afdol bila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berupa makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dikonsumsi sendiri, digunakan sendiri, atau dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Batu Bara yang Paling Hits

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, kamu yang ketepatan tengah mendapatkan bonus dari tugas bisa bertamasya sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali pada kegiatan ini biasanya adalah para wanita. Walaupun begitu, kaum lelaki juga banyak pula yang menggilai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadangkala tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus buat kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, biar sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh di Batu Bara yang Paling Hits

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak digemari oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Batu Bara.

Di Batu Bara, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Batu Bara.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Batu Bara yang Kekinian

– Bongko
Makanan tradisional yang selalu ditunggu saat menjelang buka puasa di daerah Kecamatan Limapuluh Sumatera Utara. Bongko merupakan jajanan yang diolah dari bahan dasar tepung beras, dan pandan dengan kuah dari gula merah. Cocok dihidangkan sebagai menu pembuka ataupun pelengkap makanan Lemang. Menikmatinya secara bersamaan akan lebih lezat.

Dijual per-bungkus dengan kisaran harga Rp 5000 per bijinya. Banyak menjadi pilihan kuliner wisatawan lokal dan internasional. Rata-rata penjualan setiap hari mencapai 70-80 bungkus. Cita rasanya yang ringan dan legit menjadi daya tarik lebih dari makanan Bongko. Isian pisang yang paling banyak dicari.

– Cumi Isi Pulut
Cumi isi pulut merupakan makanan yaitu cumi yang diisi dengan beras ketan. Masakan ini di masak dengan menggunakan bumbu rendang.

Jika ingin mencoba kuliner ini, ada salah satu restoran unik yang menyajikan masakan ini. Karena ini merupakan menu favorit maka harus memesan beberapa jam sebelumnya melalui telfon. Hal ini juga dikarenakan memasaknya membutuhkan waktu yang lama.

– Kue Kekaras
Kue ini memiliki banyak nama, antara lain kue kekaras, keukarah, karah, atau kareh-kareh. Kudapan ini terbuat dari campuran tepung dan santan kemudian menggunakan alat tradisional dari batok kelapa yang di buat khusus untuk kue ini.

Tampilannya mirip dengan serabut atau sarang burung walet. Rasa dari makanan ini adalah manis, renyah, garing, dan rapuh. Hidangan ini biasanya disajikan saat lebaran, acara pernikahan, atau dalam waktu-waktu tertentu.

– Anyang Pakis
Makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar kelapa muda yang diparut. Di dalamnya dicampur dengan bumbu rempah yang kuat seperti lengkuas, sereh, cabai dan daun jeruk. Dicampur dengan tauge dan juga sayur pakis dengan taburan ebi di atasnya.

Biasanya dijual untuk melengkapi nasi ataupun makanan berat lainnya. Rasanya asin, pedas, dan gurih. Bentuknya seperti urap-urap yang ada di daerah jawa. Kebanyakan dihidangkan saat menjelang buka puasa.

– Gulai Kepala Ikan
Kepala ikan yang paling favorit adalah kepala ikan kakap dan ikan manyung. Selain itu potongan ikan manyung betina pun juga menjadi incaran para pembeli, dan penjualnya pun tidak memisahkan antara telur dan badan ikan. Sehingga telur dibiarkan lengket, bentuknya seperti balon-balon kecil dan itu memberikan sensasi makan yang luar biasa.

Rasa gulainya begitu gurih dan nikmat karena di masak dengan menggunakan santan dari kelapa Batubara yang terkenal memiliki kualitas santan yang cukup baik membaur dengan bumbu-bumbu rempah yang wangi dan gurihnya ikan yang menjadi satu.

– Kue Karas
Jajanan khas Melayu yang bisa ditemui di daerah Batubara. Terbuat dari santan dan juga tepung terigu. Diolah dengan teknik tradisional menggunakan batok kelapa. Bentuknya seperti sarang walet dan juga serabut buah kelapa. Teksturnya kering dan mudah rapuh dengan cita rasa manis gurih yang tidak berlebihan. Warnanya coklat kuning sedikit keemasan.

Kebanyakan disajikan saat lebaran ataupun saat acara nikahan. Dijual sebagai oleh-oleh khas dengan harga yang terjangkau. Dibuat dalam satuan per biji yang dibungkus dengan berat tertentu dalam satu plastik.

– Kue Dangai
Kue ini merupakan salah satu kudapan yang terkenal di Batu Bara, karena siapa yang tidak mengenal kue dangai di sana. Hampir di setiap kampung menjual kuliner tersebut. Bahkan kue ini juga menjadi oleh-oleh khas jika berkunjung ke sana.

Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula, dan kelapa pilihan. Namun, dahulu ada yang membuat penganan ini dari tepung pulut.

Menurut literatur yang ada, sebenarnya kue dangai awalnya ada di Bugis dan Makassar. Kemudian, menyebrang ke Semenanjung Melayu. Akan tetapi tidak ada yang pernah tau kapan awal mula kue ini mulai di buat di Batu Bara.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Batu Bara yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia