15 Oleh-oleh Khas Kendal yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kendal

Oleh-oleh Khas Kendal – Berliburan menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak dan tubuh yang sudah mulai capek merupakan alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol jika tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berupa kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dimakan sendiri, digunakan sendiri, ataupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kendal yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, kamu yang kebetulan tengah mendapat bonus dari tugas bisa bertamasya sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada aktifitas ini biasanya adalah para wanita. Walaupun begitu, kaum lelaki juga banyak juga yang menyukai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadangkala tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang punya kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Pastinya, biar sepulangnya dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh di Kendal yang Melegenda

Indonesia memiliki banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak digemari oleh warga, baik dalam maupun luar negeri ialah Kendal.

Di Kendal, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kendal.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kendal yang Terkenal

– Kerupuk Tayamum  kendal
Salah satu kuliner unik yang bisa Anda temui ialah Kerupuk Tayammum. Secara luas, kerupuk ini lebih dikenal sebagai Kerupuk Goreng Wedi. Dinamakan demikian karena proses pembuatan lebih tepatnya proses penggorengannya tanpa menggunakan minyak, melainkan pasir.

Pada umumnya, makanan ringan ini terbuat dari campuran tepung tapioka, terasi, penyedap rasa, garam, dan pewarna makanan. Adonan kerupuk tersebut akan dibentuk dan dijemur hingga benar benar mengering. Kemudian, krecek kerupuk akan digoreng dengan menggunakan pasir. Inilah yang membuat Kerupuk Tayammum tidak memiliki banyak kandungan lemak.

– Getuk Goreng  kendal
Bagi Anda penggemar jajanan tradisional yang berbahan dasar singkong, maka Getuk Goreng Kendal adalah makanan yang wajib dijajal. Jika kebanyakan getuk disajikan dengan tekstur yang lembut dan ditambahkan parutan kelapa, maka Getuk Goreng Kendal tak demikian. Sesuai dengan namanya, getuk khas Kendal ini sudah melalui proses penggorengan.

Bahan utama pembuatannya ialah ubi yang sudah diolah menjadi adonan lembut. kemudian, adonan akan dibentuk sedemikian lupa dan langsung melewati proses penggorengan. Rasanya yang legit dan sedikit gurih menjadikan jajanan tradisional ini banyak disukai orang. Anda pun bisa menjadikan Getuk Goreng Kendal ini sebagai buah tangan.

– Sate Bumbon kendal
Tidak seperti sate sapi pada umumnya, potongan dagingnya besar-besar. Daging untuk sate bumbon adalah daging sapi tanpa lemaknya. Bumbunya pun berbeda, ada rasa cengkeh dan ketumbar yang dominan.

Setelah matang, sate disajikan dengan siraman saus kacang yang ditumbuk kasar dan kecap. Tak lupa potongan bawang merah dan cabai rawit.

Sate yang satu ini juga dihidangkan bersama sayur lodeh nangka muda. Penjual sate ini bisa kita temukan di sekitaran perempatan pegadon dan pejambon.

Bagi kamu yang ada rencana untuk traveling ke Kendal, Sate bumbon harus masuk dalam jajaran makanan khas Kendal yang harus dicicipi.

– Kerupuk Rambak  kendal
Kerupuk yang satu ini bisa jadi oleh-oleh untuk kampung halaman atau camilan di sepanjang jalan saat mudik. Rambak atau kerupuk ini terbuat dari kulit sapi khas Kendal sangat terkenal.

Memang kerupuk serupa juga banyak dibuat daerah lainnya namun rambak khas Kendal menggunakan bumbu khas. Resep inilah yang membuatnya jadi super gurih dan beda dari yang lain. Penjual kerupuk rambak paling terkenal ada di sebrang Masjid Pegadon Kendal.

– Sumpil khas kendal
Salah satu makanan khas Kaliwungu Kendal yang wajib dicoba oleh para pecinta kuliner yaitu sumpil. Sumpil ini merupakan makanan ringan yang biasanya disajikan saat acara Maulid Nabi atau disebut dengan tuwinan.

Sumpil terbuat dari beras kemudian dibungkus dengan daun bambu. Penyajian kudapan ini yaitu dengan menambahkan taburan kelapa sebagai pelengkap dan penambah rasa gurih.

Bentuknya yaitu segitiga dan konon katanya memiliki filosofi tersendiri. Bentuk segitiga sumpil dipercaya melambangkan hubungan antara manusia dengan Tuhan dan manusia dengan manusia.

Makanan dengan filosofi keagamaan ini masih terus dilestarikan sampai dengan sekarang. Namun, sekarang sumpil sudah dapat ditemukan setiap hari dengan mudah tanpa harus menunggu Maulid Nabi.

– Keripik Buah  kendal
Keripik Buah khas Kendal, layak untuk dibawa pulang dan dijadikan oleh oleh. Umumnya, keripik buah dijual di beberapa gerai yang tersebar di seluruh Kota Kendal. Mengenai harga, Anda tak perlu khawatir. Setiap satu bungkus keripik buah khas Kendal dibanderol dengan harga yang sangatlah terjangkau

– Payung Kertas  kendal

payung kertas khas Kendal merupakan seni kerajinan turun temurun yang sudah ada sejak dahulu. Hingga saat ini, sentra kerajinan payung kertas masih diteruskan dan mulai menunjukkan kembali eksistensinya. Salah satu daerah yang menjadi pusat produksi payung kertas ialah Desa Kutoharjo, Kaliwungu, Kabupaten Kendal.

Di lokasi tersebut, Anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan payung kertas. Mulai dari pembuatan kerangka, pengaplikasian kertas ke dalam kerangka, hingga proses melukis bisa Anda saksikan secara langsung. Namun untuk membeli payung kertas khas Kendal, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 70 ribu hingga Rp 200 ribuan.

– Pecel Kembang Turi  kendal

Pecel Kembang Turi sebenarnya adalah pecel yang berasal dari Jawa Timur. Namun kamu akan mendapatkan makanan ini populer juga di Kendal.

Kombinasi daun bayam rebus, kembang turi yang manis dan agak pahit gurih, disiram dengan sambal kacang kental dan taburan tauge. Dilengkapi dengan sate kerang dan gimbal udang yang hangat

– Bandeng Tanpa Duri
Tidaklah heran kalau kamu bisa menemukan banyak olahan bandeng di Kendal, salah satunya adalah bandeng tanpa duri.

Keunggulan dari makanan bandeng ini adalah, kamu bisa memakan bandeng tanpa duri. Kalau mua coba menghitung, ada total 164 duri yang menempel di badan ikan bandeng, ada duri lunak dan keras.

Memakan bandeng tanpa duri tentu saja membuat kulitas makan kita semakin tinggi. Karena tidak kawatir lagi menelan duri yang tertinggal di daging bandeng.

Bandeng tanpa duri Kendal telah diawetkan secara alami dengan cara menaburkan garam dan proses mengukus selama 10-15 menit. Dengan proses ini, membuat kamu tidak akan mencium bau amis bandeng tanpa duri.

Kamu bisa menemukan olahan bandeng tanpa duri disekitar Pasar Bodri, Desa Kebonharjo, Kecamatan Patebon, Kendal, Jawa Tengah.

– Kerupuk Petis kendal
Mencari oleh-oleh khas Kendal? Kerupuk petis ini bisa menjadi salah satu barang bawaan ketika pulang. Kerupuk khas Kendal ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan petis.

Petis sendiri terbuat dari ikan atau udang. Rasanya yang enak membuat kerupuk ini sangat cocok sebagai makanan pelengkap untuk menambah selera makan.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kendal yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia