10 Oleh-oleh Khas Kota Pematangsiantar yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kota Pematangsiantar

Oleh-oleh Khas Kota Pematangsiantar – Berliburan menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak dan badan yang sudah mulai letih adalah alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan Anda?

Dalam Bertamasya kurang afdol jika tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berupa makanan ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dipakai sendiri, dipakai sendiri, atau diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Pematangsiantar yang Kekinian

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, Anda yang ketepatan sedang mendapatkan bonus dari pekerjaan bisa berwisata sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali gembira. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para wanita. Walaupun begitu, kaum pria juga banyak pula yang menggilai aktifitas ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sambil belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya buat kaum perempuan. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, agar setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Pematangsiantar yang Favorit

Indonesia mempunyai banyak sekali obyek wisata. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak digemari oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri ialah Kota Pematangsiantar.

Di Kota Pematangsiantar, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Pematangsiantar.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Pematangsiantar yang Melegenda

1. Roti Ganda
Ganda merupakan nama tokoh roti yang ada di Jalan Sutomo di pusat Kota Pematang Siantar. Namun, orang-orang yang membeli roti ini akrab menyebutnya sebagai roti ganda. Tokoh roti ini berdiri sejak 1979. Roti ganda sudah jadi oleh-oleh khas Siantar.

Roti ganda banyak diincar pembeli adalah yang pakai srikaya, kemudian olesan cream dengan taburan seres cokelat padat. Harga roti ini berkisar dari Rp10.000 sampai 40.000, tergantung ukuran.

2. Kopi Kafe Kok Tong

Kafe Kok Tong Siantar terletak di Jalan Cipto, Kota Pematang Siantar. Kafe bernuansa klasik ini menyajikan kopi robusta dari Simalungun. Kopi hitam dan kopi susu andalan kafe ini. Kafe Kok Tong mengolah kopi dengan cara manual, sehingga aromanya khas tidak berampas

3. Mie Gomak
Mie gomak Siantar menjadi kuliner legendaris di Pematang Siantar. Bahan dasarnya mie lidi dengan racikan rempah-rempah dan bumbu andaliman khas Batak. Gomak berasal dari bahasa Batak yang artinya genggam. Tapi, penyajian mie ini tidak digenggam langsung. Warga menjuluki mie gomak sebagai spaghettinya Batak.

4. Ting Ting Teng Teng
makanan ini juga jenisnya macem-macem walaupun berbahan dasar yang sama. Makanan ini dibuat dari kacang tanah yang ditumbuk sampai hampir halus lalu dicampur dengan gula cair (karamel) sampe teksturnya padat dan bisa dibentuk atau dipotong.

Untuk memperbanyak pilihan, sebagian ada yang ditaburin wijen. Ada yang digigit langsung gembur, ada juga yang keras dan renyah. Mungkin tergantung campuran dalam adonannya. Dari berbagai macam jenis tersebut maka diberi nama yang berbeda pula. Ada ting ting, teng teng, pang pang, ping ping dan ak am.

5. Bolu Meranti
Bolu Meranti merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Selain terkenal dengan rasa yang enak, kue ini juga memiliki banyak varian rasa mulai dari keju, blueberry, cokelat, stroberi, nanas, moka, dan kacang.

6. Manisan Jambu Aguan
Jambu biji yang besar ternyata bisa diolah menjadi manisan yang segar, renyah, dan nikmat. Rasanya semakin nikmat dengan tambahan sambal rujak. Bila kamu penyuka manisan, jangan lupa mencicipi manisan jambu biji khas Medan satu ini.

7. Teri Medan
Bagi yang ingin mencari kuliner atau oleh-oleh dengan rasa asin, ikan teri bisa menjadi alternatif yang tepat. Ikan teri yang menjadi makanan favorit masyarakat lokal ini bisa kamu dapatkan di seluruh pasar tradisional di sini, salah satunya Pasar Sentral yang menjadi pusat pedagang ikan teri. Ada pun produk yang dijual di tiap kios adalah jenis ikan teri tauge Medan dan ikan teri nasi Medan.

8. Kacang Sihobuk
Kacang Sihobuk adalah kacang tanah yang dimasak dengan pasir (sangrai) dalam kuali besar hingga garing secara merata. Kalau kamu melintasi jalan lintas Sumatra di kawasan Silangkitang, kamu bisa menjumpai banyak kios penjual kacang ini berjejer di pinggir jalan. Tapi kini kamu tak perlu jauh-jauh mencarinya, karena kacang ini bisa kamu temui di berbagai gerai pusat oleh-oleh dalam berbagai varian kemasan.

9. Kopi Sidikalang
Kopi Sidikalang merupakan kopi kebanggaan masyarakat Sumatra Utara yang sudah termahsyur hingga ke luar negeri. Sidikalang adalah wilayah pegunungan yang memiliki tanah subur, suhu udara yang sejuk, dan curah hujan yang cukup, hingga dapat menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik.

10.Lemang
Makanan tradisional ini berbahan dasar beras ketan yang dicampur santan dan digulung menggunakan daun pisang. Makanan ini pun dimasak secara unik, yaitu dimasukkan ke ruas bambu dan dibakar di atas bara api. Setelah matang dan dapat disantap, ketan tersebut terasa sangat pulen dan gurih, serta memiliki aroma yang khas

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Pematangsiantar yang Kekinian saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia