20 Oleh-oleh Khas Kota Ambon yang Populer Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kota Ambon

Oleh-oleh Khas Kota Ambon – Berwisata menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang sumpek dan tubuh yang sudah mulai capek yakni alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman Anda?

Dalam Bertamasya kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dimakan sendiri, dipakai sendiri, ataupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Ambon yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, Anda yang ketepatan lagi memperoleh bonus dari pekerjaan bisa berpiknik sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali gembira. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali terhadap aktifitas ini biasanya ialah para perempuan. Walaupun begitu, para lelaki juga banyak yang menyukai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang memiliki kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang sangat mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, supaya setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Ambon yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata. Obyek wisata itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak disukai oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri ialah Kota Ambon.

Di Kota Ambon, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Ambon.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Ambon yang Kekinian

– Kue Namu-Namu
Tidak hanya mirip dengan pastel, namun kabarnya bentuk asli dari kue ini juga disadur dari bentuk buah namu-namu yang kini keberadaannya semakin langka dan sudah jarang ditemukan di berbagai daerah.

Isian utama yang ada di dalam kue ini dibuat dengan bahan basar ikan cakalang yang sebelumnya telah dimasak dengan cita rasa pedas sehingga akan sangat cocok untuk dicicipi apabila Anda menyukai makanan yang pedas. Tidak hanya itu, kue ini juga akan sangat nikmat apabila dimakan bersama dengan sambal nano-nano agar menambah citarasa lezatnya.

– Sagu Luhu
Sagu Luhu merupakan yang berbentuk kotak dan biasanya digunakan sebagai makanan pokok pengganti beras / nasi. Hanya dengan memakan 3 buah sagu luhu saja cukup membuat Anda kenyang. Nama Sagu Luhu didapatkan karena asal makanan tersebut berasal dari daerah bernama desa Luhu.

– Kerajinan Besi Putih
kabarnya besi putih tersebur berasal dari kapal milik penjajah yang sudah tenggelam sejak dulu di laut Maluku, Kendati demikian besi putih yang terdapat pada kapal tersebut faktanya masih sangat berkualitas dan bagus. Sama halnya seperti kerajinan yang terbuat dari kerang, kerajinan besi putih pun ada yang berwujud kalung, cincin, gelang, bros dan lain-lain. Bahkan sekilas tampilannya mirip sekali dengan emas putih. Wuih, kalau begini pasti saat dipakai semakin membuat percaya diri kian naik.

– Kohu-Kohu
Sayur-sayuran yang menjadi dasar pembuatan Kohu-Kohu yaitu tauge, mentimun daun kemangi dan kacang panjang. Semua bahan tersebut kemudian direbus lalu diaduk bersama irisan bawang merah dan putih, perasan jeruk nipis, cabai dan diberi suwiran Ikan Cakalang. Nah, suwiran ikan cakalang inilah yang menjadi pembeda Kohu-Kohu dengan urap Jawa.

– Roti Kering Kenari
Tekstunya garing dan memiliki kelezatan rasa yang tidak kalah dari kacang almond. Jangan khawatir roti ini juga tahan lama, sebab cara memasaknya dipanggang Kudapan sedap ini memiliki bentuk seperti lembaran roti, di atasnya diberi taburan kacang kenari dan gula

– Gogos Ikan
Seperti yang terlihat pada gambar, penampakannya mirip seperti lemper. Tapi bukan berarti ini hanya beda nama saja alias dupilkatnya lemper, loh ya. Jika lemper biasanya diberi suwiran daging ayam, cacahan tempe, dan abon, lain halnya lagi dengan Gogos. Ketan yang sebagai bahan dasarnya justru diberi suwiran ikan, lalu dibungkus daun pisang kemudian dibakar. Lebih nikmat lagi jika disantap bersama Kopi Rarobong.

– Nasi Jaha
Nasi ini terbuat dari ketan yang diolah bersama santan, lalu dibugkus memakai daun pisang muda kemudian dimasukkan ke dalam bambu untuk dibakar. Ukurannya ada yang 30 sampai 50 CM Bahkan ada yan sampai 1 meter, loh.Nah, tidak heran jika Nasi Jaha memang sangat mengenyangkan. Campuran santan dan ketan mampu memberi cita rasa legit dan gurih di mulut. Aromanya pun juga wangi dan sangat menggugah selera.

– Bubur Ne
Sagu untuk Bubur Ne lalu dimasak bersama santan hingga teksturnya terasa empuk. Ditambahkan pula kayu manis, gula merah dan daun pandan supaya rasanya semakin legit Biasanya Bubur Ne dipakai sebagai hidangan penutup. Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh, jangan lupa masukkan ke dalam plastik, ikat dengan kuat dan letakkan pada wadah yang aman, ya, supaya tidak tumpah dalam perjalanan.

– Manisan Buah Pala
Maluku terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya, salah satunya adalah pala. Oleh karena itu, manisan pala khas Seram Bagian Barat dapat menjadi oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang. Pala yang digunakan dipetik langsung dari kebun sehingga masih sangat segar.

– Sanole
Kue ini dibuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kelapa dengan isian gula aren. Saat digigit, maka akan menguar rasa manis yang sangat lezat.

Tampilan Sanole mirip dengan roti dadar gula. Warnanya didominasi oleh putih. Lelehan gula merahnya begitu menggoda.

– Ampas Terigu
Ampas Terigu masih tergolong ke dalam panganan roti. Perbedaanya adalah ampas terigu ditambahkan gula merah. kelapa parut juga bubuk kayu manis. Saat matang, wanginya begitu menggiurkan dan membuat anda ingin segera langsung menyantapnya.

Roti lezat ini dibanderol dengan harga murah, sepotong ampas terigu harganya 2.000 rupiah saja.

– Urap Pakis
Urap pakis ini dibuat dari daun pakis muda yang sebelumnya telah direbus, dan dicampur dengan berbagai bahan lain seperti wortel, tauge, kelapa muda, dan kacang panjang. Selain itu, ada pula tambahan bumbu-bumbu seperti cabai, kencur, bawang putih, terasi, garam, dan juga gula yang telah dihaluskan terlebih dahulu.

– Batik Tubo
Batik Tubo adalah sebutan untuk batik asal Maluku yang memiliki corak khas Maluku. Corak tersebut menggambarkan kekayaan rempah-rempah dan kekayaan alam Maluku. Di daerah Seram Bagian Barat, banyak penjual oleh-oleh yang menjajakan baju-baju dan kain batik tubo ini.

– Kerajinan Mutiara
Kondisi geografis Seram Bagian Barat yang didominasi oleh laut, membuat Seram Bagian Barat merupakan penghasil mutiara kerang yang terkenal. Berbagai jenis mutiara dapat Anda dapatkan di pulau ini baik mutiara air laut atau mutiara air tawar. Tentu saja harga mutiara air tawar akan lebih murah dari mutiara air laut.

– Dendeng Rusa
Dendeng Rusa Sama halnya seperti namanya, dendeng rusa merupakan salah satu sajian dan kuliner khas kabupaten Seram Bagian Barat yang begitu unik. Hal ini tentu tidak mengherankan karena bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah daging rusa.

Alasan kenapa dendeng ini dibuat dengan bahan utama daging rusa adalah karena daging hewan ini dipercaya memiliki berbagai kandungan gizi dan juga vitamin yang tinggi untuk menambah stamina bagi orang yang mengkonsumsinya. Proses pembuatan dendeng rusa ini pun tidak jauh berbeda dengan pembuatan dendeng sapi pada umumnya.

– Kasbi Komplet
Kasbi Komplet. Makanan ini merupakan kuliner khas orang Maluku yang seringkali dibuat dengan menggunakan bahan dasar kasbi atau singkong.Selain itu, lalu dicampur dengan ubi, batata, dan juga pisang yang telah direbus sebelumnya. Makanan ini dinamakan sebagai Kasbi Komplet karena memang terdapat beberapa tambahan bahan-bahan lain selain singkong agar citarasa yang dihasilkan pun menjadi jauh lebih enak dan tidak terlalu hambar.

 

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Ambon yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia