8 Oleh-oleh Khas Jombang yang Paling Hits Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Jombang

Oleh-oleh Khas Jombang – Berliburan menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sumpek dan badan yang sudah mulai lelah ialah alasan sangat logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol jika tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dimakan sendiri, digunakan sendiri, maupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Jombang yang Terkenal

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, kamu yang kebetulan sedang mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa bertamasya sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali riang. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat mengusir kepenatan. Mereka yang suka sekali pada kegiatan ini biasanya adalah para perempuan. Meski begitu, para lelaki juga banyak pula yang menggilai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadangkala tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sembari belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang sangat menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama bagi kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Tentu saja, agar habis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Jombang yang Terkenal

Indonesia punya banyak sekali tempat rekreasi. Obyek wisata itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Jombang.

Di Jombang, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Jombang.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Jombang yang Favorit

1. Brondong Ketan
Seperti namanya, oleh-oleh khas Jombang ini terbuat dari ketan dan gula karamel. Teksturnya yang lengket dengan rasa manis yang dominan, bentuk brondong ketan ada yang persegi panjang dan bulat. Harganya dibanderol mulai dari Rp10.000.

2. Onde-onde
Perbedaan onde-onde khas Jombang dengan onde-onde dari daerah lain adalah pada jenis isiannya. Jika biasanya isian onde-onde menggunakan kacang hijau, lain halnya dengan onde-onde khas Jombang yang menggunakan isian kacang merah. Oleh-oleh ini dijual dengan harga Rp18.000 per porsi.

3. Jenang Kupas
Terbuat dari adonan kelapa muda, tepung terigu, tepung ketan, dan gula pasir, jenang kupas memiliki rasa manis dengan aroma kelapa muda yang khas. Teksturnya kenyal dan lembut. Harga jenang kupas dibanderol mulai dari Rp15.000.

3. Kerupuk Beras
Oleh masyarakat lokal, kerupuk beras khas Jombang disebut gendar. Seperti namanya, oleh-oleh khas yang satu ini terbuat dari adonan nasi yang telah ditumbuk hingga halus kemudian diberi bumbu dan rempah-rempah.

Rasanya yang gurih dan khas membuat kerupuk beras bisa kamu temukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional atau pusat oleh-oleh di Jombang. Harganya mulai dari Rp10.000 per bungkus.

4. Tahu Pong
Oleh-oleh khas Jombang yang satu ini dinamakan tahu pong karena pada bagian tengah tahunya kosong. Tahu pong paling enak disantap saat masih panas bersama dengan cabai, saus, atau sambal petis. Harganya dibanderol mulai dari Rp19.000.

5. Bolu Plemben
Tersedia dua varian bolu plemben, yaitu kering dan basah. Untuk varian bolu plemben kering harus melalui proses pemanggangan dua kali, sedangkan bolu plemben basah cukup dipanggang sekali.

Teksturnya pun berbeda meski rasanya sama-sama manis. Bolu plemben kering lebih renyah, sementara bolu plemben basah lebih empuk. Harganya berkisar Rp10.000.

6. Manik-manik Kaca
Selain kue dan camilan, kamu juga bisa membeli suvenir khas Jombang untuk oleh-oleh, salah satunya manik manik kaca. Suvenir yang banyak diburu oleh wisatawan ini terbuat dari pecahan kaca yang telah melalui proses daur ulang hingga bentuknya menjadi lebih cantik.

Harga manik-manik kaca dibanderol mulai dari Rp10.000, tergantung dari jenis dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

7. Jambu Bol Gondang Manis
Kamu wajib membeli jambu bol gondang manis saat berkunjung ke Jombang karena buah yang satu ini tidak bisa kamu temukan di daerah lain. Rasanya yang manis membuat jambu ini memiliki kulit berwarna merah dengan daging buah berwarna putih dan tekstur yang empuk. Harganya Rp50.000 per kilogram.

8. Pia Kacang Hijau
Tampilannya seperti pia dari Jogja, bedanya tekstur pia khas Jombang lebih lembut dan empuk. Rasanya manis. Selain kacang hijau, saat ini terdapat berbagai varian isi kue pia, seperti durian, coklat, keju, dan lain-lain. Harganya dibanderol mulai dari Rp15.000.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Jombang yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia