15 Oleh-oleh Khas Magetan yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Magetan

Oleh-oleh Khas Magetan – Berwisata menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang sesak serta badan yang sudah mulai penat ialah alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Berwisata kurang afdol bila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dikonsumsi sendiri, dipakai sendiri, ataupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Magetan yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, Anda yang ketepatan tengah memperoleh bonus dari tugas bisa berliburan sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali riang. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali terhadap aktifitas ini biasanya adalah para wanita. Meskipun demikian, kaum pria juga banyak juga yang menggilai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang sangat mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Tentu saja, supaya habis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Magetan yang Terkenal

Indonesia memiliki banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Magetan.

Di Magetan, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Magetan.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Magetan yang Favorit

– Emping Melinjo
Siapa tak mengenal emping? Cemilan yang dibuat dari buah melinjo ini sangat laris manis. Sentra produksi makanan itu berada di daerah Purwosari. Rasanya gurih dengan aroma khasnya. Bentuknya bulat pipih dan bisa dijadikan sebagai teman ngobrol di sore hari.

Keahlian membuat penganan melinjo telah diturunkan dari generasi ke generasi sehingga rasanya tidak pernah berubah. Umumnya, cemilan gurih ini dijual per kilogram. Satu kilo emping dijual Rp. 50.000. Ada pula yang menjual Rp. 80.000. Itu semua tergantung pada kualitasnya

– Jenang Candi
Jenang candi ialah salah satu oleh-oleh wajib dari Magetan. Memang, cemilan ini bisa ditemukan di daerah lainnya. Namun, juga memiliki ciri khas yakni warnanya jauh lebih coklat atau gelap dibandingkan yang lain. Rasa panganan itu manis sehingga cocok disajikan saat ngobrol santai dengan keluarga.

Selain warna sangat pekat, di atasnya terdapat taburan wijen sehingga makin terasa kekhasannya. Rasa unik jenang tercipta karena adanya tambahan gula jawa. Harga satu kotak oleh-oleh khas ini cukup terjangkau yaitu Rp. 38.000. ukurannya besar jadi bisa dibagikan untuk cemilan keluarga di rumah.

– Bolu Rahayu Magetan
Bolu rahayu ialah makanan asli Magetan yang banyak dicari orang. Makanan ini terkadang dijuluki roti endog bermakna roti telur. Penyebutan tersebut dikarenakan ia berbentuk oval menyerupai telur. Setelah mencicipi satu gigitan saja, pelancong bisa merasakan rasa manis dibaluti aroma jeruk khas.

– Wajik Ketan
Makanan manis lainnya yang bisa Anda bawa pulang dari Magetan adalah wajik ketan. Makanan terbuat dari ketan ini kadang diberi aroma pandan dan vanili. Rasanya sangat pas dengan komposisi manis yang sesuai. Di toko oleh-oleh yang ada di Magetan, Anda bisa menemukan wajik ini untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Harganya pun sangat murah, hanya 2ribu hingga 5 ribu rupiah. Inilah sebabnya makanan ini termasuk oleh-oleh khas Magetan yang laris dan dicari para wisatawan di Magetan.

– Jadah
Makanan berwarna putih yang terbuat dari ketan dan kelapa ini cukup populer bagi masyarakat Jawa. Dan daerah Magetan menyajikan makanan ini sebagai oleh-oleh. Cita rasa yang lembut, empuk dan gurih. Cocok untuk Anda yang tak suka makanan manis. Selain disajikan dalam bentuk berwarna putih, jadah di Magetan juga ada yang digoreng dan dipanggang. Masing-masing memiliki rasa yang khas. Makanan ini dijual dengan harga 1500 rupiah saja di Magetan.

– Krupuk Lempeng
Krupuk yang terbuat dari bahan beras ini juga menjadi makanan oleh-oleh khas Magetan. Pembuatan krupuk ini biasanya dengan menambahkan bleng, semacam bahan kimia magnesium sulfat yang berfungsi untuk mengenyalkan krupuk. Harganya sangat-sangat murah, hanya 700 rupiah/kilo. Bahkan jika Anda membelinya di rumah para pengusaha krupuk ini, harganya hanya 300 rupiah saja per kilo. Sehingga tak heran jika orang pulang dari Jawa, makanan yang paling banyak dibawa adalah kerupuk.

– Jerangking
Hampir sama dengan kerupuk lempeng, namun kerupuk jerangking ini terbuat dari beras ketan. Kerupuk ini diolah dengan dipanggang sehingga bentuknya akan sedikit merah dan gosong. Tanpa ditambah penyedap, kerupuk ini sudah menyajikan rasa gurih alami yang disukai para wisatawan. Untuk membeli kerupuk ini sebagai oleh-oleh khas Magetan. Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar 15 hingga 20ribu rupiah saja untuk 40 biji jerangking.

– Manisan Kulit Jeruk
Selain tempat makan asyik di Magetan, makanan khas asli lokal yang menarik untuk dicoba yaitu manisan kulit jeruk. Cemilan ini memiliki rasa manis dan menyegarkan. Warga lokal daerah tersebut sangat kreatif hingga bisa mengubah kulit buah menjadi penganan lezat bernilai tinggi.

Sama seperti dagingnya, manisan kulit jeruk ini pun mengandung vitamin C sehingga baik untuk kesehatan. Siapa sangka, bahan dengan rasa pahit bisa menjadi olahan makanan bercita rasa manis menggoda. Cemilan mungil itu dijual Rp. 10.000 saja, Anda juga dapat menemukannya secara online.

– Anyaman Bambu
Selain makanan, daerah Magetan pun terkenal akan pengrajin bambunya. Hasil kerajinannya sungguh indah dan bernilai seni tinggi. Berbagai perabotan rumah diciptakan dari bambu mulai tempat nasi hingga lampu tidur. Produknya terlihat lebih menarik dengan adanya tambahan warna pada hasil anyaman.

Untuk sebuah ceting, tempat nasi tradisional dijual sekitar Rp. 30.000 saja. Apabila menginginkan yang praktis dan mudah dibawa, Anda bisa membawa pulang alas makan dari bambu dengan mengeluarkan uang Rp. 4000. Sangat murah, bukan? Sanak saudara akan senang menerima oleh-oleh unik ini.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Magetan yang Terkenal saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia