8 Oleh-oleh Khas Langkat yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Langkat

Oleh-oleh Khas Langkat – Bertamasya menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang sumpek dan badan yang sudah mulai lelah adalah alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol apabila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berbentuk makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat disantap sendiri, digunakan sendiri, ataupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Langkat yang Paling Hits

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, Anda yang kebetulan sedang mendapat bonus dari pekerjaan bisa berekreasi sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali terhadap aktifitas ini biasanya yakni para wanita. Walau begitu, para lelaki juga banyak yang menyukai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang terkadang tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sambil belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, agar sehabis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Langkat yang Populer

Indonesia mempunyai banyak sekali obyek wisata. Obyek wisata itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak digemari oleh warga, baik dalam maupun luar negeri ialah Langkat.

Di Langkat, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Langkat.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Langkat yang Favorit

1. Roti Jala
Kabupaten Langkat sangatlah kaya dengan berbagai olahan pangan yang enak dan unik. Salah satunya adalah Roti Jala. Yang mana sebenarnya makanan ini terbuat dari campuran berbagai bahan diantaranya adalah tepung terigu, telur, dan air. Umumnya, hanya ada tiga bahan ini dan dicampurkan hingga benar-benar merata. Kemudian dipanaskan di atas teflon.

2. Halua
Saat pertama kali mendengar namanya, tentu pengunjung atau wisatawan akan merasa asing. Halua adalah salah satu makanan manis khas daerah Langkat yang sangat terkenal dengan cita rasanya. Meskipun banyak wisatawan atau pengunjung yang belum pernah mendengar namanya. Namun, saat mereka mencoba makanan ini untuk pertama kalinya banyak yang langsung tertarik.

Pada dasarnya, makanan satu ini terbuat dari berbagai jenis olahan buah-buahan. Yang mana seluruh buahnya tumbuh dan berkembang di daerah Kabupaten Langkat ini. Kebanyakan buah yang digunakan untuk manisan ini adalah pepaya, cabai, labu, buah renda, terong, wortel, dan buah gelugur serta masih banyak jenis buah lainnya yang dimanfaatkan.

3. Bandrek Langkat
Tak hanya makanan khas Langkat yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Selanjutnya ada Bandrek Langkat, yakni sebuah minuman rempah-rempahan khas dan kerap dijadikan sebagai bentuk buah tangan. Memiliki cita rasa yang unik dan sangat khas tentunya akan membuat pembeda dengan minuman jenis lainnya. Hingga saat ini bandrek telah tersedia dengan berbagai varian rasa yang enak.

4. Bolu Kemojo
Awalnya kuliner satu ini hanya dikonsumsi oleh pribadi atau keluarga di rumahnya masing-masing. Namun, seiring dengan berjalannya waktu banyak orang atau warga sekitar yang mulai memperjual belikan makanan ini untuk dikonsumsi secara umum dan bebas.

Sehingga banyak wisatawan atau pengunjung yang menyebutnya sebagai panganan khas daerah Langkat. Dan tak jarang banyak orang yang menjadikannya sebagai oleh-oleh khas. Bolu Kemojo ini tergolong ke dalam makanan tua yang ada di daerah ini. Bahkan tepatnya tahun 1998, bolu ini mulai diperkenalkan kembali dan dijadikan sebagai buah tangan khas daerah Langkat.

5. Kue Bangkit
Makanan satu ini menjadi salah satu olahan kue atau jajanan ringan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari tua hingga anak-anak sekalipun. Sehingga tak heran apabila, kue ini kerap dijadikan sebagai bentuk buah tangan untuk dibawa pulang kerumah masing-masing.

Kue satu ini memiliki bentuk yang sangat khas, yakni layaknya seperti bunga dengan 5 lengkukan pada bagian pinggirnya. Yang mana hal inilah juga menjadi salah satu faktor banyak orang yang tertarik untuk mencoba makanan ini. Umumnya, kue ini memiliki warna putih dan ditambah lagi dengan taburan gula warna-warni di atasnya. Sehingga mempercantik tampilan dari makanan ini.

6. Dodol Pulut Langkat
Pada umumnya, dodol dapat Anda temui di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Namun, olahan dodol khas daerah ini memiliki cita rasa yang unik dan khas. Dodol khas Langkat ini terbuat dari bahan baku berupa durian. Yang mana sangat cocok bagi Anda pecinta olahan durian. Sehingga pastikan Anda mencoba dodol khas yang ada di daerah ini.

7. Cencaluk
Untuk bahan utama dalam pembuatannya adalah udang yang telah dihaluskan. Kemudian diolah dengan menggunakan berbagai bahan dan bumbu rempah yang sangat khas. Makanan satu ini terkenal dengan banyaknya kandungan protein di dalamnya. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lauk untuk makanan sehari-hari dan tentunya sangat pas bila dinikmati dengan nasi hangat.

8. Ikan Salai
Ikan Salai adalah jenis ikan segara yang telah dikeringkan dan juga sudah melalui sebuah proses pengasapan. Yang mana masyarakat Langkat kerap menyebutkan sebuah proses penyalaian. Dalam proses ini dilakukan sekitar 1 hingga 2 hari. Yang mana dilakukan dengan cara yang sangat tradisional. Hal ini ditujukan agar menghadirkan sebuah cita rasa yang sangat nikmat dan khas.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Langkat yang Melegenda saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia