7 Oleh-oleh Khas Kepulauan Tanimbar yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kepulauan Tanimbar

Oleh-oleh Khas Kepulauan Tanimbar – Berwisata menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang pengap dan badan yang sudah mulai letih ialah alasan paling masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan Anda?

Dalam Bertamasya kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dimakan sendiri, digunakan sendiri, atau diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kepulauan Tanimbar yang Populer

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, Anda yang kebetulan lagi mendapat bonus dari tugas bisa berekreasi sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membikin suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap aktifitas ini biasanya yakni para perempuan. Walaupun begitu, kaum pria juga banyak juga yang menggilai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang-kadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya untuk kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Tentu saja, biar habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kepulauan Tanimbar yang Populer

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Kepulauan Tanimbar.

Di Kepulauan Tanimbar, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kepulauan Tanimbar.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kepulauan Tanimbar yang Favorit

1. Keripik Pisang Saumlaki
Pisang mulu bebe yang melimpah inilah yang akhirnya memunculkan camilan lezat khas Tanimbar yaitu Keripik pisang Saumlaki. Meskipun diolah menggunakan bumbu yang sederhana, yaitu gula, garam, dan bawang, tapi keripik pisang ini sangat gurih dan lezat, dilengkapi dengan citarasa yang unik.

2. Bubur Sagu Ubi
Makanan khas dari Kepulauan Tanimbar yang pertama yaitu bubur sagu ubi. Makanan ini memiliki rasa yang begitu legit dan teksturnya yang terbilang unik. Jika Anda pernah tahu dengan kolak ubi, maka bubur yang satu ini memang sekilas terlihat mirip. Namun, bubur ini memiliki rasa yang sedikit lebih manis serta tekstur lebih kental.

3. Talam Sagu Bakar
Cara memasak makanan ini pun tidak terlalu susah, Anda hanya cukup merendam sagu hingga sayu tersebut mekar. Selanjutnya Anda tiriskan, lalu semua bahan yang telah disebutkan di atas dicampur menjadi satu adonan. Setelah itu, Anda kukus kurang lebih selama 10 menit dan Anda pun sudah bisa menikmati talam sagu bakar.

Dengan adanya gula merah sebagai salah satu bahan penyusunnya menjadikan talam sagu bakar memiliki rasa yang manis. Sangat cocok untuk Anda yang memang suka makanan manis-manis.

Talam sagu bakar banyak dikonsumsi sebagai makanan cemilan untuk menikmati saat-saat nongkrong dan bersantai. Harganya yang sangat terjangkau tidak akan membuat kantong Anda tipis tentunya.

4. Ikan Komu Asar
Sesuai dengan namanya, ikan komu asar adalah ikan yang di asap. Proses pengasapan berlangsung selama 1 hingga 3 jam sampai daging yang dekat dengan tulang bagian tengah matang. Ciri khas dari ikan ini adalah warnanya yang coklat dan ditusuk dengan bambu.

5. Nasi Lapola
Jika dulu awalnya masyarakat Kepulauan Tanimbar menggunakan sagu sebagai makanan pokoknya, namun kali ini telah terjadi pergeseran selera yang lebih menggunakan nasi lapola sebagai makanan pokok saat ini. Bahan untuk membuat nasi lapola ini yaitu beras, parutan kelapa serta kacang tolo.

Hampir semua masyarakat Kepulauan Tanimbar menyukai makanan khas ini. Hal itu karena memang nasi lapola memiliki rasa yang pulen dan benar-benar nikmat di lidah. Saat Anda ingin mengonsumsi nasi lapola ini, maka Anda dapat menggunakan lauk seperti ikan tongkol ataupun ikan teri.

6. Ampas Tarigu
Ampas Tarigu, salah satu roti lokal yang rasanya tak kalah enak dengan roti-roti yang lainnya. Berbentuk seperti roti kasur dan berwarna coklat. Berbeda dengan namanya, bahan-bahan yang digunakan pada pembuatan Ampas Tarigu tidak mengandung ampas sama sekali.Bahan-bahan dari Ampas Tarigu sama dengan roti pada umumnya hanya saja ditambah dengan parutan kelapa dan gula merah. Bahan inilah yang membuat roti ini menjadi unggul dan pas sekali dijadikan oleh-oleh untuk dimakan bersama keluarga dan kerabat. Sambil menikmati teh hangat di sore hari.

7. Batik Maluku
Batik Maluku atau juga disebut batik tubo, bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang khas untuk Anda bawa pulang. Motifnya yang unik menggambarkan kekayaan alam dan budaya masyarakat Maluku yang pastinya tidak ditemukan di daerah manapun.

Batik Maluku biasanya memiliki motif kekayaan budaya Maluku seperti senjata khas Maluku yaitu parang Salawuku dan alat musik Maluku yaitu tifa totobuang, kekayaan flora dan faunanya, kemudian yang paling populer adalah batik dengan motif hasil alam seperti cengkih dan pala, dan tak lupa pula batik dengan motif peta Maluku.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kepulauan Tanimbar yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia