10 Oleh-oleh Khas Kota Madiun yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kota Madiun

Oleh-oleh Khas Kota Madiun – Berliburan menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Memberi kesegaran kembali pikiran yang sesak serta badan yang sudah mulai capek merupakan alasan paling logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan Anda?

Dalam Berpiknik kurang afdol jika tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa kuliner ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dikonsumsi sendiri, digunakan sendiri, maupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Madiun yang Favorit

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, Anda yang ketepatan tengah mendapat bonus dari tugas bisa bertamasya sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali terhadap kegiatan ini biasanya adalah para wanita. Walau begitu, para lelaki juga banyak yang menyukai aktifitas ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadang tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang memiliki kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama buat kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, agar sehabis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Madiun yang Paling Hits

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak disukai oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri adalah Kota Madiun.

Di Kota Madiun, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Madiun.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Madiun yang Terkenal

– Bluder Cokro
Makanan khas Madiun bluder sangatlah populer dan sering dijadikan oleh-oleh khas Madiun. Bluder cokro ini didirikan oleh Nyonya Susana sejak 19 Agustus 1889. Pada awalnya Nyonya Susana mendapat resepnya dari orang Belanda dan dibuat hanya untuk dibagikan ke saudara dan kerabat hingga akhirnya berkembang sampai saat ini. Bluder cokro ini memiliki 14 varian rasa antara lain kismis, coklat, keju, original, mix match, kacang, fruty tam, abon, smooked beef, nutela, selai nanas, strawberry, dan blueberry. Rasa yang manis dan tekstur bluder cokro yang lembut membuat roti ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh berbagai kalangan usia, selain itu bluder cokro juga hanya tahan hingga 6 hari karna didibuat masih dengan cara tradisional dan tanpa pengawet jadi lebih enak dan menyehtkan.

– Madumongso
Madumongso ini dibuat dari bahan dasar ketan hitam yang diolah hingga menjadi tape melalui proses fermentasi. Setelah itu, dimasak dicampur dengan gula dan santan hingga menyerupai dodol. Pengemasanya pun unik, biasanya madumongso dibungkus dengan kertas minyak warna-warni ada yang berbentuk bulat dan ada yang berbentuk lonjong seperti dodol. Jajanan madumongso ini rasanya manis sedikit asam dan saangat nagih saat kamu selesai memakannya. Jika kamu ingin mencari madumongso untuk dijadikan oleh-oleh tidak akan sulit, karena di pusat-pusat oleh-oleh di Madiun banyak menjual jajanan khas yang satu ini.

– Brem Madiun
Brem bisa dengan mudah kamu temukan di toko oleh-oleh khas Madiun, terminal, maupun stasiun. Sejak dahulu hingga kini, Brem masih menjadi oleh-oleh favorit dan paling banyak dikenal masyarakat di Indonesia. Rasanya tak lengkap jika tidak membawa Brem Madiun.

– Kue Semprong
Makanan ringan khas Madiun ini terbuat dari campuran tepung tapioka, gula merah atau gula jawa, dan juga kelapa yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan sajian makanan ringan bernama kue semprong. Kue ini bisa bertahan hingga 8 bulan bila dikemas dalam tempat yang tertutup rapi dan tidak berjamur. Rasanya gurih dan renyah mirip dengan eggroll. Kue semprong ini pas kamu jadikan oleh oleh setelah berkunjung ke Madiun.

– Lempeng Puli
Lempeng Puli atau dikenal juga dengan Kerupuk Puli merupakan salah satu oleh-oleh khas Madiun yang bahan dasarnya terbuat dari nasi yang digepengkan, kemudian dijemur hingga kering. Lempeng Puli sangat renyah dan mudah pecah. Selain itu akan cepat tumbuh jamur jika tidak segera digoreng.

– Nasi Pecel Madiun
Makanan khas Madiun nasi pecel ini merupakan satu dari sekian banyak sajian khas Madiun yang populer. Hampir setiap kota di Jawa Timur mmpunyai varian pecel yang sesuai dengan daerahnya masing-masing. Namun, pecel di Madiun agak berbeda dari daerah ain karena adanya Kembang Turi dan Lempeng. Di daerah lain biasanya menggunakan rempeyek untuk kerupuknya. Untuk penyajiannya biasanya menggunakan pincuk serta dinikmati dengan lauk tambahan seperti empal dan jerohan.

– Lento
Bahan dasar Lento adalah singkong yang diserut kasar, kemudian dicampukan dengan tempe yang sudah basi, cabai rawit, cabai keriting, bawang merah, bawang putih, garam, lengkuas, tepung terigu, dan daun jeruk.

Lento dihidangkan dalam bentuk bulat yang sudah digoreng. Rasanya pedas dan lezat. Teksturnya renyah di luar, dan empuk didalam. Makanan ini juga biasanya disandingkan dengan Nasi Pecel khas Madiun. Tak hanya itu, Lento juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

– Sate Ayam Ngepos
Sate ayam ngepos merupakan kawasan di kota Madiun yang banyak warung-warung berjualan sate. Rasanya pun hampir mirip-mirip. Disini tersedia beberapa pilihan sate yaitu sate kulit,jerohan, atau daging. Sate ayam ngepos ini bisa jadi salah satu pilihan kuliner saat kamu berkunjung ke Madiun.

– Kue Satu
Kue Satu namanya. Terbuat dari kacang hijau dan gula pasir,Kue Satu memiliki cita rasa manis yang unik. Ketika kamu menggigitnya, maka akan cepat lumer di mulut. Teksturnya yang seperti tepung padat membuat kue ini banyak digemari dari berbagai kalangan.

– Nasi Jotos
Nasi jotos atau sego jotos ini kuliner khas Madiun yang tidak akan membuat kamu babak belur. Jotos disini hanya nama saja karena tampilan dari nasi jotos atau sego jotos ini mirip dengan kepalan tangan. Sekedar informasi, jotos dalam bahasa Jawa mempunyai arti pukul.

– Mimosa Lemon
minuman khas madiun Mimosa Lemon namanya. Terbuat dari sari lemon asli, Mimosa Lemon sebenarnya adalah sirup legendaris yang banyak disukai. Rasanya yang manis dan asam bercampur dengan segarnya lemon, sangat sayang jika dilewatkan.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Madiun yang Paling Hits saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia