10 Oleh-oleh Khas Kota Blitar yang Populer Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kota Blitar

Oleh-oleh Khas Kota Blitar – Berpiknik menjadi kegemaran sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak serta tubuh yang sudah mulai capek adalah alasan paling masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan Anda?

Dalam Berwisata kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berupa kuliner ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dikonsumsi sendiri, dipakai sendiri, atau dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Blitar yang Favorit

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, Anda yang kebetulan lagi mendapat bonus dari pekerjaan bisa bertamasya sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali riang. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali terhadap aktifitas ini biasanya yakni para perempuan. Meski begitu, para pria juga banyak juga yang menyukai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang punya kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, biar sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Blitar yang Terkenal

Indonesia punya banyak sekali tempat rekreasi. Obyek wisata tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri ialah Kota Blitar.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Rembang yang Paling Hits Saat Ini

Di Kota Blitar, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Blitar.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Blitar yang Wajib dibawa Pulang

– Dodol Belimbing Agrowisata Karangsari
Dodol di Blitar ini merupakan produk dari desa wisata yang ada di Kec. Sukorejo Blitar. Desa Karang Sari memang menghasilkan buah belimbing yang kemudian diolah menjadi berbagai makanan mulai dari keripik, sirup, dodol hingga manisan. Dodol berlimbing ini bisa Anda dapatkan di Kawasan Agrowisata Karangsari dengan harga yang cukup terjangkau.

– Opak Gambir
Camilan dengan bahan dasar tepung ketan dicampur santan dan gula tersebut memiliki tekstur garing renyah serta cita rasanya sangat gurih. Biasanya ditambah taburan biji wijen yang semakin menambah napsu kunyah.

Tidak berhenti di situ, kekreatifan orang Blitar masih terus berkembang. Warga kecamatan Garum telah sukses berkreasi membuat opak gambir dengan berbagai varian yang mana sebelumnya hanya memiliki satu rasa yaitu ketan. Camilan satu ini juga termasuk oleh-oleh khas Kediri.

Kini Anda bisa membawa pulang semua jenis varian rasa opak gambir yang sudah tersedia, seperti coklat, bawang, durian, vanila, nangka, hingga jahe. Selain itu, harganya dibandrol berkisar 12 sampai 30 ribu-an saja. Mari serbu camilan oriental ini untuk buah tangan kelurga tercinta di rumah.

– Wajik Kelik
Oleh-oleh khas Blitar yang populer pertama adalah Wajik Kelik, kue tradisional yang telah ada sejak dahulu dan masih bisa ditemukan hingga saat ini. Berbagan dasar beras ketan, gula aren, dan santan kelapa, Wajik Kelik memiliki cita rasa khas yang membuatnya kerap dijadikan buah tangan khas Blitar.

– Peyek Uceng
Peyek merupakan salah satu makanan ringan pendamping selain kerupuk. Biasanya adonan camilan tersebut dicampur kacang tanah, teri dan kedelai. Namun kali ini ada yang berbeda, di Blitar konsumsi renyah ini dibuat dengan menggunakan topping ikan uceng.

Baca Juga:  20 Oleh-oleh Khas Pemalang yang Melegenda Saat Ini

Peyek ini dibuat dengan bahan dasar tepung beras, sagu, daun jeruk, santan dan yang utama adalah uceng. Ikan tersebut termasuk makhluk air tawar berukuran kecil antara 2 sampai 4 cm. Jika sudah digoreng rasanya kriuk serta teksturnya tetap lembut.

Buah tangan khas Blitar tersebut wajib dibawa pulang sebagai pendamping makan atau pun camilan saat di rumah. Makanan ini menjadi ikon oleh-oleh lokal yang populer. Persembahan rasa gurih pada tiap gigitannya dijamin bikin ingin terus mengunyah.

– Kaos Jelajah Blitar
Selain memberikan oleh oleh berupa makanan, Anda juga bisa membeli oleh oleh berupa kaos. Kaos Jelajah Blitar ini merupakan produk asli Blitar yang sangat nyaman dipakai karena berbahan Cotton Combed. Salah satu toko yang menjual kaos kekinian ini adalah Toko Mblitar yang letaknya di Kabupaten Blitar. Tersedia berbagai ukuran Anda bisa menjadikan kaos ini sebagai oleh oleh keluarga di rumah dengan harga mulai Rp. 85 ribuan.

– Beras Cerdas
Ya, Julukan tersebut sebenarnya diberikan untuk produk ini karena adanya penelitian dari Universitas Jember.

Dinamakan cerdas karena di dalamnya terdapat berbagai macam bahan seperti mineral, vitamin, campuran protein susu, jagung dan sebagainya yang baik bagi tubuh. Kandungan gizinya tidaklah berbeda dari beras lainnya, bahkan cenderung sama.

Untuk mendapatkannya pun tidak sulit, Anda bisa mengunjungi outlet-outlet pusat oleh-oleh khas Blitar raya yang sudah banyak tersebar. Harga beras cerdas ini cukup terjangkau dan tidak bikin isi dompet menipis. Harga per-bungkusnya dibandrol dengan 10 ribu rupiah-an saja.

– Geti
Pilihan oleh-oleh khas Blitar favorit selanjutnya adalah camilan olahan kacang yang dikenal dengan nama Geti. Geti sendiri dibuat dari beragam bahan kacang-kacangan yang kemudian dicamur dengan gula merah yang lengket. Rasanya yang renyah, manis, dan juga gurih menjadikan camilan ini cukup diincar oleh para pemburu oleh-oleh khas Blitar.

Baca Juga:  10 Oleh-oleh Khas Kepulauan Aru yang Kekinian Saat Ini

– Teh Hitam Ken Tea
Di Blitar juga memiliki kebun teh yang salah satu produknya adalah teh hitam premium. Kebun teh Sirah Kencong ini ditanam oleh PTPN XII dan berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl. Kualitas teh hitam ini bahkan sudah diakui oleh dunia dengan manfaat yang juga tak kalah banyak. Teh ini sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga untuk teman bersantai atau berbincang. Teh hitam ini juga bisa Anda dapatkan diberbagai toko oleh oleh di Blitar.

– Cokelat Dari Kampung Cokelat
Objek wisata yang cukup terkenal di Blitar, Kampung Cokelat juga memiliki produk yang bisa Anda jadikan oleh oleh. Berbagai olahan cokelat mulai dari bentuk bar hingga yang bubuk bisa Anda dapatkan di sini. Bahkan ada yang di olah menjadi dodol, brownies dan juga mie cokelat. Rasa cokelatnya juga bervariasi mulai original hingga rasa apel dan juga jeruk. Jika ingin mencobanya silahkan datang ke Kampung Cokelat di Kademangan, Blitar.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Blitar yang Favorit saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia