15 Oleh-oleh Khas Hulu Sungai Selatan yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Hulu Sungai Selatan

Oleh-oleh Khas Hulu Sungai Selatan – Berwisata menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak dan tubuh yang sudah mulai capek ialah alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan kamu?

Dalam Berwisata kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dikonsumsi sendiri, dipakai sendiri, maupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Hulu Sungai Selatan yang Kekinian

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, Anda yang kebetulan sedang memperoleh bonus dari tugas bisa berwisata sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para perempuan. Walau begitu, para lelaki juga banyak pula yang menggilai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadang tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang punya kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama bagi kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, biar setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Hulu Sungai Selatan yang Kekinian

Indonesia punya banyak sekali tempat rekreasi. Obyek wisata tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak digemari oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Hulu Sungai Selatan.

Di Hulu Sungai Selatan, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Hulu Sungai Selatan.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Hulu Sungai Selatan yang Melegenda

– Dodol Kandangan
Bahan alami dodol Kandangan yaitu ketan, gula aren, gula putih. Tak lupa untuk menghasilkan rasa legit, manis, dan nantinya penikmat dodol selalu ketagihan maka harus ditambahkan kelapa pilihan. Buah kelapa tidak boleh terlalu tua agar bisa mendapat lebih banyak santan.

– Lamang Kandangan
Lamang merupakan kuliner khas Kandangan yang dimasak dengan menggunakan seruas bambu yang dibakar kurang lebih selama 6 jam. Orang Dayak menyebut makanan ini dengan nama malamang.

Lamang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan beberapa bumbu seperti kelapa, garam dan bumbu khas lainnya dan kemudian dibakar. Penyajian lamang Kandangan cukup simpel. Lamang yang sudah dibakar dan matang tinggal ditaruh diatas piring .

– Pesmol
Pesmol/pindang patin Kandangan adalah Makanan Khas Kandangan lainnya yang tak kalah lezatnya. Pindang patin atau Pasmol ini terbuat dari bahan baku ikan patin. Cara membuatnya yaitu dengan menumis bumbu yang telah dihaluskan bersama sereh, laos, dan daun jeruk. Setelah bumbu matang kemudian ikan patin dan tomat dimasukkan.

– Es Nangka Selasih
Es nangka selasih bisa ditemukan di daerah Banjarmasin maupun HSS. Sesuai dengan namanya, minuman ini menggunakan buah nangka dan selasih sebagai bahan utamanya.

– Iwak Samu
Iwak samu atau iwak basamu adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang memanfaatkan hasil laut berupa ikan yang disamu. Samu dalam bahasa Banjar berarti proses mengasinkan ikan dengan dibumbui oleh garam, kunyit, dan beras yang disangrai dan kemudian ditumbuk kasar. Ikan yang biasa dipilih untuk disamu adalah ikan gabus, sepat, saluang, dan papuyu.

– Manday
Mandai adalah Makanan Khas Kandangan yang sering dimakan oleh banyak masyarakat umum. Manday sendiri sebutan untuk kulit cempedak yang sudah di fermentasi. Olahan makanan yang berbahan dasar kulit cempedak ini bisa dijadikan lauk untuk menemani makanan utama seperti nasi.

– Kue Lam
Resepnya merupakan warisan sejak turun-temurun. Kue ini adalah kue yang unik karena dibutuhkan kesabaran dalam pembuatannya. Bentuknya yang berlapis membuat mirip lapis legit. Tiap lapisan dibutuhkan konsentrasi untuk menghasilkan rasa yang diinginkan.Di Barabai sendiri untuk mendapatkan Kue Lam tidak sulit. Sudah banyak usaha yang bekerjasama menjadi sentra oleh-oleh.

– Pakasam
Pakasam adalah olahan ikan air tawar dengan cara difermentasikan memakai garam, ikan peram, dan campuran beras yang digoreng. Kemudian ikan tersebut didiamkan selama 5 hari. Rasa masamnya yang unik bisa jadi pilihan saat datang ke Barabai.

Pakasam bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional. Biasanya mereka berkeliling dari pasar pagi hingga sore. Penjual Pakasam punya ciri khas yaitu menggunakan karung untuk membawa keperluan berdagang. Harga dimulai dari belasan ribu rupiah untuk 1 porsi.

– Balikuhai
balikuhai, yang dalam bahasa Indonesia artinya kue yang dibalik-balik, kemudian diberi percikan kocokan telur campur mentega. Adanya di Pasar Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kue ini terbilang kue zama dulu, atau zadul.

– Apam Barabai

Apam Barabai merupakan salah satu kue khas Barabai yang dibuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, gula merah atau gula putih, santan, dan tape ubi kayu (singkong), sehingga citarasa yang dihasilkan sangat legit dan lembut.
Ada dua varian Apam Barabai yang bisa dilihat dari warnanya, yaitu Apam Barabai berwarna merah yang berarti mengunakan gula merah, dan Apam Barabai berwarna putih yang berarti mengunakan gula putih.

– Kue Lam
Kue Lam adalah kue yang unik, karena dalam proses pembuatannya dibutuhkan kesabaran. Dimana, setiap lapisannya membutuhkan konsentrasi untuk menghasilkan Kue Lam dengan citarasa yang diinginkan.

Lebih menariknya lagi, kue ini sangat mudah ditemukan di Kota Barabai dan sekitarnya. Pasalnya, sudah banyak para pembuat Kue Lam yang berkerjasama dengan pusat oleh-oleh di Kota Barabai (Kalsel).

– Belibis Goreng
Belibis adalah sejenis unggas yang menyerupai bebek. Belibis hidup di daerah rawa-rawa. Belibis goreng termasuk makanan langka di Kalimantan Selatan. Hal ini karena tidak semua restoran memiliki menu ini. Namun, makanan ini sangat dikenal dari Barabai dan Amuntai. Banyak orang yang jauh-jauh datang untuk mencicipinya.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Hulu Sungai Selatan yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia