13 Oleh-oleh Khas Kota Kediri yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kota Kediri

Oleh-oleh Khas Kota Kediri – Berpiknik menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang sumpek dan tubuh yang sudah mulai letih yakni alasan sangat logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat disantap sendiri, dipakai sendiri, ataupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Kediri yang Terkenal

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, kamu yang ketepatan sedang mendapat bonus dari pekerjaan bisa berekreasi sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali pada kegiatan ini biasanya adalah para perempuan. Walaupun begitu, kaum lelaki juga banyak pula yang menggilai aktifitas ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadangkala tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sembari belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus buat kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Tentu saja, agar sehabis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Kediri yang Favorit

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Obyek wisata itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak disukai oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri ialah Kota Kediri.

Baca juga: 5 Kafe di Kediri yang Cocok untuk Komunitas

Di Kota Kediri, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Kediri.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Kediri yang Wajib dibawa Pulang

1. Keripik Bekicot Khas Kediri
Keripik berbahan dasar bekicot ini terbilang langka. Namun ketika dicoba, akan memberikan kesan menarik bagi penikmatnya. Rasanya gurih serta bertekstur renyah mampu membuat siapa saja ketagihan.

Anda tidak perlu khawatir, meskipun tergolong aneh, makanan satu ini sudah dijamin aman serta higienis untuk dikonsumsi. Sebelum dimasak bekicot dicuci bersih lalu direbus dalam waktu yang lama untuk menghilangkan berbagai macam bakteri serta mikroba berbahaya.

2. Carang Mas
Camilan enak yang sering dijadikan oleh-oleh Kediri adalah Carang Mas. Makanan ringan tradisional yang terbuat dari ubi jalar ini banyak digemari wisatawan dari berbagai kalangan dan usia. Kudapan dengan perpaduan cita rasa manis dan gurih ini cocok dijadikan teman santai sambil minum teh atau kopi di sore hari. Karena teksturnya yang keras dan renyah serta termasuk jajanan kering, Carang Mas juga mampu bertahan hingga 6 bulan di tempat tertutup.

3. Roti Melinjo
Roti melinjo merupakan salah satu produk unggulan dan khas Kediri. Memiliki sensasi rasa istimewa, yakni renyah dan gurih karena sentuhan melinjo yang menggoda. Terbuat dari bahan alami pilihan kualitas terbaik beserta komposisi terukut dari resep leluhur membuat kuliner ini digemari masyarakat.

Bentuk dan ukurannya mirip bakpia namun rasanya sangat identik. Makanan khas Kediri Pare ini dapat Anda temui di pusat oleh-oleh yang tersebar di Kediri. Harganya cukup terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 21.500 saja sudah bisa membawa pulang roti melinjo sebanyak 1 toples.

4. Coklat Tempe
Coklat Tempe namanya. Seperti namanya, coklat ini terbuat dari tempe yang diiris tipis dan dibalut dengan lumuran coklat. Perpaduan cita rasa unik, manis dan gurih akan bikin perpaduan yang pecah bersamaan di setiap gigitan. Kediri punya produk olahan coklat tempe yang terkenal, yaitu NIKI Coklat Tempe. Untuk mendapatkan kudapan manis ini, Anda bisa menuju ke Desa Sambirejo, Kecamatan Gampengrejo, Kediri. Disini Anda bisa memilih 3 varian ukuran Coklat Tempe, mulai dari kecil, sedang dan jumbo

5. Kerupuk Puli
Kerupuk puli merupakan salah satu makanan tradisional yang digemari masyarakat. Terbuat dari beras berkualitas super dalam keadaan masak kemudian digiling, dijemur lalu dijadikan kerupuk gurih nan nikmat. Biasanya dikonsumsi bersama nasi dan sayur atau dijadikan camilan sembari meminum kopi.

6. Batik Kediri
souvenir khas kediri juga cocok dibawa pulang untuk keluarga di rumah, Batik Kediri. Motif batiknya pun beragam, dengan ciri khasnya yang menonjolkan budaya lokal Kediri. Ada yang bermotif Simpang Lima Gumul, Candi Tegowangi, Candi Adan-Adan, Sekar Jagat, makanan khas Kediri dan berbagai motif lainnya. Selain itu, cara pembuatannya pun beragam, ada yang menggunakan proses tulis hingga cap yang lebih digemari wisatawan muda.

Oleh-oleh Kediri batik yang memiliki harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah ini bisa Anda temukan di Desa Sekoto, Kecamatan Badas, Kota Kediri, tepatnya di sentra industri kecil batik bernama Joglo Suminar Batik Ndeso milik Ibu Suminarwati.

7. Oleh-oleh Kopi Bubuk Brontoseno Khas Kediri
Bagi para pecinta kopi, Anda wajib untuk mencoba Kopi Brontoseno khas Kediri. Minuman instan ini merupakan kopi hitam yang mempunyai aroma cukup menyengat. Namun, cita rasanya sangat nikmat sehingga tak heran jika banyak sekali penggemarnya, baik warga lokal maupun luar daerah.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kediri, sebaiknya membawa kopi satu ini sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Keberadaannya dapat ditemukan di sekitar Jalan Dhoho, berdekatan dengan Alun-Alun Kota.

8. Getuk Pisang Kediri
Getuk Pisang bisa jadi pilihan. Oleh-oleh khas kota Kediri satu ini terbuat dari pisang raja nangka yang dibungkus daun pisang dan dibentuk menyerupai lemper. Memiliki cita rasa manis dan sedikit asam dengan aroma khas pisang bakal bikin sensasi unik yang bercampur di mulut saat Anda memakannya. Getuk Pisang yang umumnya tanpa bahan pengawet ini bisa bertahan sampai 2 hari di suhu ruang dan 5 hari saat menyimpannya di kulkas

9. Sambal Tumpang
Sambal khas Kediri satu ini berbahan dasar tempe yang sudah hampir membusuk. Keberadannya sering dijadikan pendamping nasi pecel. Kuliner satu ini terkenal dengan cita rasa sangat lezat. Perpaduan antara pedas dan gurih membuatnya digemari oleh masyarakat lokal maupun para pelancong.

Keberadannya dapat Anda temukan di sekitar Jalan Dhoho. Biasanya para penjual nasi pecel tumpang saling berjejer untuk berjualan. Namun jika ingin membawanya pulang juga bisa. Kini sambal nikmat tersebut sudah ada dalam bentuk instan. Dibandrol dengan harga terjangkau, yaitu Rp. 20.000 / bungkus.

10. Tahu Takwa Kediri
Kediri terkenal sebagai produsen tahu terbesar di Jawa Timur, tak heran jika banyak oleh-oleh Kediri berbahan dasar tahu. Salah satunya adalah Tahu Takwa. Tahu Kediri yang satu ini berbeda dengan tahu pada umumnya karena berwarna kuning, bertekstur lembut dengan cita rasa gurih yang khas. Tahu Takwa Kediri ini, cocok dimasak dengan metode apapun, mulai dari dicampur dalam sayur lodeh rebusan atau hanya sekedar digoreng saja sudah cukup nikmat. Biasanya Anda akan menemukan Tahu Takwa Kediri ini dalam kemasan besek atau anyaman bambu. Jika tertarik untuk membawanya pulang maka Anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Kediri dengan harga rata-rata Rp2.000 per biji, atau coba saja datang ke toko oleh-oleh yang sudah terkenal sebagai pelopor Tahu Takwa yaitu Tahu Takwa Bah Kacung Cakrawijaya yang berada di Jalan Trunojoyo No. 59 Kota Kediri.

11. Tas Batik Khas Kediri
Jika biasanya cinderamata ini berupa kain ataupun pakaian, maka kini Anda dapat membelinya dalam bentuk lain. Berbagai desain unik serta motif-motif menarik membuat kerajinan tersebut diburu oleh kaum hawa untuk melengkapi koleksi di lemari.

Bila Anda pecinta fashion, maka wajib untuk memilikinya. Tas batik ini dapat dengan mudah ditemui pada toko oleh-oleh yang tersebar di Kota Kediri. Kerajinan ini cocok untuk dijadikan buah tangan ketika tidak ingin membawakan makanan. Harganya cukup variatif, mulai dari Rp. 25.000 hingga ratusan ribu rupiah.

12. Tahu Pong Kediri
Selain Tahu Takwa, oleh-oleh Kediri yang selalu diburu wisatawan adalah Tahu Pong. Meskipun sama-sama berbentuk tahu, penampilan Tahu Pong berbeda dengan Tahu Takwa. Jika Tahu Takwa digoreng, maka bagian dalamnya tetap padat maka pada bagian dalam Tahu Pong akan kopong atau kosong. Tahu Pong memiliki cita rasa gurih dan bakal terasa makin mantap saat disantap bersama sambal petis atau cabe rawit.

13. Stik Tahu Kediri
Tidak hanya dijadikan olahan tahu basah, tahu Kediri juga bisa dijadikan produk kering dalam bentuk Stik Tahu. Oleh-oleh Kediri memiliki cita rasa gurih dan lebih renyah yang cocok dijadikan cemilan dalam perjalanan ataupun teman ngeteh di sore hari bersama teman maupun pasangan. Seperti halnya camilan kering pada umumnya, Stik Tahu Kediri juga bisa bertahan hingga 2-3 bulan di suhu ruangan tertutup. Jika tertarik membawanya pulang, satu kemasan plastik Stik Tahu rata-rata mulai dari Rp15.000 – Rp20.000. Cukup terjangkau bukan? Anda bisa menemukan camilan sehat nan lezat ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kota Kediri.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Kediri yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia