20 Oleh-oleh Khas Kotawaringin Timur yang Populer Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kotawaringin Timur

Oleh-oleh Khas Kotawaringin Timur – Berwisata menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah kamu. Memberi kesegaran kembali pikiran yang sumpek dan tubuh yang sudah mulai capek merupakan alasan sangat logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan kamu?

Dalam Berpiknik kurang afdol bila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dikonsumsi sendiri, dipakai sendiri, maupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kotawaringin Timur yang Populer

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, Anda yang ketepatan sedang mendapat bonus dari tugas bisa bertamasya sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali gembira. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap kegiatan ini biasanya ialah para wanita. Meski begitu, para lelaki juga banyak pula yang menggilai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sambil belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang punya kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang sangat mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama buat kaum perempuan. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Tentu saja, biar sehabis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kotawaringin Timur yang Kekinian

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri ialah Kotawaringin Timur.

Di Kotawaringin Timur, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kotawaringin Timur.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kotawaringin Timur yang Paling Hits

– Lemang

Lemang bisa dibilang mirip seperti lontong dan ketupat, yang terbuat dari beras ketan. Yang membuat lemang berbeda dari yang lainnya adalah cara pembuatannya, di mana lemang akan dimasak di dalam seruas bambu. Sebelum dimasak di dalam seruas bambu, terlebih dahulu beras ketan akan digulung dengan daun pisang, sehingga akan menciptakan aroma yang khas dan rasa yang unik.

– Lemper Ikan

Tak jauh berbeda dengan lemper pada umumnya. Hanya saja lemper khas Kalimantan Tengah dan Kotawaringin Timur ini diisi dengan abon ikan, yang pada umumnya menggunakan olahan ikan jelawat.

– Cincin dan Gelang Rotan

toko pernak-pernik yang menjual cincin atau gelang dari rotan. Meskipun hanya terbuat dari rotan, namun pernak-pernik tersebut memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Jadi sangat layak jika dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau orang tercinta.

– Ikan Baung

Olahan Ikan Baung ini mempunyai daging yang sangat tebal dan duri yang berjajar rapi. Umumnya, masakan satu ini memiliki bumbu kental dan terserap pada dagingnya. Terlebih lagi pada bagian kepalanya juga menyimpan potongan daging lembut yang dapat Anda nikmati. Kudapan satu ini juga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah ini.

– Kue Cincin

Kue satu ini terkenal dengan cita rasanya yang sangat manis. Hal ini dikarenakan jajanan ini berbahan dasar gula merah. Yang mana gula tersebut diolah sedemikian rupa hingga renyah dan dapat dengan mudah untuk dimakan. Tertarik untuk mencoba makanan ini, maka Anda dapat berkunjung di pasar tradisional atau beberapa kios penjual oleh-oleh khas dari Pangkalan Bun.

– Ikan Jelawat

Bagi Anda yang menyukai sebuah olahan kudapan ikan, maka wajib untuk menyempatkan mencoba masakan Ikan Jelawat. Umumnya, jenis ikan satu ini merupakan spesies yang hanya dapat dijumpai di perairan Kalimantan dan Semenanjung Malaya. Hal inilah yang menjadikan alasan bahwa Anda tidak dapat untuk melewatkan olahan masakan ikan satu ini. Terlebih lagi dengan dagingnya yang sangat tebal dan gurih.

– Kocok Korok

Kocok Korok merupakan makanan khas Katingan yang juga bisa dijadikan oleh-oleh. Makanan khas ini terbuat dari berbagai jenis sayuran yang bisa ditemukan di hutan Kalimantan yang diolah dengan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan jahe.

– Ikan Kering Telang

Ikan kering telang akan mudah dijumpai di katingan pada musim melaut. Ikan kering yang memiliki cita rasa enak ini telah sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan atau pejabat-pejabat daerah yang berkunjung ke Katingan.

– Wadai Bingka
Wadai Bingka merupakan kue basah khas Kalimatan yang cukup populer di Katingan, terutaman di bulan Ramadhan. Kue bingka yang dijual memiliki beberapa varian macam rasa seperti rasa kentang, tape, dan nangka.

– Keripik Ikan Seluang

Ikan Seluang sendiri merupakan hasil dari kekayaan potensi budidaya ikan air tawar di Kalimantan Tengah. Berbagai macam olahan makanan di Palangkaraya pun banyak menggunakan ikan seluang. Bentuk ikannya yang kecil namun cukup berdaging membuat ikan ini memiliki citarasa khasnya yang tersendiri. Ikan seluang biasanya diolah dengan cara digoreng lalu dinikmati bersama colekan sambal.

– Keripik Kelakai

Kelakai berbentuk seperti tanaman ganggang dan kerap dijumpai di wilayah hutan yang berawa-rawa. Kelakai dipercaya dapat menambah darah, menyembuhkan diare, bahkan membuat awet muda.

– Tahu Bakso Ijjo

Jenis makanan ringan ini banyak direkomendasikan wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Tahu Bakso Ijjo sebenarnya merupakan nama sebuah warung bakso di Palangkaraya. Namun, produk seperti tahu bakso dan lumpianya terkenal enak. Maka dari itulah, banyak wisatawan yang akan menyempatkan diri untuk membeli tahu bakso di sini. Tahu Bakso Ijjo terdiri dari 2 varian, yaitu sapi dan ayam.

– Topi Unik

Topi Kulit Kayu khas Palangkaraya terbuat dari jenis kayu nyamung. Kayu ini dipercaya kuat sekaligus tahan air. Sehingga Topi Kulit Kayu cocok sekali digunakan saat musim hujan. Bentuk topinya seperti topi cowboy yang juga dilengkapi dengan tali agar tidak mudah lepas saat dipakai

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kotawaringin Timur yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia