Oleh-Oleh Khas Landak

20 Oleh-oleh Khas Landak yang Kekinian Saat Ini

Posted on

Oleh-oleh Khas Landak – Berpiknik menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni kamu. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak serta badan yang sudah mulai capek adalah alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Berpiknik kurang afdol kalau tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa makanan ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dipakai sendiri, dipakai sendiri, ataupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Landak yang Terkenal

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, Anda yang ketepatan lagi mendapat bonus dari pekerjaan bisa berpiknik sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali terhadap kegiatan ini biasanya adalah para perempuan. Walaupun begitu, kaum pria juga banyak pula yang menyukai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadangkala tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, supaya sehabis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Landak yang Populer

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat wisata itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri ialah Landak.

Di Landak, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Landak.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Landak yang Paling Hits

1. Soup Mie Cucu Ngabang

Makanan Khas Oleh-oleh khas Landak Ngabang atau Soup Mie ini berisi mie dengan bahan dasar gandum, kemudian mie tersebut di tambah dengan daging sapi, kemudian telur rebus, serta sayur sayuran diatas mie nya.

2. Warung Sate Sudi Mampir

Masih di daerah Hilir , Ngabang , Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, tempat kuliner lainnya di daerah Hilir, Ngabang yang makanannya sangat lezat adalah Warung Sate Sudi Mampir. Selain memiliki rasa yang nikmat, Warung Sate Sudi Mampir menjual sate dan gulai dengan harga yang terjangkau.

3. Bontokng

akanan ini terbuat dari beras gunung asli Kalimantan Barat dengan cara di bungkus dengan daun yang indah yang berasal dari hutan kalimantan dan dibentuk menyerupai persegi panjang. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan sangat gurih jika dimakan dengan tambahan sayur, makanan ini tidak jauh berbeda dengan ketupat namun bontokng ini sendiri tidak menggunakan kepala atau santan sebagai bahan pembuatannya

4. Tumpi’

Makanan ini bentuknya sama seperti bakwan yang bahan pembuatannya dengan campuran tepung ketan dengan campuran gula. Makanan ini merupakan makanan yang terkenal sejak nenek moyang dan merupakan makanan sakral yang sering sekali digunakan sebagai salah satu pelengkap pajaji untuk menghormati asal muasal padi turun ke dunia, ini juga sebagai makanan pembuka untuk acara Roah ,acara pernikahan juga acara lainnya yang dianggap sangat penting yang berhubungan dengan adat.

Baca Juga:  15 Oleh-oleh Khas Tabalong yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

5. Apam pinang ketan susu

Ada berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih. Namun, apam pinang dengan balutan ketan yang disiram susu kental manis adalah yang paling jadi favorit banyak orang. Memiliki cita rasa manis nan legit, tekstur apam pinang sangatlah lembut.

6. Berbagai olahan lidah buaya

Begitu banyak minuman kemasan yang terbuat dari lidah buaya dan dijual di Pontianak. Semuanya dikemas dengan praktis dan diberi bahan pengawet sehingga cocok untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Olahan lidah buaya tersebut misalnya teh, keripik lidah buaya, young coco, madu, dsb. Rasanya tidak pahit seperti getah lidah buaya pada umumnya.

7. Stick Talas

Stick talas berbentuk memanjang dan terlihat lebih tebal. Rasanya lebih renyah dan tidak keras di mulut. Makanan ini juga awet selama berminggu-minggu dan tidak akan basi selama di perjalanan.

8. Coklat Cempon

Coklat Cempon menawarkan tiga varian yakni dark, white, dan milk chocolate. Keunikan coklat khas Pontianak ini menarik hati wisatawan dan menjadi favorit bagi warga setempat. Rasa dark chocolate sangat lekat hampir tidak ada tambahan rasa vanilla, sementara lidah buaya memberi sensasi kenyal seperti jelly. Selain lidah buaya, produsen Coklat Cempon juga memberi taburan buah kismis yang menawarkan rasa unik.

9. Kacang Pinatsu

Rasanya gurih tidak terlalu asin dan tidak terlalu manis, kacang tanah diolah sedemikian rupa dengan balutan adonan tepung dan bumbu pilihan. Kacang yang sudah dilumuri tepung kemudian digoreng hingga matang kecokelatan dan menghasilkan sensasi renyah di mulut. Kacang Pinatsu awet selama lima minggu di dalam toples tertutup dan sangat cocok untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh.

10. Jenjorong

Jenjorong merupakan makanan khas Ketapang yang terbuat dari campuran tepung kanji, air daun suji dan pandan, tepung beras, gula merah, dan santan. Bentuknya sekilas hampir mirip dengan lemper, bedanya Jenjorong menggunakan daun pandan sebagai pembungkusnya. Inilah yang membuat jajanan yang satu ini beraroma wangi dan menggoda.

Sebagai informasi, daun pandan yang digunakan bukan merupakan daun biasa. Dalam pembuatan Jenjorong, daun pandan yang digunakan memiliki ruas daun yang besar dan batangnya berduri. Penggunaan daun pandan pilihan inilah yang membuat makanan tradisional khas Ketapang ini begitu istimewa.

11. Ale Ale

Ale Ale sendiri adalah hewan air yang banyak diolah menjadi makanan lezat. Rasanya tak jauh beda dengan berbagai jenis seafood pada umumnya. Penduduk sekitar mengolah hewan ini menjadi beberapa kuliner lezat, seperti Ale Ale tumis, Ale Ale kuah kental, Ale Ale asam garam, dan Ale Ale Goreng.

12. Bawang Dayak

Bawang Dayak atau yang disebut sebagai Bawang Tiwai juga banyak dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kota Ketapang. Tanaman ini digunakan oleh masyarakat Dayak sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Sekilas, bentuknya sama saja dengan bawang merah pada umumnya.

Hanya saja, Bawang Dayak memiliki warna umbi merah dengan bentuk daun berbentuk pita. Harganya juga beragam, mulai dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi.

13. Chai Kue

Chai Kue merupakan oleh-oleh khas Ketapang yang juga paling banyak dicari. Bentuknya yang seperti mandu, kue tradisional Negara Korea sanggup menarik perhatian banyak orang. Penganan yang mirip dengan dim sum ini dibalut dengan kulit tipis yang terbuat dari tepung sagu dan dicampur dengan tepung beras.

Baca Juga:  10 Oleh-oleh Khas Kota Gunungsitoli yang Favorit Saat Ini

14. Bingke Berendam

Bingke biasa melewati proses pemanggangan, sementara Bingke Berendam dimasak dengan cara kukus. Karena itulah, kue ini terasa begitu lembut dan kenyal. Rasanya yang legit dan nagih membuat jajanan tradisional khas Ketapang ini begitu banyak dicari. Harganya yang murah juga menjadi daya tarik penganan ini.

15. Snack Muruku

rasa dari Snack Muruku didominasi dengan rasa gurih dan sedikit manis. Rasa tersebut hadir karena tambahan bubuk kacang dalam pembuatannya. Untuk variasi rasanya, Anda bisa mencicipinya mulai dari rasa pedas, rumput laut, keju, balado, dan original
Rasanya yang gurih dipadu dengan tekstur renyah layak dijadikan sebagai menu santap nasi. Karena rasanya yang begitu lezat, Snack Muruku ini banyak didistribusi ke berbagai daerah seperti Pontianak, Banjarmasin, dan beberapa daerah lainnya. Jadi selain di Ketapang, Anda bisa menemui makanan ini di tempat lainnya.

16 Keripik Pisang Segedong

Masyarakat sekitar Ketapang dan Pontianak memiliki hidangan kuliner sekaligus oleh-oleh yang bernama Keripik Pisang Segedong. Keripik ini bisa Anda temukan di berbagai daerah yang menjadi target distribusi Keripik Pisang Segedong. Sesuai dengan namanya, penganan ini dibuat dari buah pisang berkualitas yang ditambahkan gula.Rasa manis dan renyah terasa begitu kental semenjak gigitan pertama.

17 Coklat Wijen Legit

Coklat Wijen berhasil menjadi makanan manis yang disukai banyak orang dari semua kalangan. Menariknya, penganan khas Ketapang ini dapat bertahan dalam beberapa bulan lamanya. Saat berada di Pontianak, pastikan Anda mampir ke gerai oleh-oleh untuk berburu penganan khas Ketapang yang legit ini.Camilan Cokelat Wijen terbuat dari biji wijen renyah yang kemudian dibalut dengan cokelat cair.

18 Mie Talas

Rasanya begitu gurih dan nagih karena teksturnya yang renyah juga semakin menambah kenikmatan Mie Talas ini. Meski Mie Talas tidak banyak diketahui wisatawan, tapi Anda wajib menjadikan makanan yang satu ini sebagai oleh-oleh khas dari Kota Ketapang.

19 Cencalok (Pedak)
Cencalok merupakan olahan terasi ebi yang kecil, dan difermentasikan dengan berbagai bumbu rahasia. Cencalok atau pedak akan lebih enak jika dimakan dengan sajian nasi, ataupun untuk lalap saat makan.

20. Amplang

mumnya amplang menggunakan varian ikan-ikan yang memang sudah biasa digunakan, dan walaupun kini sudah berkembang dengan berbagai varian rasa. Mulai dari original, rumput laut, pedas, sampai dengan rasa yang pas dilidah para wisatawan internasional.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan khas Landak yang Kekinian saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia

Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang