20 Oleh-oleh Khas Kota Pasuruan yang Kekinian Saat Ini

Oleh-oleh Khas Kota Pasuruan

Oleh-oleh Khas Kota Pasuruan – Bertamasya menjadi kegeraman sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang sumpek serta badan yang sudah mulai lelah ialah alasan paling masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol jika tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berupa kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat disantap sendiri, dipakai sendiri, maupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Pasuruan yang Kekinian

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, Anda yang ketepatan lagi mendapat bonus dari pekerjaan bisa berekreasi sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada aktifitas ini biasanya yakni para perempuan. Meskipun demikian, para lelaki juga banyak yang menggilai aktifitas ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadangkala tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sembari belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang punya kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama bagi kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, supaya setelah pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Pasuruan yang Terkenal

Indonesia punya banyak sekali tempat rekreasi. Tempat wisata itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri ialah Kota Pasuruan.

Di Kota Pasuruan, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Pasuruan.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Pasuruan yang Populer

1. Sirup Pokak
Sirup Pokak mungkin terdengar asing, namun minuman satu ini merupakan oleh oleh khas Pasuruan yang akan sangat disayangkan jika tidak dicoba. Sirup pokak dengan merek Bu Endang ini terbuat dari rempah rempah mulai dari merica, cengkih, bunga pala, cabai, serai, kapulaga, keningar, serta jahe dengan tambahan gula pasir dan gula jawa.

Minuman tersebut memiliki khasiat untuk menghangatkan badan serta meredakan perut kembung. Dengan resep puluhan tahun, sirup pokak memiliki cita rasa yang begitu khas.

2. Kerajinan Limbah Daun Kelapa
Kerajinan khas Pasuruan satu ini terbuat dari limbah mancung kelapa dan palem yang banyak berserakan dan tidak terpakai. Limbah tersebut kemudian disulap menjadi lampu hias yang begitu cantik dan menarik. Mancung kelapa dan palem ini sebelum menjadi kerajinan yang unik, sebelumnya harus dipanaskan terlebih dahulu baru dibentuk sesuai dengan kebutuhan.

3. Klepon Gempol
Klepon khas kota Pasuruan ini cukup berbeda dari klepon biasa di pasar tradisional. Karena klepon termasuk dalam kue basah, maka taburan yang semula dari kelapa parut diganti dengan keju parut. Selain karena memiliki waktu lebih lama sebelum basi, keju juga memberikan cita rasa tersendiri pada klepon. Akan tetapi, meskipun diganti dengan keju, klepon Gempol juga tidak bertahan terlalu lama.

4. Bipang Jangkar
Hanya terbuat dari beras ketan dan diolah dengan resep warisan membuat Bipang Jangkar berkembang dan bertahan hingga saat ini. Pilihan produknya pun tersedia dalam beragam rasa. Untuk bisa mendapatkan cita rasa lezatnya Bipang Jang

5. Permen Jahe
Permen bercita rasa pedas khas jahe ini ternyata produk asli Pasuruan lho. Kemasan kertas yang membungkus permenpun menjadi ciri khas permen jahe Pasuruan itu.

6. Kopi Bubuk Kaspandi
Indonesia memang dikenal memiliki hasil kopi dengan cita rasa yang begitu nikmat, sebut saja kopi arabika dan robusta. Masalah kopi, Pasuruan juga mempunyai kopi khas tersendiri yang diberi nama Kopi Kaspandi atau biasa dikenal dengan nama kopi Sepoor (Kereta Api). Bahkan kopi tersebut selalu konsisten menjaga rasa dan aroma yang khas selama 75 tahun.

Maka tidak mengherankan jika kopi robusta ini menjadi incaran para wisatawan, saat mereka berkunjung ke Pasuruan. Kebanyakan pecinta kopi akan berbondong bondong membeli hanya untuk mencicipi cita rasa kopi yang begitu khas. Ada berbagai pilihan kemasan yang bisa dipilih oleh pembeli, seperti kopi dalam kemasan 250 gram bisa dibeli mulai harga Rp 21 ribu saja.

7. Roti Matahari
Roti satu ini tentu saja berbeda dengan roti-roti lain yang ada di pasaran. Roti ini bercita rasa khas dengan resep turun temurun yang terjaga keasliannya sampai sekarang.

8. Ikan Lempuk Krispi
Salah satu potensi lokal adalah ikan lempuk. Ikan lempuk didapatkan dari danau Ranu di Granti, Kabupaten Pasuruan. Ikan ini kemudian diolah menjadi oleh-oleh khas Pasuruan yaitu ikan lempuk krispi.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Pasuruan yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia