7 Oleh-oleh Khas Kebumen yang Melegenda Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kebumen

Oleh-oleh Khas Kebumen – Berliburan menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Memberi kesegaran kembali pikiran yang sesak serta tubuh yang sudah mulai letih yakni alasan sangat logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol kalau tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dimakan sendiri, dipakai sendiri, ataupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kebumen yang Favorit

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, kamu yang ketepatan tengah mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa berliburan sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada aktifitas ini biasanya adalah para wanita. Walaupun begitu, para pria juga banyak yang menyukai aktifitas ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadang-kadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat menyenangkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama bagi kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, supaya sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh di Kebumen yang Melegenda

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat wisata itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Kebumen.

Di Kebumen, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kebumen.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kebumen yang Paling Hits

1. Yutuk Goreng Kebumen
erkunjung ke Kebumen jangan sampai lupa menikmati kuliner lautnya. Yutuk adalah salah satu kulinernya yang cukup terkenal. Yutuk adalah semacam binatang laut yang ditemukan di Pantai Kebumen. Hewan ini mempunyai cangkang dan mirip undur-undur.

Warga lokal menggoreng yutuk sebagai peyek. Karena bersal dari laut, rasa yutuk pun asin. Makanan ini cocok digunakan pelengkap hidangan atau hanya dicamil biasa. Selain peyek, yutuk juga diolah menjadi bakwan.

2. Sale Pisang Kebumen
Makanan ringan satu ini dibuat dari pisang yang diiris tipis-tipis kemudian dikeringkan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari dengan tujuan agar awet dan tahan lama.

Setelah kering, kemudian digoreng dengan tepung, sehingga berbeda dari sale pisang yang ada di kota-kota lain. Penganan khas kebumen ini citarasanya sedikit manis dan gurih.

Untuk mendapatkannya, sobat bisa mengunjungi para perajin sale pisang di desa Mangli. Mengenai harga biasanya dibanderol kisaran Rp.18.000 saja.

3. Kethek Khas Kebumen
Satu lagi kuliner khas kota Kebumen yang wajib kamu cicipi yaitu kethek khas Kebumen. Kamu bisa mengunjungi salah satu kota yang menjadi penghasil Kethek terbesar yaitu di kawasan Cinere, Karanganyar.

Makanan yang satu ini cukup unik, dimana terbuat dari ampas atau sisa produksi minyak kelapa. Meski terbuat dari bahan sisa atau ampas tapi kethek rasanya sangat enak dan cocok sekali dijadikan oleh-oleh khas Kebumen.

4. Emping Mendem Kebumen
Oleh-oleh khas Kebumen lain yang bisa untuk dicoba yaitu emping mendem. Disebut sebagai emping mendem karena emping ini mempunyai bentuk lain dibanding emping pada umumnya. Makanan ini berbentuk lebih kecil dan lebih padat.

Rasa emping pun juga bervariasi, ada rasa pedas, manis, maupun asin. Soal harga, emping ini juga diharga dengan harga belasan ribu rupiah saja.

5. Jipang Kacang Kebumen
Oleh-oleh khas Kebumen selanjutnya adalah jipang kacang. Jika pada umumnya jipang dibuat dari beras ketan, namun untuk jipang khas Kebumen ini dibuat dari bahan yang berbeda yaitu berbahan dasar kacang.

Rasa kacang yang gurih bercampur dengan gula merah yang manis dan legit menghasilkan rasa yang sempurna dan menarik siapa saja untuk mencicipinya. Selain enak jipang kacang juga dijual dengan harga yang murah yaitu 6500 per bungkusnya.

6. Lanting Kebumen
Makanan ringan berbentuk angka 8 yang terbuat dari singkong ini namanya dikenal dengan lanting, yaitu salah satu jenis oleh-oleh primadona paling mudah ditemukan disetiap sudut Kebumen.

Lanting ini rasanya sangat gurih dan crispy, membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan. Sama seperti ngemil kacang, sobat pasti sulit untuk berhenti menyantapnya.

Berburu penganan satu ini tidaklah sulit, silahkan saja datang ke desa Lemah Duwur. Untuk harga, cukup bervariasi namun tetap terjangkau dan biasanya dibanderol mulai Rp.10.000-Rp.20.000/kg.

7. Souvenir Biji Jenitri
Siapa sangka jika biji jenitri bisa diolah menjadi beberapa kerajinan tangan yang unik. Setelah biji jenitri matang lalu dipanen.

Sebelum bisa diolah menjadi kerajinan tangan, biji jenitri harus direbus selama 4 jam atau berwarna kecoklatan, kemudian dimasukkan ke dalam karung lalu diinjak – injak agar kulitnya terkelupas.

Selanjutnya biji harus dicuci dan dijemur dibawa sinar matahari selama kurang lebih 3 hari. Setelah kering biji siap diberi lubang menggunakan mata bor. Langkah terakhir biji siap dibentuk menjadi kerajinan yang cantik mulai dari kalung, tas, gelang dan sebagainya.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kebumen yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia