10 Oleh-oleh Khas Kutai Kartanegara yang Terkenal Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Kutai Kartanegara

Oleh-oleh Khas Kutai Kartanegara – Berwisata menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang sumpek dan tubuh yang sudah mulai penat ialah alasan paling logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi Anda?

Dalam Berliburan kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berbentuk kuliner maupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dipakai sendiri, dipakai sendiri, maupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kutai Kartanegara yang Paling Hits

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, Anda yang kebetulan sedang memperoleh bonus dari pekerjaan bisa berliburan sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membikin suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap kegiatan ini biasanya yakni para wanita. Meski begitu, para lelaki juga banyak pula yang menggilai aktifitas ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadang tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, biar sehabis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Kutai Kartanegara yang Favorit

Indonesia memiliki banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak digemari oleh warga, baik dalam maupun luar negeri ialah Kutai Kartanegara.

Di Kutai Kartanegara, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Kutai Kartanegara.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kutai Kartanegara yang Favorit

1. Jejak Cincin

Jejak Cincin adalah salah satu jajanan yang sangat digemari oleh warga. Rasanya yang manis dan gurih membuat makanan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh favorit dari Tenggarong.

Bahan untuk membuat Jejak Cincin ini adalah perpaduan antara tepung beras, tepung terigu, gula pasir, gula merah aren, serta minyak goreng.

2. Kue Keminting

Makanan ini memiliki bentuk seperti buah kemiri, yaitu kecil dan bulat, serta mempunyai tekstur yang agak keras tetapi sebetulnya renyah pas kita gigit. Kue Keminting ini terbuat dari campuran tepung terigu, tepung kanji, sagu, gula kelapa, gula pasir, serta santan kelapa. Dilihat dari bahan-bahannya saja makanan ini pasti berasa manis dan menggugah selera.

3. Ulap Doyo

Ulap Doyo merupakan kain tenun Suku Dayak yang bisa Anda temukan di Tenggarong. Bagi Anda pecinta kain tenun, maka wajib menambah koleksi kain tenun Ulap Doyo ini. Kain ini dinamakan sebagai Doyo karena memang menggunakan serat daun Doyo untuk membuat kain. Sebagai informasi, Doyo merupakan tanaman menyerupai pandan dengan serat yang kuat.

4. Miniatur Patung Lembuswana

Lembuswana adalah binatang mitologi atau fiksi yang dijadikan sebagai lambang Kerajaan Kutai Kartanegara. Hingga saat ini, lambang kerajaan tersebut menjadi simbol dari provinsi Kalimantan Timur. Bahkan, para penduduk dapat membuat berbagai kerajinan tangan yang terinspirasi dengan Lembuswana ini.

Adapun salah satu kerajinan yang paling terkenal adalah Miniatur Patung Lembuswana. Hampir dipastikan, kerajinan ini selalu tersedia di seluruh gerai oleh-oleh Kota Tenggarong. Berkunjung ke Kota Tenggarong, maka jangan lupa untuk menjadikan Miniatur Patung lembuswana ini sebagai oleh-oleh.

5. Iwak Rabuk

Sekilas makanan ini berbentuk seperti abon karena memang dibuat dari ikan yang ditumbuk hingga halus dan berbentuk rabuk. Karena itulah penganan ini disebut sebagai Iwak Rabuk Tenggarong. Abon ikan ini dibuat dari ikan gabus yang hidup di air tawar. Rasanya sangat gurih, cocok jika dijadikan sebagai teman santap nasi.

6. Biji Delima
Panganan khas Kutai Barat yang satu ini bentuknya mirip dengan buah delima. Biasanya langsung dimasak dengan cara di buat bubur atau kolak lalu ditambahkan santan juga gula merah. Makanan ini terbuat dari bahan dasar sagu. Walaupun bentuknya kecil kecil, namun kenikmatannya sungguh luar biasa.

7. Bubur Jagaq

Bubur jagaq adalah bubur yang terbuat dari bahan biji bijian jagaq. Proses pembuatan bubur ini dengan cara dijemur di atas terik matahari sampai bijinya mengering. Biasanya sekitar 1 sampai 2 hari. Setelah itu, ditumbuk halus lalu direbus dan ditambah gula merah dan santan juga garam secukupnya.

8. Roti Pisang

Jajanan yang satu ini sebenarnya memiliki banyak kemiripan dengan bingka, karena bahan dasarnya yang sama yaitu terbuat dari terigu, santan, garam, gula dan telur. Letak perbedaanya, roti ini memakai irisan pisang sebagai campuran adonannya dan menggunakan cetakan seperti membuat martabak. Kudapan super manis dan lezat ini akan semakin mantap jika dinikmati selagi hagat..

9. Jelore

Makanan ini dibuat dari tepung sagu dan pati singkong. Bentuk Jalore sendiri seperti mie bihun. Cara penyajiannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan minuman hangat seperti susu didalam gelas atau mangkok, lalu celupkan Jelore ke dalamnya. Diamkan sebentar dan Jelore pun siap dikonsumsi.

10. Kue Keminting

Kue Keminting terbuat dari campuran tepung terigu, sagu, gula kelapa, gula pasir, tepung kanji, dan santan kelapa. Dilihat dari bahan pembuatannya, Keminting pasti memiliki rasa manis dan gurih yang siap menggoyang lidah pencicipnya. Tak heran, jajanan khas Tenggarong ini banyak diburu pelancong yang datang ke kota tersebut.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Kutai Kartanegara yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia