12 Oleh-oleh Khas Kota Samarinda yang Paling Hits Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kota Samarinda

Oleh-oleh Khas Kota Samarinda – Bertamasya menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang pengap dan badan yang sudah mulai letih yakni alasan paling masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan kamu?

Dalam Berwisata kurang afdol kalau tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berbentuk kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dipakai sendiri, dipakai sendiri, ataupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Samarinda yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, Anda yang kebetulan sedang memperoleh bonus dari tugas bisa berpiknik sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap aktifitas ini biasanya ialah para wanita. Meski begitu, para lelaki juga banyak yang menyukai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadangkala tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sambil belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama bagi kaum perempuan. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Tentu saja, biar sepulangnya dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kota Samarinda yang Terkenal

Indonesia memiliki banyak sekali obyek wisata. Tempat wisata tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak digemari oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Kota Samarinda.

Di Kota Samarinda, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kota Samarinda.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Samarinda yang Paling Hits

1. Bolu Gulung Durian

Sajian yang satu ini agak mudah basi, hanya bisa dikonsumsi sekitar 4 hari saja. Jadi jika ingin membawa sebagai oleh-oleh harus perhatikan kondisi dan situasi agar saat makan nanti masih enak dan layak konsumsi. Sesuai dengan namanya, tentu saja bolu ini terbuat dari buah durian. Rasanya yang lembut dan basah membuat lidah tak berhenti bergoyang. Ada banyak toping yang bisa Anda pilih sesuai selera. Biasanya ada pilihan toping coklat atau keju yang membuat bolu ini menjadi lebih nikmat.

2. Abon Ikan Haruan

Ikan haruan disebut juga dengan nama ikan gabus. Jenis ikan ini sangat banyak di Samarinda sehingga sering dijadikan beragam olahan. Salah satunya dengan abon ini, jadi sangat khas dan pas sekali jika membawa pulang abon ini. Abon ikan haruan ini cocok untuk lauk atau bisa juga dijadikan isian olahan kue seperti lemper atau pastel. Rasanya yang gurih dan manis membuat abon ini banyak digemari. Ikan juga memiliki kandungan vitamin, mineral dan protein sehat sehingga aman dikonsumsi jangka panjang.

3. Amplang

Belum lengkap pulang dari Bontang, kalau belum bawa Amplang. Amplang menjadi salah satu oleh-oleh khas Bontang yang digemari para wisatawan lokal maupun mancanegara. Amplang sendiri merupakan sejenis kerupuk yang terbuat dari campuran ikan tenggiri atau gabus dengan tepung serta aneka bahan lainnya.

4. Lempok Durian

Lempok adalah makanan khas dari Indonesia yang bahannya berasal dari durian. Jumlah produksi yang begitu melimpah pada saat panen di Kalimantan, menjadikan warga berpikir keras supaya durian dapat diolah menjadi inovasi yang lainnya. Maka dari itu terciptalah produk inovasi kreatif dari pembuat kuliner daerah dengan bentuk lempok atau yang biasa disebut dodol.

5. Gula Gait
Gula gait merupakan salah satu permen khas zaman dulu khususnya di daerah Kalimantan yang masih eksis dan keberadaannya dicari sebagai buah tangan. Sekilas tampilannya memang seperti kayu, namun jangan salah, karena gula gait memiliki warna coklat keemasan.

6. Keminting

Keminting merupakan makanan berbahan dasar tepung kanji, tepung terigu dan gula Jawa. Kue ini berbentuk menyerupai kemiri yang kecil dan bulat. Teksturnya agak keras ketika digigit di lidah. Rasa yang manis dan enak menyatu bersama renyahnya kue keminting ini. Jika mencoba makan sekali rasanya akan kurang.

7. Kain songket

songket, yakni kain yang ditenun dengan benang emas dan perak. Di Balikpapan, songket bisa ditemukan dengan mudah mulai dari yang berbentuk kain meteran hingga yang sudah dibuat menjadi sarung atau penutup kepala. Warna-warnanya begitu cerah dan sangat menarik perhatian saat digunakan.

8. Tas Manik

Keberdaan tas manik ini juga sebagian ada yang dijual ke luar negri sebagai komoditi ekspor yang menguntungkan bagi negara. Tentu ini juga bisa menjadi ide menarik bagi Anda yang ingin mencoba membuat bisnis. Tidak harus produksi, Anda bisa menjualnya dari produksi ini.

9. Batu Permata

Batu permata yang ada di Kalimantan ini juga cukup unik dan menarik. Penuh dengan warna yang bagus dan alami. Batu permata di Balikpapan ini lebih murah jika dibandingkan dengan batu permata yang ada di luar Kalimantan. Dapat dikatakan, batu ini adalah produk unggulan dari Balikpapan.

10. Kaos

nilah salah satu ciri dari wilayah nusantara ini. Selalu saja update dan tidak ketinggalan zaman. Seperti yang sudah kita tahu bahwa bahan kaos ini baru ada di Indonesia tahun 70an. Sejak produksi tahun 1913 bahan kaos terus saja mengalami perkembangan dan perubahan. Dari tahun ke tahun bahan kaos makin menunjukkan hasil yang memuaskan. Mulai dari produksi murah hingga produksi dengan kualitas premium. Semua tentu saja disesuaikan dengan bahan dan harga.

11. Olahan Salak

ternyata Kalimantan juga dapat menghasilkan salak yang cukup banyak. Kemudian hasil panen tersebut diolah menjadi beragam menu yang cukup menggoda. Sebut saja cake salak, keripik salak, sambal salak, manisan salak dan brownis salak.

12. Peyek Kepiting

rempeyek kepiting ini mirip dengan kerupuk iris. Hanya saja, bahan dan bumbu sama dengan rempeyek pada umumnya. Inilah yang membuat rasa rempeyek kepiting menjadi incaran para turis.

Hampir semua orang akan menyukai jenis rempeyek yang satu ini. Karena meski terbuat dari kepiting namun rasanya tidak amis sehingga tetap bikin ketagihan.

 

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kota Samarinda yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia