8 Oleh-oleh Khas Klaten yang Populer Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Klaten

Oleh-oleh Khas Klaten – Berpiknik menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Memberi kesegaran kembali pikiran yang pengap serta tubuh yang sudah mulai capek merupakan alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman Anda?

Dalam Berpiknik kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berupa kuliner ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dikonsumsi sendiri, digunakan sendiri, ataupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Klaten yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, Anda yang ketepatan sedang memperoleh bonus dari pekerjaan bisa berwisata sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap kegiatan ini biasanya adalah para wanita. Meskipun demikian, kaum pria juga banyak juga yang menyukai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang terkadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama untuk kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, supaya habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Klaten yang Melegenda

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata. Obyek wisata itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak digemari oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri ialah Klaten.

Di Klaten, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Klaten.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Klaten yang Terkenal

– Wajik klaten
Wajik menjadi salah satu makanan khas asal Klaten yang kerap dijadikan sebagai oleh-oleh. Ditengok dari penampilannya, wajik tampak begitu menggiurkan. Hal ini tak lain karena kudapan khas Klaten ini terbuat dari beras ketan sebagai bahan dasarnya. Lalu diberikan tambahan berupa parutan kelapa ataupun gula. Jadi jangan heran, jika cita rasa yang dihasilkan begitu legit.

Bahkan banyak pula yang merasa ketagihan berkat cita rasa yang diciptakan oleh wajik ini. Biasanya makanan khas ini dibungkus menggunakan kertas minyak yang dibentuk kerucut di ujung atasnya. Bila bertandang ke pasar tradisional sekitar Klaten, pastikan membawa pulang wajik untuk anggota keluarga ataupun teman terdekat sebagai buah tangan paling tepat.

– Kepelan klaten
kepelan juga termasuk ke dalam camilan khas Klaten yang memiliki cita rasa gurih. Sebenarnya, cara pembuatan kepelan sangatlah mudah. Dimana anda hanya perlu menyiapkan tepung terigu sebagai bahan dasarnya, lalu mencampurkannya dengan bumbu dari garam, merica, bawang putih, bawang merah, penyedap rasa, dan air.

Aduk bumbu bersama dengan tepung terigu hingga menjadi sebuah adonan. Baru kemudian adonan tersebut dibentuk kecil kecil menyerupai kepalan tangan. Usai dibentuk, adonan digoreng hingga berwarna kekuningan. Kepelan akan terasa sangat lezat jika disajikan bersama saus sambal atau saus kacang. Karena rasanya tersebutlah, tidak jarang orang memburunya sebagai oleh-oleh.

– Bakmi Miroso Klaten
Bakmi miroso merupakan kuliner legendaris yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Kota Klaten.

Makanan ini adalah salah satu makanan khas Klaten jenis chinese food yang halal.

Bahan dasarnya terbuat dari nasi goreng, ayam koloke, mie pangsit dan dibuat dengan resep bumbu turun temurun.

Jika kamu penasaran dengan rasa masakan ini dapat datang di rumah makan bakmi miroso dekat alun-alun.

– Slondok Cemilan Klaten
Slondok adalah makanan ringan yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Klaten. Slondok terbuat dari bahan dasar singkong yang digiling dan direbus dengan bumbu spesial.

Setelah dicampur bahan tersebut dibentuk seperti gelang-gelang.

Kemudian dijemur hingga kering dan siap digoreng dan dikemas. Dahulu slondok hanya memiliki satu rasa saja, namun saat ini banyak varian rasanya.

– Rempeyek Ikan Cethul klaten
Berbeda lagi dengan rempeyek yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah ini.Karena rempeyek di Klaten ini menggunakan isian berupa ikan cethul. Dari penampilannya, ikan cethul memang hampir sama dengan ikan teri yang kecil kecil. Akan tetapi rasanya saja yang membedakannya. Apalagi jika dipadukan dengan tepung terigu serta bumbu khas lainnya, tentunya akan menjadikannya lebih lezat dan gurih untuk disantap bersama dengan nasi dan lauk.

– Dodol Jenang klaten

Buah tangan berikutnya yang bisa dibawa pulang yakni dodol jenang. Memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan dodol garut, makanan khas Klaten satu ini memiliki tekstur yang lebih lembek dan sedikit basah. Hal ini lantaran dalam pembuatannya menggunakan bahan dasar tepung ketan, santan kelapa, gula pasir, dan gula merah.

Berbagai bahan tersebut dimasak bersamaan kemudian diaduk hingga memiliki tekstur yang lembut. Biasanya, dodol jenang ini dibungkus dengan plastik ataupun kertas roti. Karena tekstur lembut dan rasa legitnya, sehingga tak heran jika banyak sekali orang menyukai dodol jenang. Bahkan wisatawan dari luar daerah pun rela datang jauh hanya untuk membawanya pulang.

– Keripik Paru klaten
Sesuai dengan namanya, keripik ini memang terbuat dari paru sapi pilihan yang telah diolah menggunakan bumbu dari resep turun temurun. Keberadaan keripik paru ini telah ada sejak 56 tahun lamanya, serta menjadi camilan yang paling banyak disukai.

Meski telah sejak puluhan tahun, namun cita rasa keripik paru tidak pernah berubah sedikit pun. Saat pertama kali menggigitnya, anda akan menjumpai cita rasa yang begitu khas dari paru serta perpaduan rempah khas lainnya. Selain bisa digunakan sebagai pendamping lauk dan nasi, keripik paru pula kerap dijadikan cemilan dikala sore hari bersama anggota keluarga tersayang.

– Keripik Cekerklaten
Bisa dibilang jika keripik ceker ini merupakan salah satu camilan khas yang unik dan banyak digemari oleh wisatawan dan masyarakat.

Untuk bisa membuatnya, diperlukan ceker ayam yang telah dikuliti terlebih dahulu. Setelah itu, dijemur di bawah sinar matahari secara langsung hingga kering. Bila sudah kering, baru ceker ayam dimasukkan ke dalam bumbu khas lalu digoreng untuk mengeringkan kulit bagian luar. Kemudian digoreng kembali untuk mengeringkan kulit bagian dalam.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Klaten yang Favorit saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia