15 Oleh-oleh Khas Kota Banjarbaru yang Populer Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kota Banjarbaru

Oleh-oleh Khas Kota Banjarbaru – Berwisata menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang pengap dan tubuh yang sudah mulai capek adalah alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berupa kuliner ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk disantap sendiri, dipakai sendiri, atau dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Banjarbaru yang Paling Hits

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, Anda yang ketepatan lagi mendapat bonus dari pekerjaan bisa berwisata sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang senang sekali pada kegiatan ini biasanya ialah para perempuan. Meskipun demikian, kaum pria juga banyak pula yang menyukai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadangkala tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya untuk kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Tentu saja, supaya sepulangnya dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Banjarbaru yang Paling Hits

Indonesia mempunyai banyak sekali obyek wisata. Tempat rekreasi itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak digemari oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Kota Banjarbaru.

Di Kota Banjarbaru, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Banjarbaru.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Banjarbaru yang Melegenda

1. Dodol Kandangan
Kalimantan Selatan yang juga termasuk di dalamnya Banjarbaru, memiliki kuliner yang begitu terkenal. Mereka menyebutnya dengan Dodol Kandangan, yang juga merupakan nama salah satu kota di Kalimantan. Dodol Kandangan ini juga begitu mudah untuk Anda temukan di Banjarbaru, tidak hanya di Banjarmasin saja. Dodol memang menjadi salah satu jajanan tradisional yang begitu nikmat dan selalu memberikan inovasi baru di setiap daerah.

2. Ikan Seluang

olahan Ikan Seluangnya yang diburu wisatawan. Ikan seluang sendiri merupakan salah satu ikan yang begitu mudah untuk dijumpai dan ukurannya sangat kecil. Hanya berukuran sekitar 2 sampai 4 inchi, menjadikan ikan satu ini begitu mudah untuk diolah. Di tangan warga Kalimantan Selatan, ikan ini bisa disulap menjadi makanan yang nikmat.Umumnya, ikan seluang akan digoreng hingga kering dan membuat teksturnya menjadi lebih renyah. Rasanya yang gurih menjadikan makanan khas satu ini begitu banyak penggemar.

3. Kue Rangai
Kue tradisional memang tidak pernah gagal untuk memikat siapapun yang merasakannya. Begitu juga ketika Anda menginjakkan kaki di Kalimantan Selatan, Anda akan menemukan kue Rangai yang begitu terkenal. Bahkan seantero Kalimantan Selatan, termasuk Banjarbaru mengenal makanan satu ini. Beberapa juga mengenal makanan ini dengan kue rangi atau sagon. Kue khas satu ini dibuat dari tepung ketan dan ditambahkan dengan beberapa bahan istimewa lainnya.

4. Kuku Macan
Kuku macan adalah camilan selanjutnya yang juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Masuk dalam deretan amplang khas Kalimantan yang terkenal, kuku macan memiliki bentuk yang berbeda. Bentuknya yang mirip dengan kuku macan, menjadikan makanan renyah ini dikenal dengan kuku macan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya diburu oleh wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yang tahan lama dan juga mudah ditemukan.

5. Abon Ikan
Yang membuat abon ikan ini begitu diburu adalah karena ketahanannya. Tanpa menggunakan bahan pengawet, masyarakat hanya mengolahnya dengan cara yang tepat. Sehingga abon ikan bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang, bahkan bertahun tahun. Anda yang berada di luar daerah tentunya tak perlu khawatir memburu oleh-oleh khas Banjarbaru ini. Menemukan abon ikan juga begitu mudah, hanya cukup kunjungi toko oleh-oleh saja.

6. Kue Keminting
Singgah di Kalimantan Selatan, tepatnya di Banjarbaru Anda bisa menjadikan kue keminting sebagai salah satu pilihan. Kue keminting memiliki bentuk bulatan kecil yang mirip dengan kemiri, sesuai namanya dalam bahasa Banjar keminting adalah kemiri.

Teksturnya memang terlihat keras, tetapi begitu Anda gigit tidak seperti yang Anda bayangkan. Justru kue ini lebih renyah dan juga membuat siapapun ketagihan dengan rasanya. Rasanya memang dominan manis, namun tidak berlebihn dan sangat pas di lidah. Untuk mendapatkan kue keminting bukanlah pekara yang sulit, sudah banyak yang menjual makanan satu ini di pusat oleh-oleh. Harganya juga tidak akan membuat kantong Anda jebol.

7. Rabuk Ikan
Rabuk ikan mungkin terdengar asing bukan? Pastinya, rabuk di Banjarmasin digunakan sebagai istilah untuk menyebut abon.Berbeda dari abon biasanya yang hanya terbuat dari daging ayam dan sapi. Di Banjarmasin, abon terbuat dari ikan Haruan. Ikan ini hanya dapat hidup di aliran sungai Barito.

Rasa dan aroma khas yang unik membuat ikan haruan dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat rabuk. Walaupun dikenal sebagai karena beracun.

8. Jangang, Kopiah Khas Banjarmasin
Seperti namanya, kopiah jangang terbuat dari akar pohon jangang yang banayk tumbuh di Banjarmasin. Kopiah ini dulu hanya dikenakan oleh orang-orang alim saja.

9. Batik Sasirangan
Batik Sasirangan merupakan batik khas dari Banjarmasin. Warna cerah yang melekat pada batik ini membuat kain terkesan anggun ketika dikenakan.

10. Intan Permata
Banjarmasin terkenal sebagai penghasil batu permata berkualitas. Bagi penggemar intan permata, Anda wajib mampir ke pasar Intan Martapura.Dari pusat kota Banjarmasin, Anda akan menempuh jarak hingga 45 km untuk tiba di pasar ini.Batu permata di sini dijual dalam dua bentuk. Pertama berbentuk batuan. Sedangkan yang kedua berbentuk produk yang sudah diolah menjadi kalung, gelang, cincin, dan lainnya.

11. Batu Mulia
Di Daerah Banjarbaru Anda bisa dengan mudah menemukan tempat penjual batu mulai ataupun akik yang sangat cocok untuk oleh-oleh. Pengrajin akik atau batu mulia di daerah satu ini memang begitu melimpah. Sehingga Anda bisa dengan leluasa memilih model dan perhiasan yang diinginkan.

Selain dijadikan benda seperti akik, batu mulia Banjarbaru juga bisa disulap menjadi gelang gelang cantik atau perhiasan lainnya. Memberikan kerabat atau sahabat dekat cinderamata ini tentunya akan memberikan kesan tersendiri. Apalagi di Banjarbaru Anda bisa membeli langsung dari pengrajin dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

12. Minyak Kayu Balitung
Minyak yang terbuat dari bahan bahan herbal ini memiliki khasiat untuk menguatkan rambut yang rontok dan tipis. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda menjadikan minyak tradisional ini sebagai buah tangan keluarga. Apalagi minyak satu ini juga dikenal sebagai minyak anti uban.

13. Kaos Daerah
Kaos juga menjadi salah satu cinderamata yang tak dapat diabaikan begitu saja. Kaos dari Banjarbaru memiliki design yang begitu unik dan khas. Seperti gambar tentang daerah tersebut hingga kata kata yang juga identik dengan Banjarbaru. Anda bisa memilih banyak warna hingga desain yang sesuai dengan selera anda. untuk menemukan kaos ini sangat mudah, Anda hanya perlu pusat pusat oleh-oleh yang menyediakan kaos dengan beragam ukuran.

14. Panting
Panting merupakan salah satu souvenir khas Banjarmasin. Berbentuk menyerupai gambus Arab. Terlebih lagi desain yang unik membuat panting tak hanya berfungsi sebagai alat music saja. Namun juga dapat digunakan sebagai hiasan dinding.

15. Miniatur Rumah, Lambang Pelestarian Budaya Banjarmasin
Salah satu usaha pelestariannya ialah dengan membuat souvenir berupa miniature rumah khas Kalimantan Selatan. Miniatur rumah didesain menyerupai rumah adat suku Banjar, seperti: joglo gudang, balai kaki, dan cacak burung.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan khas Kota Banjarbaru yang Terkenal saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia