20 Oleh-oleh Khas Madiun yang Populer Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Madiun

Oleh-oleh Khas Madiun – Bertamasya menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah kamu. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sesak dan tubuh yang sudah mulai letih yakni alasan paling logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berbentuk makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat disantap sendiri, dipakai sendiri, ataupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Madiun yang Terkenal

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, kamu yang kebetulan tengah mendapatkan bonus dari tugas bisa berekreasi sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali pada aktifitas ini biasanya ialah para wanita. Walau begitu, para pria juga banyak juga yang menyukai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadangkala tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sembari belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya bagi kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, biar setelah pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Madiun yang Terkenal

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri ialah Madiun.

Di Madiun, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Madiun.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Madiun yang Terkenal

– Sambal Pecel
Oleh-oleh khas Madiun pertama adalah sambal pecel. Sambal pecel merupakan sajian kuliner khas Madiun yang sangat terkenal dan banyak diminati. Cita rasa sambal pecel khas Madiun berbeda dengan yang lainnya.

Sambal pecel khas Madiun menggunakan bahan-bahan seperti kacang tanah, cabai, daun jeruk, serta bumbu rempah. Cita rasa sambal pecel khas Madiun cenderung manis pedas.

– Kue Manco
Makanan khas Madiun Jawa Timur yang satu ini disebut kue manco yaitu jajanan khas Madiun yang berbahan ketan. Kue manco ini merupakan warisan dari nenek moyang yang mitosnya jajanan ini tidak bisa dibuat di daerah manapun selain di desa asalnya yaitu Desa Tambak Mas. Pasalnya, hanya manco buatan desa Tambak Mas inilah yang jika digigit maka akan berbentuk rongga didalamnya

– Mimosa Lemon
Mimosa lemon merupakan minuman legendaris yang sudah ada sejak zaman dulu. Rupanya sejenis sirup dengan rasa yang menyegarkan dan aroma yang khas.

– Madumongso
Madumongso merupakan salah satu jajanan khas Madiun yang juga populer dan banyak digemari. Madumongso ini dibuat dari bahan dasar ketan hitam yang diolah hingga menjadi tape melalui proses fermentasi. Setelah itu, dimasak dicampur dengan gula dan santan hingga menyerupai dodol. Pengemasanya pun unik, biasanya madumongso dibungkus dengan kertas minyak warna-warni ada yang berbentuk bulat dan ada yang berbentuk lonjong seperti dodol

– Brem
Oleh-oleh khas Madiun lainnya adalah brem. Selain sambal pecel, brem juga menjadi salah satu makanan ringan ikonik di Madiun. Tak heran, banyak yang menjadikan brem khas Madiun sebagai oleh-oleh ketika singgah dari kota ini.

Brem terbuat dari sari ketan yang telah difermentasi dan memiliki bentuk kotak pipih dengan warna putih kekuningan. Brem memiliki tekstur padat dan akan melebur di dalam mulut setelah digigit. Selain itu, segar dan rasa manis langsung menyebar di dalam mulut.

– Bluder cokro
Madiun juga punya roti tradisional nan legendaris yang sudah ada sejak 1889. Roti bluder namanya.

Roti ini sudah ada sejak era kolonial Belanda. Roti bluder punya rasa yang khas dengan tekstur yang sangat lembut. Saat ini, kamu bisa menemukan roti bluder dengan berbagai varian rasa, seperti kismis, keju, kacang, atau abon.

– Semprong
Makanan ringan khas Madiun ini terbuat dari campuran tepung tapioka, gula merah atau gula jawa, dan juga kelapa yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan sajian makanan ringan bernama kue semprong. Kue ini bisa bertahan hingga 8 bulan bila dikemas dalam tempat yang tertutup rapi dan tidak berjamur. Rasanya gurih dan renyah mirip dengan eggroll. Kue semprong ini pas kamu jadikan oleh oleh setelah berkunjung ke Madiun.

– Lempeng puli
Makanan khas Madiun lempeng atau nama lainnya kerupuk puli adalah kerupuk yang dibuat dari bahan dasar nasi yang digepengkan kemudian dijemur hingga kering. Selain itu kerupuk puli dibuat dengan menggunakan pengawet berwarna kuning , biasa disebut bleng. Untuk mengetahui ciri-ciri kerupuk puli yang tidak baik yaitu kerupuk puli yang tampak keras da awet, sedangkan kerupuk puli yang baik adalah kerupuk puli yang mudah pecah dan lebih cepat tumbuh jamur jika tidak segera digoreng.

– Lento
Lento merupakan kuliner yang terbuat dari parutan singkong dicampur tempe. Lento punya citarasa yang pedas, karena dicampur cabai rawit. Teksturnya renyah di luar dan empuk di dalam, biasanya disantap dengan pecel.

– Kue satu
Kue satu khas Madiun ini terbuat dari kacang hijau dan gula pasir. Kue ini mulai terkenal langka lantaran semakin sedikit orang yang memproduksinya. Salah satu tempat produksi kue satu yang terkenal di Madiun ada di Desa Bantengan, Kecamatan Wungu.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Madiun yang Terkenal saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia