12 Oleh-oleh Khas Indramayu yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Indramayu

Oleh-oleh Khas Indramayu – Berliburan menjadi kegemaran sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang pengap dan tubuh yang sudah mulai capek yakni alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan Anda?

Dalam Berliburan kurang afdol kalau tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berupa kuliner ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dimakan sendiri, dipakai sendiri, atau dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Indramayu yang Populer

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, Anda yang kebetulan sedang mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa berwisata sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membikin suasana hati kembali gembira. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada aktifitas ini biasanya yakni para wanita. Meski begitu, kaum pria juga banyak juga yang menyukai aktifitas ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang terkadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang punya kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang sangat mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, supaya habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Indramayu yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia mempunyai banyak sekali obyek wisata. Obyek wisata tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri yakni Indramayu.

Di Indramayu, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Indramayu.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Indramayu yang Terkenal

1.kerupuk bonggol pisang
kerupuk bonggol pisang, memang tak dapat dipungkiri jika masyarakat Indramayu ini terbilang kreatif di dalam mengolah berbagai macam bahan makanan, salah satunya adalah bonggol pisang. Bagian dari pohon pisang yang dianggap sebagai sampah ini ternyata dapat diolah menjadi sebuah masakan yang lezat dan renyah, dimana diolah menjadi kerupuk bonggol pusang. Ide yang mana berasal dari Desa Pringcala tersebut sudah terbukti dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang sangat menjanjikan.

2. Kafka Kaos
Berkunjung kemari akan berasa kurang lengkap jika saat pulang Anda tak membawa oleh-oleh khas indramayu untuk kerabat. Anda bisa belikan aneka suvenir seperti misalnya kaos khas dari Indramayu.Segera saja berkunjung ke toko Kafka Kaos Lokasinya di jalan Veteran di Indramayu. Menjadi toko pusat penjualan kaos khas Indramayu, toko ini banyak dikunjungi wisatawan.

3. Keripik Tike
Makanan ini juga menjadi favorit masyarakat dan para wisatawan. Mungkin saja banyak di antara Anda yang mana penasaran bagaimana rasa dari bahan yang tak biasa tersebut. Namun ternyata keripik tike ini memiliki cita rasa yang enak, dimana renyah, terlebih lagi dengan bumbu – bumbu spesial. Dengan hal tersebut ternyata membuat banyak wisatawan yang penasaran dan juga rela untuk merogoh kocek sampai dengan 120 ribu rupiah untuk bisa mendapatkan 1 kg keripik tike ini.

4. Ikan Kering
Ada juga ikan kering, dimana sebagai sebuah daerah yang berada di dekat pantai, tentu saja Indramayu ini menawarkan oleh – oleh seperti ikan kering sebagai khasnya. Banyak dari wisatawan yang menyempatkan untuk membeli ikan kering saat mengunjungi Indramayu. Hal tersebut karena oleh – oleh ini memang sangat mudah untuk dibawa serta cukup awet.

5. Terasi Indramayu
masing-masing memiliki ciri yang berbeda terutama dalam hal rasa, aroma dan warna. Apalagi setelah diolah menjadi tambahan hidangan seperti sambal. Cobalah terasi Indramayu dan temukan keunikannya. Di beberapa tempat bentuknya bulat memanjang dan berwarna kecoklatan.

6. Kue Koci
Pada dasarnya kue koci ini dibuat dari bahan tepung ketan yang dibentuk prisma. Tepung ketan ini sendiri diisi dengan parutan kelapa yang sudah dimasak bersama dengan gula merah. Selain itu juga sering diisi dengan kacang hijau yang sudah dihaluskan bersama gula. Pada dasarnya kue koci ini sendiri dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian dimasak dengan cara dikukus. Dan untuk proses pematangan dari kue ini sendiri memang lebih lama jika dibandingkan dengan kue nagasari.

7. Dodol Laragudig
Jika kamu ingin yang seperti itu, Indramayu jawabannya. Kamu akan menemukan dodol laragudig. Dibuat dengan gula asli tanpa pemanis buatan. Itulah yang menjadi alasan kenapa makanan ini tetap populer dari dulu hingga sekarang. Bahkan cara pembuatannya masih tradisional demi mempertahankan keaslian rasa.

8. Sirup Mangga
Biasanya sirup mangga ini dibuat dari buah mangga gedong gincu yang diolah dengan menggunakan ahan alami tanpa pemanis buatan. Untuk pembuatannya sendiri adalah buah mangga dikupas dan diblender sampai hancur kemudian diolah menjadi sirup. Biasanya oleh – oleh ini dibanderol dengan harga sekitar 20 ribu rupiah per botol.

9. Keripik Buah Mangga
buah mangga ini memang terkenal, oleh karena itu tak heran jika terdapat berbagai macam olahan dari buah mangga, selain dodol mangga dan sirup mangga, juga terdapat olahan mangga yang lainnya, yaitu keripik mangga. Karena keripik mangga ini lebih awet dan tahan lama, maka banyak diminati oleh banyak wisatawan sebagai oleh – oleh khas dari Indramayu.

10. Mangga Gincu
karena kota di Jawa Barat ini terkenal sebagai penghasil buah berkualitas tinggi. Banyak yang bilang jika rasanya lebih enak dibanding dari daerah lain. Sebenarnya jenis mangga yang ada di Indramayu itu beragam. Ada cengkir, harum manis, gajah, manalagi, nanas, remucu, hingga bapang. Belum lagi terdapat mangga gincu atau gedong dengan rasa manis yang lebih kuat. Jenis gincu adalah yang paling dicari di indramayu

11. Cimplo
cimplo ini sendiri adalah tepung beras kemudian tape singkong, air kelapa tua dan juga bibit roti. Semua bahan tersebut nantinya akan dibuat menjadi sebuah adonan, lalu untuk cara memasaknya sendiri adalah dikukus. Makanan ini sendiri biasanya akan disajikan dengan menggunakan air gula yang mana terbuat dari gula merah, parutan kelapa dan juga daun pandan. Makanan ini juga sering kali dijadikan sebagai oleh – oleh favorit masyarakat.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Indramayu yang Terkenal saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia