10 Oleh-oleh Khas Buru yang Paling Hits Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Buru

Oleh-oleh Khas Buru – Berpiknik menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang sesak serta badan yang sudah mulai capek merupakan alasan sangat logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol apabila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berupa kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dimakan sendiri, digunakan sendiri, atau diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Buru yang Populer

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, Anda yang kebetulan lagi mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa berekreasi sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap aktifitas ini biasanya adalah para wanita. Walau begitu, kaum pria juga banyak juga yang menggilai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadang-kadang tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, biar sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Blitar yang Terkenal Saat Ini

Wisata Belanja Oleh-oleh di Buru yang Melegenda

Indonesia memiliki banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak digemari oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Buru.

Di Buru, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Buru.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Buru yang Paling Hits

1. Hotong

Produk pangan lokal ini memiliki rasa yang enak dan lezat. Selain di buru di beberapa tempat Hotong ini juga laris di kalangan wisatawan. Hotong ini dapat diolah menjadi banyak macam sajian makanan. Oleh masyarakat sekitar Buru Selatan, Hotong pernah dikreasikan menjadi 300 jenis sajian yang menarik dan unik.

Selain dijadikan sebagai sumber pangan, Hotong ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup. Tanaman ini dapat tumbuh subur di Buru Selatan. Sehingga tanaman ini banyak ditemukan di daerah ini.

2. Papeda
Makanan ini kaya akan serat, rendah kolestrol, dan benutrisi. Terbuat dari bahan utama tepung sagu. Rasanya memang tawar jadi perlu berduet dengan kuah ikan kuning.atau ikan tongkol yang sudah dibumbui dengan kunyit Sekarang juga sudah banyak loh Papeda instan khas Maluku, jadi tinggal dimasak dirumah.sehingga lebih praktis untuk dibawa sebagai oleh-oleh..

3. Kopi Sibu-Sibu
Kopi ini dibuat dengan proses tradisional, cara pembuatan kopi ini bertujuan supaya aroma asli dari kopi tidak hilang. Kopi ini dibuat dari biji kopi Robusta. Kopi ini disajikan dengan menaburkan pecahan biji ketapang. Kopi ini juga dicampur dengan bubuk cengkeh halus yang menambah unik kopi ini.

Baca Juga:  10 Oleh-oleh Khas Serdang Bedagai yang Paling Hits Saat Ini

Aroma kopi ini akan sangat menggugah semangat, aroma yang kuat dan khas membuat kopi ini selalu menjadi pilihan oleh-oleh jika berkunjung ke pulau ini. Kopi ini sekarang sudah tersedia dalam kemasan yang bisa nyaman dan aman saat di bawa sebagai oleh-oleh.

4. Bubur Jewawut
Jewawut adalah makanan pokok yang bentuknya seperti gandum. Pada jaman dahulu ketika masyarakat belum mengenal budidaya padi, masyarakat Asia Tenggara termasuk di Kabupaten Buru menggunakan Jewawut sebagai makanan pokok mereka.Jewawut disebut juga dengan Hotong. Bila dibandingkan gandum maka Jewawut memiliki tekstur yang lebih besar. Jewawut kaya akan vitamin B, beta karotein, dan karbohidrat. Jadi kandungannya mirip nasi yang mengenyangkan.

5. Rujak Jikumerasa
Tapi kalau kalian berkunjung ke Namlea tapi tidak mencoba Rujak Jikumerasa, wah sepertinya ada yang kurang! Rujak ini dijual di kawasan Pantai Jikumerasa. Kelezatanya membuatnya menjadi salah satu Makanan Khas Namlea Pulau Buru yang palings ering diburu wisatawan.

6. Sagu Lempeng
Jajanan ini dibentuk dengan sebuah cetakan alami yang membuat makanan ini menjadi khas di Buru Selatan. Cemilan khas ini sangat di buru dan di sukai oleh banyak orang.

Cemilan ini dijadikan sebagai oleh-oleh khas jika berkunjung ke pasar tradisional di Buru Selatan. Jajanan ini dapat disajikan bersama teh atau susu hangat. Sagu lempeng ini dinikmati dengan cara mencelupkan atau merendamnya di minuman hangat tersebut.

7. Naget Ikan
Naget ikan khas Buru Selatan ini sangat populer, laris dan banyak diburu. Makanan ringan ini bisa dijadikan oleh-oleh dengan membeli dalam bentuk frozen food atau dalam keadaan mentah.

8. Minyak Kayu
Minyak kayu putih asli Buru ini adalah minyak yang dibuat dari pohon kayu putih yang terbaik dan berkualitas tinggi. Pohon kayu putih yang berada di pulau Ambon ini beda dari pohon kayu putih di tempat lain.

Baca Juga:  8 Oleh-oleh Khas Pasuruan yang Terkenal Saat Ini

9. Bubur Sagu Ubi
Bubur ini sering disajikan sebagai hidangan penutup. Proses memasaknya yaitu sagu direndam air sampai mengembang, kemudian ditambah kuah yang terbuat dari gula merah, pasir dan daun pandan yang direbus. Terakhir, diberi tambahan ubi merah yang telah direbus, dan santan kental.

10. Ikan Komu Asar
Makanan ini terbuat dari bahan dasar Ikan Cakalang yang dimasak kemudian ditusuk bambu lalu diasap kurang lebih sekitar satu jam. Ikan Komu Asar adalah jodohnya Sambal Colo Colo dan nasi putih hangat. Walaupun sering memakai Ikan Cakalang, namun bisa juga menggunakan ikan lainnya seperti Ikan Tongkol atau Tuna.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Buru yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia