10 Oleh-oleh Khas Kota Lubuklinggau yang Melegenda Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kota Lubuklinggau

Oleh-oleh Khas Kota Lubuklinggau – Berpiknik menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang pengap dan badan yang sudah mulai lelah adalah alasan paling masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berupa kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dipakai sendiri, dipakai sendiri, ataupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Lubuklinggau yang Favorit

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, Anda yang kebetulan sedang mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa berpiknik sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para wanita. Walau begitu, para pria juga banyak yang menyukai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang terkadang tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama buat kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, supaya habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Lubuklinggau yang Populer

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Kota Lubuklinggau.

Di Kota Lubuklinggau, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Lubuklinggau.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Lubuklinggau yang Favorit

1 Ikan Salai
Makanan satu ini menjadi buruan para wisatawan yang datang ke kota ini. Ikan yang diawetkan dengan proses pengasapan ini memang akan membuat lidah siapapun bergoyang. Jenis ikan yang diasap sendiri ada banyak dan mudah ditemukan di kawasan Lubuk Linggau.

Jenis ikan tersebut mulai dari ikan baung, ikan lais, ikan tongkol, ikan gabus juga ikan patin. Ikan yang telah selesai proses pengasapan lebih dari 20 jam akan didiamkan selama satu hari. proses pengawetan ikan ini memang tidak sebentar, sehingga wajar jika rasanya tak menghianati prosesnya. Dan tentunya ikan Salai ini bisa tahan lama sekalipun tujuan Anda jauh.

2 Pecah Seribu
Pecah Seribu merupakan salah satu panganan ringan yang juga bisa Anda buru saat di Lubuklinggau. Dari namanya makanan satu ini memang sudah mengundang rasa penasaran. Pecah Seribu sendiri adalah camilan sejenis kerupuk yang memiliki ukuran kecil dan cekung di tengahnya. Bahan utama untuk membuat pecah seribu adalah ikan tenggiri.

3 Burgo
Burgo merupakan makanan tradisional yang hingga kini masih hits. Baik di kalangan masyarakat maupun di kalangan wisatawan yang datang ke Lubuklinggau. Panganan ini dibuat dari tepung sagu dan juga tepung beras. Dengan tekstur kenyal yang mirip dengan pempek.

Soal rasa Anda tak perlu khawatir, Burgo memiliki rasa yang lezat. Dengan tambahan rasa asam dari saus yang ditambahkan. Perpaduan rasa gurih dan asam ini dari sausnya akan membuat Anda ketagihan. Makanan satu ini tidak hanya nikmat dimakan langsung di tempat. Anda juga bisa menjadikannya sebagai buah tangan yang sudah dikemas lengkap dengan sausnya.

4 Kerupuk Kemplang Bakar
Kemplang Bakar. Nama makanan ini diambil dari cara pengolahannya, dimana kerupuk akan lebih dahulu di pukul pukul atau dikemplang. Hingga akhirnya kerupuk memiliki bentuk pipih dan siap untuk diproses selanjutnya. Kerupuk satu ini digoreng tanpa minyak goreng.

5 Stik Lubuklinggau
Anda juga bisa berburu oleh-oleh berupa stik ketika sedang liburan di kota ini. Makanan ringan satu ini menjadi salah satu buruan wisatawan untuk dijadikan buah tangan. Bentuknya memanjang dengan tekstur renyah, akan membuat siapapun yang menikmatinya ketagihan. Untuk rasanya sendiri cenderung lebih gurih yang membuatnya pas jadi teman perjalanan.

6 Segarurung
Segarurung merupakan makanan khas Talang Ubi yang cukup populer dan banyak dibawa untuk oleh – oleh. Segarurung adalah makanan berbahan dasar ikan yang sangat menggugah selera.

Tahap pertama proses membuat segarurung adalah ikan dikeringkan dengan cara diasapkan menggunakan kayu bakar. Namun, sebelum dikeringkan segarurung terlebih dahulu dilumuri bumbu khas PALI yakni bumbu – bumbu dapur, bawang, cabai dan asam jawa yang semuanya telah dihaluskan.

7 Asam Paya
Buah ini banyak tumbuh di pedalaman hutan Penukal Abab Lematang Ilir. Sekilas buah ini nampak seperti buah salak. Namun, buah ini berwarna kuning gading dan memiliki kulit bersisik yang tekturnya keras.

Buah ini memiliiki rasa yang sangat asam dan konon bisa membuat lidah terasa kelu. Di daerah asalnya, buah ini biasa digunakan untuk manisan, campuran sop, dan campuran makanan khas Talang Ubi.

8 Pede Patin
Pede yang bisa dibuat dari ikan Patin. Selain itu, pede juga bisa dibuat dari ikan lainnya seperti ikan gabus dan ikan air tawar lainnya.

Namun, apa itu Pede? Pede yaitu ikan yang sudah difermentasikan selama beberapa hari dan kemudian dimasak kering bersama dengan bumbu – bumbu. Serpihan ikan pede yang telah ditumis lebih dominan dnegan rasa asam.

9 Dodol Nanas
Dodol nanas saat ini masih dalam proses penetapan sebagai makanan khas Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan buah tangan khas daerah tersebut. Oleh sebab itu, para pelaku UKM dan dinas terkait masih berusaha mewujudkan langkah ini. Meskipun dodol nanas telah sering dijumpai, tentunya dodol nanas dari Penukal Abab Lematang Ilir ini memiliki ciri khas tersendiri.

10 Dodol Biji Karet
Makanan khas Talang Ubi ini bernama Dodo Biji Karet. Memang beberapa dari Anda masih asing dan susah membayangkan rasanya.

Tetapi, dijamin makanan ini akan membuat lidah Anda tak berhenti mengecap. Awalnya, biji karet dianggap sebagai limbang yang tidak berguna namun karena kreativitas ibu – ibu di daerah Jerambah Besi kini biji karet memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Proses pembuatannya adalah biji karet yang masih mentah diolah pada tahap pertama untuk menghilangkan racun – racun di dalamna. Proses penghilangan racun ini dengan cara direbus dan direndam selama 3 hari.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Lubuklinggau yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia