8 Oleh-oleh Khas Kapuas Hulu yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kapuas Hulu

Oleh-oleh Khas Kapuas Hulu – Bertamasya menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sumpek serta badan yang sudah mulai letih merupakan alasan paling masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol kalau tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dikonsumsi sendiri, dipakai sendiri, maupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kapuas Hulu yang Kekinian

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, Anda yang kebetulan sedang memperoleh bonus dari pekerjaan bisa berliburan sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali pada kegiatan ini biasanya ialah para wanita. Walau begitu, kaum lelaki juga banyak yang menyukai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang terkadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang memiliki kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama untuk kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Tentu saja, biar habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kapuas Hulu yang Favorit

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri ialah Kapuas Hulu.

Di Kapuas Hulu, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kapuas Hulu.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kapuas Hulu yang Melegenda

1. kerupuk basah

kerupuk basah adalah makanan camilan yang terbuat dari daging ikan tawar atau ikan tenggiri. Meskipun dinamai kerupuk basah, tetapi kerupuk ini memiliki tekstur yang kering dan garing mirip dengan pempek atau siomay.

2. Mie Kepiting

Mie Kepiting yang menjadi Makanan Khas Putussibau ini memiliki ciri khas tersendiri yakni olahan mie yang dicampur dengan tambahan seafood atau makanan laut seperti ikan, udang, kepiting dan sayuran kecambah.

Makanya kalau kalian liburan ke Kalimantan Barat, jangan lupa mampir Ke kabupaten Kapuas Hulu untuk icip-icip mie kepitingnya yang dijamin lezat.

3. Bubur pedas

Kamu yang mengaku pencinta makanan pedas wajib mencicipi kuliner khas Kapuas Hulu yang satu ini. Selain pedas, cita rasa bubur pedas juga asin dan sedikit manis.

Memiliki tampilan seperti perpaduan antara sup dan bubur, bubur pedas terbuat dari beras, sayur-sayuran, ikan teri goreng, dan kacang.

4. Ikan asin

kan asin adalah salah satu makanan favorit masyarakat Kapuas Hulu. Ikan asin di kabupaten ini terbuat dari ikan poja, ikan salai, ikan belatik, dan ikan pekasam.

Ikan ini bisa langsung dikonsumsi sebagai lauk atau diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat yang menggugah selera. Saat ini ikan asin khas Kapuas Hulu juga dijual dalam bentuk kemasan hingga dapat dijadikan sebagai buah tangan.

5. Pakating

Pakating merupakan makanan hasil dari fermentasi buah tapos (Kelampai/Rape Bahasa Dayak) biasanya masayarakt Dayak selain bahan bakunya dari buah tapos mereka membuat pakating ini dari biji karet yang sudah mengering dan jatuh ke tanah kemudian dikupas kulitnya selanjutnya direbus sampai matang kemudian langsung deh diberi garam kasar agar pada saat dipermentasi buah tapos/kelampainya tidak menjadi busuk.

6. Pekasam Ikan

ekasam Ikan atau kedalam bahasa dayaknya adalah Tabah Icat’n/Tabah Ikat merupakan salah satu makanan yang tidak terpisahkan dengan fermentasi. Pekasam ikan sendiri bahan utamanya adalah dari Ikan segar dan ikan berdaging pilihan yang kemudian digarami selanjutnya diberi garam terakhir disimpan kedalam wadah kedap udara, sehingga tidak masuk lalat yang membuat tabah icat’n ini gagal.

7. Kue Kantong Semar

Kue kantong semar mungkin bisa dijadikan salah satu oleh-oleh kahas bengkayang yang bisa teman sejagat bawa setelah berkunjung dari Kabupaten Bengkayang. Kue yang satu ini bahan dasarnya adalah beras ketan yang direndam kemudian dimasukan kedalam kantong semar yang telah di dapatkan dari hutan.

8. Kue Tumpi

Tumpi merupakan kue kahs bengkayang paling digemari oleh siapa saja. Bntuknya yang unik dan penyebutannya juga begitu unik, mengapa unik? kue tumpi merupakan kue dari rasa, bentuk dan cara pembuatnnya sama dengan cucur. kalau dilihat dari tekstur kue tumpi ini diberbagai daerah kabupaten bengkayang berbeda-beda tekstur dari kue tumpinya atau mungkin berbeda-beda selera ya.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kapuas Hulu yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia