10 Oleh-oleh Khas Demak yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Demak

Oleh-oleh Khas Demak – Berpiknik menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak dan tubuh yang sudah mulai capek ialah alasan paling logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan Anda?

Dalam Berwisata kurang afdol apabila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berupa makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dimakan sendiri, digunakan sendiri, ataupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Demak yang Terkenal

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, kamu yang ketepatan sedang mendapat bonus dari tugas bisa berekreasi sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang senang sekali pada aktifitas ini biasanya ialah para wanita. Meskipun demikian, kaum pria juga banyak juga yang menggilai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang terkadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang memiliki kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, biar sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Demak yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia memiliki banyak sekali obyek wisata. Tempat rekreasi tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak digemari oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Demak.

Di Demak, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Demak.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Demak yang Wajib dibawa Pulang

– Koktail Belimbing
buah-buahan khas Demak yang sangat terkenal adalah jambu air dan belimbing. Jadi, jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk menyicipi dua buah tersebut. Jika ingin oleh-oleh yang awet, Anda bisa membeli koktail belimbing. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 15.000, dan Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di toko oleh-oleh.

– Botok Telur Asin
Bagi Anda yang suka mencicipi kuliner-kuliner khas daerah, jangan lupa mencoba botok telur asin khas Demak. Layaknya lumpia Semarang, Anda juga bisa membawa botok ini sebagai buah tangan. Jika biasanya telur asin dimakan begitu saja sebagai lauk, kali ini dipadukan dengan kelapa parut dan tahu. Lalu untuk rempah agar lebih sedap, ditambahkan salam dan cabai.

– Jambu Air Delima

Warna merah jambu delima memikat orang untuk membawanya sebagai oleh-oleh. Ditambah lagi dengan rasa manisnya, aromanya serta kelembutannya menjadikan orang ketagihan mengkonsumsinya. Meski tak sebesar jambu citra, tapi jambu delima memiliki aroma yang khas dan lebih lembut.Semenjak tahun 1977 sampai saat ini area persawahan padi banyak sekali yang berubah menjadi perkebunan jambu karena dibandingkan hasil panen padi, panen jambu lebih menguntungkan. Selain itu, jambu juga masa panennya lebih cepat dan pasarnya juga mudah.

– Kerupuk Udang Tambak
Kerupuk Udang Tambak memiliki tekstur yang begitu renyah dan memiliki rasa yang gurih. Sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau teman pendamping menu favorit Anda. Di Demak sendiri, kerupuk ini kerap kali hadir di depot depot ternama. Kabar baik lainnya, harga kerupuk yang berbentuk kotak ini juga terbilang terjangkau. Satu bungkusnya bisa Anda tebus mulai Rp. 10 ribu dan bisa dengan mudah Anda dapatkan di pusat oleh-oleh di Demak.

– Brayo
Camilan sekaligus oleh-oleh yang tak kalah terkenal dan bisa dijadikan pilihan adalah Brayo. Mungkin bagi sebagian orang, makanan satu ini begitu asing di telinga. Brayo sendiri merupakan bayam yang dijadikan menjadi keripik. Keripik ini sebelumnya dijadikan sebagai jajanan di kantin sekolah. Hingga kemudian Brayo mulai dilirik dan dijadikan oleh-oleh khas dari kota Demak yang digandrungi wisatawan. Warga lokal juga menyukai keripik renyah dan gurih ini.

– Kerupuk Catak
Masyarakat sekitar lebih akrab menyebutnya dengan kerupuk Catak. Demak memang menjadi kota di Jawa Tengah yang dekat dengan pesisir, sehingga wajar jika banyak hasil tangkapan laut yang unik. Salah satunya adalah ikan patin yang dijadikan bahan untuk membuat kerupuk catak.

Menurut sejarahwan, dahulunya makanan satu ini termasuk dalam makanan para bangsawan atau kelas elit saja. Hingga akhirnya saat ini bisa dinikmati oleh semua kalangan dengan mudah. Kerupuk Catak dibuat dari paru paru ikan besar, dalam hal ini tidak hanya ikan patin saja. Sehingga sudah bisa dipastikan jika rasanya begitu gurih dan menggoyang lidah. Anda bisa menemukan oleh-oleh ini di beberapa pusat oleh-oleh di kota Demak dengan kemasan beragam.

– Gebyok Ukir
Selain batik dan kaligrafi, Demak juga terkenal dengan kerajinan gebyok ukir yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Bahkan permintaan gebyok ukir khas Demak cukup tinggi di beberapa kota besar seperti Surabaya dan Jakarta. Ukirannya halus, bernilai seni tinggi, dan bahan kayu jati yang digunakan juga berkualitas tinggi.

– Kain Tenun Demak
Kerajinan ini merupakan usaha masyarakat Desa Teduna untuk meningkatkan ekonomi setempat selain dari hasil laut. Berbeda dengan batik yang merupakan kerajinan lukis, kain tenun dibuat dengan menenun benang-benang secara manual untuk menciptakan motif-motif yang indah. Anda bisa memilih kain tenun Demak sebagai oleh-oleh untuk orang tercinta.

– Wingko Salem
Olahan kelapa dan ketan ini pembuatannya masih manual. Setelah di oven, wingko akan dibakar lagi di atas tungku. Ini yang membuat cita rasanya sedap dengan sedikit rasa sangit yang khas. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis yang lezat membuat wingko salem menjadi salah satu jajanan yang cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Anda wajib mencobanya.Rasanya sangat gurih, perpaduan manis dan asin dari kelapa, gula, ketan dan garam. Anda bisa dengan mudah mendapatkan camilan ini di Demak karena pedagang keliling juga banyak yang menjualnya. Harganya relatif murah berkisar Rp 20 ribu satu bungkus.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Demak yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia