8 Oleh-oleh Khas Kota Banjar yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kota Banjar

Oleh-oleh Khas Kota Banjar – Berpiknik menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Memberi kesegaran kembali pikiran yang pengap dan badan yang sudah mulai penat ialah alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol kalau tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa makanan ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dimakan sendiri, digunakan sendiri, maupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Banjar yang Favorit

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, kamu yang ketepatan sedang mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa berliburan sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat mengusir kepenatan. Mereka yang gemar sekali terhadap kegiatan ini biasanya ialah para wanita. Walau begitu, kaum lelaki juga banyak pula yang menyukai aktifitas ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadangkala tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama untuk kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, supaya sehabis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Banjar yang Kekinian

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri yakni Kota Banjar.

Di Kota Banjar, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Banjar.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Banjar yang Wajib dibawa Pulang

1. Mih Iteng, Mie Lidi
Mih Iteng merupakan nama brand makanan khas Banjar yang kini sedang naik daun. Dimana mereka menyuguhkan olahan mie lidi yang sangat menggiurkan. Mungkin sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan mie lidi. Namun beda halnya dengan kudapan khas Banjar ini, lantaran cara pembuatan serta bahan yang digunakan terbilang tradisional.

2. Kacang Umpet
Kacang umpet merupakan makanan Banjar yang berupa camilan ringan. Sesuai namanya, camilan ini berasal dari bahan utama kacang dan terigu.

Untuk rasa, kini kacang umpet memiliki berbagai varian rasa, loh. Mulai dari rasa keju, balado pedas (ini yang banyak diminati), wijen, karamel dan juga rasa original barbeque.

3. Galendo
Camilan yang bernama galendo ini merupakan sebuah kudapan dari ampas minyak kelapa. Ide pembuatan galendo ini tercipta dari banyaknya industri pengolahan kelapa di Jawa Barat.

Bisa dibilang, bila jajanan satu ini mulai langka di pasaran lantaran disaingi dengan kudapan kekinian lainnya. Akan tetapi, banyak pula para produsen mengkreasikannya dengan memberikan varian rasa. Mulai dari original, kacang, coklat, pisang, hingga susu. Bahkan, galendo pun kerap dicampurkan ke dalam bahan untuk membuat kue bolu.

4. Rangicok
Rangicok di daerah lain ada yang menyebutnya dengan nama rangginang. Nah, rangicok ini kependekan dari rangginang coklat. Jadi, warga Banjar memodifikasi rangginang dengan ditambahkan coklat di atasnya.Kamu akan menyesal deh, kalau kamu mampir di Banjar Jawa Barat namun tak mencicipi makanan rangicok. Rangicok juga bisa loh, kamu jadikan buah tangan untuk orang-orang rumah.Jika kamu tertarik untuk membeli rangicok, kamu bisa mendatangi Produsen Rangicok di National Rte 3 No.100, Purwaharja, Banjar.

5. Sale Pisang
makanan satu ini memang terbuat dari pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Penjemuran yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mengurangi kadar airnya sehingga sale pisang bisa bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama.Sebetulnya, olahan pisang satu ini terdapat beragam pilihan yakni basah ataupun kering. Dimana keduanya memiliki cita rasa yang sangat lezat dan memanjakan lidah. Kudapan pisang yang berbentuk panjang nan pipih ini pula biasanya digoreng kering dengan balutan tepung. Namun hanya pisang jenis tertentu yang bisa diolah sebagai kudapan tradisional asal Banjar ini.

6. Sambal
Rasa pedas yang ditawarkan oleh sambal satu ini mampu membangkitkan selera makan siapa saja. Jadi tak ayal jika banyak sekali pelancong datang, hanya untuk berburu sambal khas Banjar. Bahkan hampir setiap warung atau tempat makan yang ada di wilayah Banjar, menyediakan sambal khas satu ini. Anda pun bisa mendapatkannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

7. Otok Owo
Namun di Kota Banjar sendiri, kudapan ini disebut dengan nama otok owo. Kudapan khas dari Banjar ini terbuat dari tepung terigu, gula, garam, vanili, telur, dan coklat bubuk yang dicampur menjadi satu lalu diuleni hingga bisa dibentuk.Setelah itu, adonan akan digulung hingga lonjong dan didiamkan dalam beberapa menit. Baru kemudian adonan dipotong tipis tipis dan digoreng. Meskipun pembuatannya terbilang cukup mudah, namun camilan khas satu ini memiliki cita rasa yang begitu manis dan renyah. Meski identik dengan rasa coklat, namun otok owo di Banjar pula dikreasikan dengan varian rasa lainnya.

8. Pepes Lubang
Pepes lubang menjadi makanan khas dari Banjar selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Olahan yang berasal dari belut ini sangat menggugah selera, lantaran perpaduan bumbu atau rempah pilihan lalu dikukus sedemikian rupa. Aromanya yang begitu menggugah, ternyata berasal dari daun kemangi serta daun bawang yang dimasukkan di dalam bumbunya.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Banjar yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia