7 Oleh-oleh Khas Kuningan yang Populer Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kuningan

Oleh-oleh Khas Kuningan – Berliburan menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang pengap serta tubuh yang sudah mulai letih adalah alasan sangat logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesukaan Anda?

Dalam Bertamasya kurang afdol bila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berupa kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat disantap sendiri, digunakan sendiri, maupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kuningan yang Terkenal

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, Anda yang ketepatan lagi mendapatkan bonus dari tugas bisa berliburan sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membikin suasana hati kembali gembira. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang suka sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para wanita. Walau begitu, kaum lelaki juga banyak pula yang menggilai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang terkadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sambil belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama buat kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, supaya habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kuningan yang Favorit

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri adalah Kuningan.

Di Kuningan, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kuningan.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kuningan yang Wajib dibawa Pulang

– Leupeut
Berbahan dasar beras ketan yang diolah dengan santan serta diisi kacang di dalamnya. Dimasak dengan cara direbus setelah adonan dibungkus menggunakan daun kelapa muda atau janur. Sehingga menciptakan rasa yang gurih, tekstur kenyal dan aroma khas yang menggugah selera.

– Opak Bakar
Opak ini dibuat dari bahan dasar beras ketan dan kelapa yang diproses dengan cara dipanggang. Renyah sekali saat digigit sebab opak ini di iris kecil dan tipis, cocok sebagai cemilan sehat Anda.

Ada satu desa produsen opak di Kuningan. Desa tersebut bernama Mandirancan yang aktif memproduksi opak untuk didistribusikan ke pusat oleh-oleh khas Kuningan. Cemilan ini bisa Anda jadikan teman ngopi di pagi hari.

– Jeniper
Juniper adalah singkatan dari Jeruk Nipis Peras. Minuman ini berupa sirup yang dibuat dari sari perasan jeruk nipis dan ditambahkan gula sebagai bahan pelengkap. Sirup Jeniper ini memiliki rasa yang unik dengan manis dan kesegaran asam dari jeruk nipisnya.

Kemasannya menggunakan botol kaca dengan desain yang modern, ditambah warna hijau mencolok yang melambangkan jeruk nipis. Beberapa botol Jeniper dibungkus dalam kardus dengan rapi dan aman. Kemasan seperti ini cocok sekali untuk Anda bawa sebagai oleh-oleh karena aman dari tumpahan dan kerusakan minuman saat perjalanan pulang.

– Kopi Luwak Linggarjati
Keistimewaan dari Kopi Luwak Linggarjati ini tidak mengandung kafein sehingga dapat dikonsumsi kapan saja termasuk pada saat perut kosong. Kopi khas Kabupaten Kuningan ini ada beberapa varian antara lain arabika original, luwak tanpa luwak, atau hasil inovasi produsen yaitu rasa jasmine atau wine.

– Batik
Batik Kuningan memiliki motif batik yang cerah namun tidak didominasi banyak warna. Temanya adalah kuda kuningan yang merupakan fauna khas Kuningan, ikan Dewa, Kujang yang merupakan senjata khas dari daerah ini, termasuk juga monumen bokor.

– Kue Satu
Kue Satu dibuat dari kacang hijau yang disangrai, kemudian dihaluskan hingga membentuk bubuk kacang hijau. Lalu dicampur dengan gula sebagai pemanis alami yang melengkapi kelezatannya. Setelah diolah adonan ini dipanggang menggunakan cetakan khusus Kue Satu hingga matang. Kue ini tahan lama sehingga cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh liburan.

– Tahu Lamping
Tahu Lamping asal Kuningan yang banyak peminatnya. Apa beda Tahu Lamping dan tahu yang lain? Secara rasa, Tahu Lamping memiliki rasa yang gurih dengan bagian dalam yang padat. Enak sekali saat di goreng dan di cocol dengan petis. Anda bisa membeli Tahu Lamping dengan rasa yang mak nyus hanya di Kedai Tahu Kopeci yang selalu ramai pengunjung.

– Papais
Olahan beras ketan yang di dalamnya terdapat gula merah menciptakan citarasa yang nikmat. Serta dimasak dengan cara dikukus menghasilkan tekstur yang kenyal serta dibungkus dengan daun pisang yang menciptakan aroma yang sedap.

Dijual dengan harga yang sangat murah yaitu berkisar Rp 1.500-Rp 2.500 ini perbijinya. Dapat Anda temui di pusat perbelanjaan tradisional yang sudah tersebar di semua sudut Kuningan.

– Jenisa
Belum selesai dengan keunikan nama minuman, selain Jeniper ada juga Jenisa. Minuman ini hampir mirip dengan juniper, yaitu jenis minuman yang berbahan dasar jeruk nipis. Jenisa adalah singkatan dari Jeruk Nipis Asli. Minuman ini dikemas dengan kemasan botol dan praktis untuk sekali minum. Sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh Anda.

– Peuyeum Ketan
Singkong menjadi bahan dasar yang dibutuhkan untuk memproduksi Peuyeum ini. Singkong ini di fermentasi dengan ragi tape kemudian dibungkus daun jambu air dan simpan pada wadah kurang lebih 2 hari sampai peuyeum terbentuk.

Wadah yang digunakan untuk menyimpan fermentasi peuyeum ini sering menggunakan ember hitam. Air hasil fermentasi yang mengendap di bawah wadah juga dapat Anda nikmati dengan rasa yang tidak kalah enaknya. Ember hitam ini sudah menjadi khas Kabupaten Kuningan, bahkan di beberapa tempat pusat oleh-oleh peuyeum dijual beserta wadahnya.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kuningan yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia