12 Oleh-oleh Khas Bengkayang yang Populer Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Bengkayang

Oleh-oleh Khas Bengkayang – Berwisata menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Memberi kesegaran kembali pikiran yang sumpek serta badan yang sudah mulai letih merupakan alasan sangat logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berupa kuliner ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dimakan sendiri, digunakan sendiri, atau dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Bengkayang yang Melegenda

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, kamu yang ketepatan sedang mendapatkan bonus dari tugas bisa bertamasya sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat mengusir kepenatan. Mereka yang suka sekali pada aktifitas ini biasanya yakni para wanita. Meskipun demikian, para pria juga banyak yang menyukai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadangkala tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, biar habis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Bengkayang yang Melegenda

Indonesia punya banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak digemari oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri yakni Bengkayang.

Di Bengkayang, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Bengkayang.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Bengkayang yang Kekinian

1. Pakating
Pakating merupakan makanan hasil dari fermentasi buah tapos (Kelampai/Rape Bahasa Dayak) biasanya masayarakt Dayak selain bahan bakunya dari buah tapos mereka membuat pakating ini dari biji karet yang sudah mengering dan jatuh ke tanah kemudian dikupas kulitnya selanjutnya direbus sampai matang kemudian langsung deh diberi garam kasar agar pada saat dipermentasi buah tapos/kelampainya tidak menjadi busuk.

2. Pekasam Ikan

ekasam Ikan atau kedalam bahasa dayaknya adalah Tabah Icat’n/Tabah Ikat merupakan salah satu makanan yang tidak terpisahkan dengan fermentasi. Pekasam ikan sendiri bahan utamanya adalah dari Ikan segar dan ikan berdaging pilihan yang kemudian digarami selanjutnya diberi garam terakhir disimpan kedalam wadah kedap udara, sehingga tidak masuk lalat yang membuat tabah icat’n ini gagal.

3. Kue Kantong Semar

Kue kantong semar mungkin bisa dijadikan salah satu oleh-oleh kahas bengkayang yang bisa teman sejagat bawa setelah berkunjung dari Kabupaten Bengkayang. Kue yang satu ini bahan dasarnya adalah beras ketan yang direndam kemudian dimasukan kedalam kantong semar yang telah di dapatkan dari hutan.

4. Kue Tumpi

Tumpi merupakan kue kahs bengkayang paling digemari oleh siapa saja. Bntuknya yang unik dan penyebutannya juga begitu unik, mengapa unik? kue tumpi merupakan kue dari rasa, bentuk dan cara pembuatnnya sama dengan cucur. kalau dilihat dari tekstur kue tumpi ini diberbagai daerah kabupaten bengkayang berbeda-beda tekstur dari kue tumpinya atau mungkin berbeda-beda selera ya.

5. Bontok’ng (Sungkui)

Bontok’ng (sungkui) adalah Makanan Khas Bengkayang selanjutnya yang harus kamu coba. Makanan Sungkui ini sama bentuknya dengan lontong namun cara memasak dan penyajiannya berbeda. Proses pembuatan bontok’ng (sungkui) diawali dengan merendam beras kemudian dimasukan ke dalam bambu dan setelah itu dimasak.

6. Bubur Gunting

dinamakan gunting karena ukuran cakwe yang digunakan untuk pelengkap bubur gunting ini panjang, sehingga pemilik kedai harus memotongnya dengan gunting, oleh karena itu dinamakan bubur gunting.

Bubur gunting menjadi kuliner khas Bengkayang yang wajib untuk Anda nikmati karena sangat segar dan cocok dimakan kala siang hari. Dalam satu porsi bubur gunting, berisi kacang kedelai atau kacang hijau yang telah dikupas dan direbus kemudian direndam kedalam kuah kental manis bersama dengan potongan cakwe untuk pelengkapnya.

7. Kue Gagatas

Terbuat dari campuran beras ketan dan parutan kelapa yang dibalur menggunakan tepung serta gula merah, sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa manis dan gurih yang khas. Tidak hanya rasanya yang nikmat

8. Tahu Bakso Ijo

Tahu Bakso Ijo khas Palangkaraya memiliki dua varian rasa yaitu, rasa daging sapi dan daging ayam yang bisa anda pilih sesuai selera. Harganya yang terjangkau serta mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh Palangkaraya

9. Kue Wadai Apem

Kue Wadai Apem. Merupakan oleh-oleh khas Palangkaraya yang terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, kelapa parut, gula, santan, ragi dan berbagai bahan lainnya yang diolah dengan cara dikukus sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa gurih dan manis.

10. Wadi Ikan

Wadi Ikan terbuat dari ikan patin ataupun ikan nila yang difermentasi menggunakan beras serta garam yang sudah disangrai dan berbagai bahan lainnya, lalu disimpan sekitar satu minggu sehingga menghasilkan cita rasa asam, asin dan gurih saat digoreng kembali sebelum menikmatinya.

11. Keripik Kelakai

Keripik Kelakai juga bisa anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Palangkaraya, Keripik Kelakai terbuat dari daun Kelakai muda yang dilumuri tepung serta bumbu dan digoreng sehingga menghasilkan cita rasa gurih dengan tekstur yang renyah.

12. Kerajinan Tangan Kulit Kayu

Merupakan salah satu oleh-oleh khas Palangkaraya, Kerajinan Tangan Kulit Kayu terbuat dari kulit kayu nyamung yang dijadikan berbagai model pernak-pernik seperti topi, tas dan berbagai barang lainnya dengan warna coklat yang khas serta menarik.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan khas Bengkayang yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia