10 Oleh-oleh Khas Kepulauan Aru yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kepulauan Aru

Oleh-oleh Khas Kepulauan Aru – Berpiknik menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang pengap serta tubuh yang sudah mulai capek adalah alasan paling masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berbentuk kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dipakai sendiri, dipakai sendiri, atau dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kepulauan Aru yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, Anda yang kebetulan sedang mendapatkan bonus dari tugas bisa berwisata sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para perempuan. Meski begitu, kaum lelaki juga banyak pula yang menggilai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadangkala tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sambil belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Tentu saja, biar sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kepulauan Aru yang Kekinian

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak digemari oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Kepulauan Aru.

Di Kepulauan Aru, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kepulauan Aru.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kepulauan Aru yang Terkenal

1. Kue Kering Bagea
Bagea merupakan kue yang terbuat dari sagu. Kue ini dipadukan dengan tepung kacang, tepung sagu, kenari, beserta kayu manis dan cengkeh. Cemilan kue bagea ini memiliki tiga varian rasa, yaitu rasa gula atau manis, bagea kacang kenari dan bagea dengan paduan rasa kelapa.

2. Pom Pom
Pom Pom merupakan makanan yang terbuat dari sagu dan sudah disaring serta diambil sarinya dari batang pohon sagu. Ada juga yang terbuat dari tomat. Desa-desa di Kepulauan Aru yang memproduksi Pom Pom diantaranya yaitu Desa Gulili, Desa Namara, dan Desa Tabarfane

3. Papeda
Papeda juga kaya akan serat, rendah kolestrol dan memiliki nutrisi yang baik Di Kepulauan Aru sendiri Papeda sering dijadikan pengganti nasi Biasanya mereka menyantap Papeda dengan kuah kuning.

Kuah kuning merupakan kekayaan kuliner populer dari Indonesia Bagian Timur yang terbuat dari ikan tongkol dan sudah dibumbui dengan kunyit, jahe dan lain-lain. Cara menyantap Papeda yaitu dengan menyeruputnya langsung dari wadahnya.

4. Kue Sarut Kenari
Kue ini dibuat dengan bahan dasar kenari. Kue lezat ini dibuat dari kenari dan campuran gula aren, tepung sagu, telur, kayu manis dan minyak sayur yang membuat kue ini semakin nikmat. Kue ini memiliki tekstur kering dan renyah sehingga banyak digemari oleh pecinta kue manis.

Bentuk dari kue ini mirip dengan kue bagea namun kue ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Kue sarut kenari ini juga memiliki bentuk yang lebih lonjong dari bentuk kue bagea. Kue ini berwarna coklat dengan tekstur yang lembut.

5. Ikan Asin Balobo

Ikan Asin Balobo terbuat dari bahan dasar Ikan Hermihamphus Far atau akrab disapa juga dengan sebutan ikan terbang. Rasanya tidak terlalu asin, namun enak dan gurih. Makanan ini juga tahan lama dan tidak cepat membusuk bahkan hingga satu tahun. Selain itu tanpa menggunakan bahan pengawet atau bahan kimia apapun. Cobain, deh. Anda yang tidak suka ikan asin pun rasanya pasti akan suka dengan makanan ini, karena memiliki cita rasa yang khas dan lain daripada yang lain.

6. Kacang Botol
Kacang ini masih diolah dengan cara tradisional tanpa disisipi bahan pengawet. Memiliki rasa yang beragam, ada yang manis, asin, pedas, bawang dan mix. Semuanya enak dan nikmat serta asli diproduksi oleh masyakarat Kepulauan Aru..

7. Udang Banana
Udang banana ini merupakan jenis makanan frozen food. Udang banana cocok dijadikan oleh-oleh karena dapat tahan beberapa hari. Jika makanan ini disimpan di freezer dapat tahan lebih lama atau semingguan.

8. Mutiara Air Laut
Kepulauan Aru sering disebut dengan julukan Nusa Mutiara karena memiliki kekayaan mutiara laut yang sangat melimpah. Oleh karena itu, rasanya tidak lengkap jika pulang dari sana namun tidak membawa butiran mutiara indahnya. Terlebih jika ingin memberikan kado spesial untuk gadis yang anda dicintai.

9. Aksesoris Sisik Ikan
Aksesoris ini terbuat dari sisik ikan dan merupakan kerajinan tangan asli masyakarat Kepulauan Aru. Aksesorisnya cukup beragam ada anting, hiasan dinding, buket bunga, tusuk konde, kalung gelang, dan lain lain. Harganya bervariasi dari mulai Rp.25.000 sampai jutaan rupiah

10. Halua Kenari
Sesuai namanya makanan ini terbuat dari kenari dan ditambah dengan gula merah. Teksturnya sangat manis dan legit. Makanan ini memiliki kandungan gizi yang baik sebab merupakan sumber dari protein. Disamping itu kandungan kenari di dalamnya juga mampu menurunkan risiko kanker payudara, loh. Sehingga tidak heran jika banyak orang menyebutnya sebagai camilan enak dan menyehatkan.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kepulauan Aru yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia