10 Oleh-oleh Khas Kapuas yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kapuas

Oleh-oleh Khas Kapuas – Berpiknik menjadi kegemaran sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang sesak serta badan yang sudah mulai penat adalah alasan sangat logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi Anda?

Dalam Berpiknik kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dimakan sendiri, dipakai sendiri, ataupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kapuas yang Populer

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, kamu yang kebetulan tengah mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa berpiknik sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membikin suasana hati kembali riang. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat mengusir kepenatan. Mereka yang suka sekali pada aktifitas ini biasanya ialah para wanita. Meski begitu, para pria juga banyak juga yang menyukai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang terkadang tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama bagi kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, agar habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kapuas yang Terkenal

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak digemari oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Kapuas.

Di Kapuas, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kapuas.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kapuas yang Favorit

1. kerupuk basah
kerupuk basah adalah makanan camilan yang terbuat dari daging ikan tawar atau ikan tenggiri. Meskipun dinamai kerupuk basah, tetapi kerupuk ini memiliki tekstur yang kering dan garing mirip dengan pempek atau siomay.

Bahan dasar untuk membuat kerupuk basah ini pun mudah didapatkan antara lain tepung kanji, bawang putih, air, daging ikan tawar atau ikan tenggiri, bawang merah dan bawang putih, cabe, dan juga garam.

2. Mie Kepiting

Mie Kepiting yang menjadi Makanan Khas Putussibau ini memiliki ciri khas tersendiri yakni olahan mie yang dicampur dengan tambahan seafood atau makanan laut seperti ikan, udang, kepiting dan sayuran kecambah.

3. Ikan Asin

Ikan Asin ini adalah makanan favorit masyarakat di Kapuas Hulu untuk dijadikan lauk.Ikan asinnya sendiri pun terbuat dari berbagai jenis, mulai dari ikan asin poja, ikan salai, dan ikan belatik dan pekasam ikan.

4. Sipet

Sipet merupakan senjata tradisional masyarakat dayak yang terbuat dari kayu Ulin yang dilubangi seperti pipa. Di bagian ujung depan pipa akan dipasang besi dan ujung bawahnya akan diberi mata tombak yang tajam. Sisi atasnya juga diberi semacam alat bantu untuk membidik sasaran yang diincar.

5. Akar Kuning

Akar kuning merupakan tanaman asli Kalimantan yang bisa kamu temukan di Gunung Mas. Tanaman ini cukup populer untuk dijadikan oleh-oleh karena memberi berbagai macam manfaat untuk tubuh. Akar Kuning ini dipercaya secara turun temurun dapat memperbaiki fungsi hati, menyembuhkan hepatitis, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit kuning, diabetes, anti kanker, dan anti malaria.

6. Baju Sangkarut

Pakai adat suku Dayak Kalimantan tengah ini berbentuk seperti rompi dan terbuat dari berbagai macam serat tanaman, seperti serat daun nanas, daun lemba, dan serat nyamu. Meskipun kurang cocok untuk digunakan sehari-hari, namun pakaian khas ini dapat cocok untuk dijadikan oleh-oleh pajangan atau koleksi.

7. Buah Salak Hutan

Buah salak hutan tidak ada bedanya dengan buah salah pada umumnya seperti kulitnya yang seperti ular, akan tetap ada salah satu yang dapat kamu bedakan dengan mudah jika di lihat sekilas yaitu, dari bentuknya yang berbeda dan warnanya yang lebih merah dengan rasa manis yang sedikit asam

8. Buah Kangkala

Buah Kangkala yang memiliki cita rasa gurih, cara mengolah buah ini juga sangat mudah dan cukup unik, yaitu dengan disiram menggunakan air panas, buah ini biasanya dihidangkan bersama dengan bawang merah dan putih serta sedikit garam, bisa juga dipenyet dengan cabai, terasi dan sedikit air, buah ini sangat cocok bila dijadikan sebagai teman makan nasi.

9. Bangamat

Biasanya daging kelelawar ini akan diolah bersama bumbu serai dan daun pikauk serta dimasak bersama dengan sayur hati batang pisang yang dipotong-potong.

10. Buah Masisin

buah Masisin atau yang juga disebut Karamunting. Buah ini rasanya manis jika sudah berwarna ungu kehitaman. Selain bisa dinikmati langsung buah ini juga bisa dijadikan sebagai bahan selai yang enak dan juga menyehatkan

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kapuas yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia