15 Oleh-oleh Khas Kota Batu yang Paling Hits Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kota Batu

Oleh-oleh Khas Kota Batu – Berliburan menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang pengap serta badan yang sudah mulai letih merupakan alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berupa makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat disantap sendiri, digunakan sendiri, maupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Batu yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, kamu yang kebetulan tengah mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa bertamasya sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membikin suasana hati kembali gembira. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat mengusir kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap aktifitas ini biasanya ialah para perempuan. Walaupun begitu, para lelaki juga banyak juga yang menggilai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang-kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang punya kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang sangat menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya bagi kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Pastinya, supaya habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Batu yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak digemari oleh warga, baik dalam maupun luar negeri ialah Kota Batu.

Di Kota Batu, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Batu.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Batu yang Paling Hits

– Puthu Lanang Celaket
Puthu Lanang sendiri adalah makanan yang mempunyai bahan dasar dari tepung beras, kelapa, serta gula merah. Tujuan pemeberian nama lanang adalah agar bisa membedakan dengan makanan tradisional lain, yakni putu ayu.

– Sari Apel
kota Batu, Malang akan lebih dikenal dengan banyaknya ragam olahan yang terbuat dari apel. Salah satunya adalah sari apel yang menjadi salah satu oleh oleh atau produk unggulan yang ditawarkan di kota Batu, Malang. Untuk jenis oleh-oleh ini, Anda dapat membelinya dalam bentuk sari buah. Sari buah inilah yang bisa Anda dapatkan dari kota Batu, Malang, di mana Anda akan menemukan beberapa pilihan beberapa pilihan jenis apel yang digunakan untuk membuat sari buah ini.

– Madu
madu juga menjadi oleh-oleh khas Malang. Madu murni yang dihasilkan dari hasil peternakan di kota Malang memiliki beragam produk, yaitu royal jelly, bee pollen, cuka madu, madu propolis, botok tawon/tolo tawon, dan sebagainya. Madu bisa kamu beli sebagai oleh-oleh untuk kerabat atau tetangga di rumah.

– Apel
Anda bahkan bisa mendapatkan apel sebagai salah satu oleh-oleh yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di kota ini. Di sini Anda akan menemukan banyak tempat yang akan menawarkan apel sebagai salah satu oleh-oleh utama dari kota Batu, Malang. Ada dua jenis apel yang cukup populer di kota Batu yaitu apel ana dan juga apel manalagi. Untuk masing-masing jenis apel ini sendiri menawarkan bentuk dan rasa yang berbeda-beda. Untuk jenis apel manalagi akan berwarna hijau dan akan menawarkan rasa yang manis dan segar. Sedangkan untuk jenis apel ana, Anda akan menemukan sedikit perbedaan pada bentuknya. Untuk apel jenis ini sendiri bisa
ditemukan dengan mudah di antara beberapa kawasan agro wisata dan juga pasar yang ada di Batu karena kota ini sendiri sebagai salah satu penghasil utama apel.

– Keripik Buah Beraneka Macam
Beberapa buah yang bisa dihasilkan di kota Batu diolah oleh masyarakat sekitar untuk menjadi olahan-olahan yang menarik dan berbeda dari tempat-tempat lainnya. Keripik buah adalah salah satu contoh olahan yang bisa dijadikan oleh oleh.

– Malang Strudel
Strudel adalah kue pastry asal Austria yang dibuat dari adonan utama berupa tepung dan bahan kue lain. Strudel yang berarti “pusaran air” atau “angin topan” dalam bahasa Jerman ini sudah populer di Eropa sejak abad 18.

– Keripik Ceker
Keripik ceker sudah sangat biasa menjadi camilan dan teman untuk berbincang santai. Makanan ini juga menjadi oleh-oleh khas Malang.

Harga dari keripik ceker tergolong mahal karena bahan baku pembuatannya yang susah dicari namun banyak digemari oleh banyak kalangan.

– Pia Mangkok
pia mangkok ini. Salah satu ragam pilihan olahan yang menjadi oleh oleh yang tidak boleh Anda lewatkan dari kota Batu adalah kue pia yang ternyata tidak hanya populer di kota Jogja tetapi juga di kota Batu. Di sini kue pia sendiri memiliki varian yang sedikit berbeda yang disebut dengan pia mangkok. Untuk jenis pia ini sendiri adalah pia yang memiliki bentuk seperti mangkok dan dengan tekstur yang sedikit berbeda.

– Frozen Bakso
Satu lagi jenis oleh-oleh yang cukup berbeda dari tempat lainnya yaitu frozen bakso. Untuk jenis oleh-oleh ini sendiri mungkin terdengar asing bagi beberapa orang meskipun nama bakso sendiri bukanlah nama makanan yang cukup asing di telinga orang Indonesia. Yang berbeda dari bakso ini adalah cita rasa dari bakso khas Malang yang mungkin sudah pernah Anda dengar sebelumnya.

– Carang Mas
Carang Mas dengan bahan dasar apel ini merupakan sebuah bentuk usaha rumahan yang terletak di desa Madirejo, Pujon. Fokus utamanya adalah untuk menyediakan berbagai jenis jajajan dari Malang sehingga jadi oleh-oleh khas Malang.

Carang Mas ini awalnya dibuat oleh Ibu Nazil dan mulai dirintis semenjak akhir tahun 2011. Para pekerjanya hanya berasal dari ibu-ibu rumah tangga dengan jumlah lima orang dan lelaki yang juga hanya berjumlah beberapa saja.

Proses pembuatannya diawali dengan mengupas apel satu demi satu. Kemudian dicampur dengan tepung dan gula. Selanjutnya, adonan tadi digoreng hingga berwarna keemasan.

Proses terakhir berupa mencetak apel tadi dan juga mengemasnya. Untuk proses mengoreng dibutuhkan orang yang sudah ahli agar kematangan sempurna.

– Kaos
Pengunjung wisata juga bisa mendapatkan kaos khas kota Malang yang dinamakan dengan soak ngalam yang berasal dari boso walikan.

Hal ini adalah sebuah bahasa dengan cara membaca terbalik. Harga kaos yang ditawarkan mulai dari Rp55.000 hingga Rp80.000.

Apa yang menjadikan kaos sebagai oleh-oleh khas Malang yang unik terletak pada desain kaosnya. Rata-rata kaos tersebut mempunyai desain berupa tulisan, meskipun tak jarang yang diperindah dengan gambar.

 

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Batu yang Kekinian saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia