7 Oleh-oleh Khas Karangasem yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Karangasem

Oleh-oleh Khas Karangasem – Berwisata menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang sesak dan badan yang sudah mulai letih merupakan alasan sangat logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berbentuk makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dimakan sendiri, digunakan sendiri, ataupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Karangasem yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, Anda yang kebetulan tengah mendapat bonus dari tugas bisa berliburan sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang senang sekali pada aktifitas ini biasanya yakni para wanita. Meski begitu, kaum pria juga banyak juga yang menggilai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus buat kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Tentu saja, supaya setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Karangasem yang Kekinian

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Obyek wisata itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh warga, baik dalam maupun luar negeri ialah Karangasem.

Di Karangasem, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Karangasem.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Karangasem yang Favorit

1. Nasi Sela
Nasi Sela, atau dikenal juga dengan nama ” Nasi Campur Ubi “, dikalangan masyarakat di Kabupaten Karangasem dan sekitarnya.

Nama ” Nasi Campur Ubi ” ini tidak lain dikarenakan makanan ini memang dibuat dengan cara mencampurkan antara nasi dengan ubi. Dimana, ubi di Kabupaten Karangasem disebut dengan nama ” Sela “.

2. Salak Karangasem
Salak Bali bisa banyak ditemui di wilayah Karangasem, Bali. Wilayah ini merupakan pusatnya kebun salak Bali. Saat musim panen salak, kita bisa menemukan berbagai jenis olahan yang terbuat dari salak Bali. Seperti keripik, dodol serta manisan. Di wilayah ini pula banyak terdapat home industry yang memproduksi berbagai jenis olahan dari salak Bali.

3. Sate Lalap
Varian sate yang satu ini kurang lebih sama dengan sate-sate pada umumnya di Indonesia, yang mengunakan daging ayam, daging sapi, daging kambing, dan daging hewan lainnya sebagai bahan baku utamanya.

Yang membedakannya terletak pada bumbunya. Dimana diketahui, sate pada umumnya mengunakan bumbu kacang sebagai pelengkap rasanya, sedangkan sate khas Karangasem ini mengunakan bumbu kuning.

4. Wine Salak
Jika Perancis sering disebut-sebut sebagai penghasil wine anggur, di Indonesia ada sebuah desa penghasil wine. Namun wine satu ini bukan terbuat dari anggur, melainkan dari salak.

5. Tipat Blayag
Biasanya, ketupat khas Karangasem ini disajikan dengan sayur urap, sambal, ayam sisir, keripik kulit, kedelai goreng, dan ayam bumbu kuah.

6. INGKUNG GP
datanglah ke “OMAH INGKUNG GP”. Ingkung sendiri merupakan sebutan untuk salah satu masakan khas Kampung. Bahan dasarnya adalah ayam kampung yang dimasak utuh satu ekor dan disajikan di atas piring yang sudah dilapisi dengan daun pisang. Sajian ini belakangan cukup populer di antara para wisatawan.

Ayam yang digunakan pun tidak sembarangan, karena benar-benar ayam kampung asli yang hidup di pedesaan. Metode masaknya masih sangat tradisional. Cara ini diyakini menghasilkan rasa yang khas dibandingkan ingkung lainnya.

7. DHECHIK PIZZA
Berawal dari Juara 1 (satu) lomba memasak dengan tema makanan olahan berbahan dasar ikan tingkat Kabupaten yang diadakan di rumah dinas Bupati Sukoharjo tahun 2015, kemudian serius dijalani dengan promosi, kini produk Pizza sudah bisa diterima pasar dengan cukup bagus. Karena menurutnya, juara lomba bukanlah tujuan utama melainkan sebuah insprirasi untuk merealisasikan karyanya.
Tulastri, pembuat Pizza ini memberi label produknya dengan “DHECHIK” Pizza Karangasem Sehat. Lokasi pembuatan pizza ini berada disebelah timur kawasan Wisata Alam Gunung Pegat Karangasem tepatnya di Dukuh Klile RT 01/02 Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Karangasem yang Kekinian saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia