8 Oleh-oleh Khas Maluku Barat Daya yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Maluku Barat Daya

Oleh-oleh Khas Maluku Barat Daya – Berliburan menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Memberi kesegaran kembali pikiran yang pengap dan badan yang sudah mulai capek merupakan alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan Anda?

Dalam Berpiknik kurang afdol jika tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berbentuk makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dimakan sendiri, dipakai sendiri, ataupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Maluku Barat Daya yang Terkenal

Memanjakan diri dapat dengan bermacam cara, Anda yang ketepatan sedang mendapat bonus dari tugas bisa berekreasi sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali gembira. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali terhadap kegiatan ini biasanya yakni para wanita. Meski begitu, para pria juga banyak pula yang menyukai aktifitas ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadangkala tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli biasanya memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama untuk kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, agar sepulangnya dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Maluku Barat Daya yang Kekinian

Indonesia punya banyak sekali obyek wisata. Obyek wisata tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri adalah Maluku Barat Daya.

Di Maluku Barat Daya, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Maluku Barat Daya.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Maluku Barat Daya yang Paling Hits

1. Gatang Kenari
Kepiting Kenari adalah hewan yang cukup unik sebab mereka memiliki kebiasaan memakan buah kelapa. Karena kebiasaannya tersebut, daging kepiting ini memiliki rasa yang berbeda dari kepiting laut atau kepiting air biasa. Rasanya lebih gurih dan dagingnya pun lembut dengan sedikit tambahan rasa manis.

2. Talam Sagu Bakar
Oleh-oleh khas Maluku Barat Daya yang bisa Anda temui selanjutnya yakni Talam Sagu Bakar. Olahan ini terbuat dari bahan dasar sagu rangi lalu dipadukan dengan kenari, tepung beras, dan kacang brenebon.

Pada saat digigit, kacang brenebon akan menghasilkan cita rasa kelezatan yang unik, begitupun ketika dicampurkan dengan kenari dan mentega. Tak hanya itu, Talam Sagu Bakar ini juga memiliki cita rasa yang nikmat dan manis karena terdapat campuran gula merah.

3. Ikan Bakar Dabu-Dabu Mentah
Ikan Bakar Dabu-Dabu telah dikenal sebagai ikon wisata kuliner khas Maluku Barat Daya. Makanan yang memiliki rasa original ini merupakan makanan yang sangat dinikmati oleh wisatawan, bahkan kelezatannya sudah mencapai popularitas yang tinggi hingga terkenal sampai Australia.

Proses pembuatan olahan ini pun cenderung mudah dan tidak terlalu sulit. Pada awalnya, ikan yang sudah dipilih sebelumnya tinggal dibakar dalam beberapa waktu tanpa perlu dilumuri bumbu-bumbu yang lain. Ikan yang dibakar tersebut hanya perlu diberi tetesan jeruk nipis secukupnya lalu ditambahi sedikit taburan garam agar menghasilkan cita rasa yang gurih dan sedikit asam.

4. Kohu-Kohu
Kohu-Kohu. Dari segi tampilan dan komposisi bahannya, makanan ini memang tampak tak jauh berbeda dengan Urap Sayur, makanan yang lebih sering dikenal di kalangan orang Jawa.

Namun, salah satu hal yang membuat mereka sedikit berbeda adalah adanya tambahan daging ikan mentah pada Kohu-Kohu seperti ikan teri, ikan tongkol, ataupun pindang. Kohu-Kohu ini sendiri terdiri atas berbagai jenis sayuran dikenal sehat dan kaya akan serat seperti kacang panjang, kangkung, daun kemangi, yang dicampur dengan bawang putih, cabai, dan bumbu lain.

5. Susu Kerbau Moa
Meskipun Anda selama ini terbiasa meminum susu sapi, Anda tidak perlu khawatir karena kerbau Moa pun mampu menghasilkan susu segar yang lezat dan tidak kalah dari susu sapi. Bahkan sejak dulu Masyarakat Maluku Barat Daya seringkali mengkonsumsi susu kerbau ini sebagai pengganti air putih karena khasiatnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Saat ini, Susu Kerbau Moa ini sudah diproduksi dengan beragam proses fermentasi sehingga lebih aman untuk dikonsumsi oleh tubuh tanpa takut akan bakteri yang ada di dalam susu kerbau. Anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh dalam kemasan botol dengan harga yang tidak terlalu mahal.

6. Halua Kenari
Makanan ini terbuat menggunakan bahan utama kacang kenari dan kemudian dibungkus dengan gula merah yang sebelumnya telah dileburkan. Karena gula merah tersebut, tekstur makanan ini pun menjadi cukup lengket apabila dipegang menggunakan tangan.

Oleh sebab itulah, Anda sebaiknya menggunakan tisu atau mempersiapkan air terlebih dahulu saat ingin memakan hidangan ini agar telapak tangan Anda tetap bersih. Selain itu, makanan ini juga akan terasa sangat nikmat apabila ditemani oleh kopi atau teh.

7. Tenun Ikat Tanimbar
Corak dan motif yang dipakai di kain tenun ini seringkali menggambarkan sebuah kegiatan, kebiasaan, dan adat istiadat yang berlaku di sana. Salah satu contohnya yaitu motif yang menggambarkan kebiasaan berburu, memancing, dan lain-lain.Saat ini, Tenun Ikat Tanimbar sudah memiliki kurang lebih sekitar 47 motif yang unik dan cantik. Kain tenun ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena bentuknya yang istimewa dan menawan apabila dipakai di rumah.

8. Acar Kuning
Sesuai dengan namanya, olahan khas Maluku Barat Daya yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik karena tampilan makanannya yang didominasi oleh warna kuning. Apabila acar biasa dibuat dengan berbagai irisan sayuran seperti timun dan wortel, maka tidak dengan Acar Kuning ini.Salah satu hal yang membuat acar khas Maluku Barat Daya ini semakin terlihat istimewa adalah bahan utamanya yang dibuat menggunakan rebung. Rebung tersebut selanjutnya dipotong menjadi bentuk kotak-kotak kecil yang banyak lalu dicampuri dengan bawang merah, nanas, kecipir muda, cabai merah, dan lain-lain.

Bumbu tersebut terbuat dari kunir, sehingga karena itulah warna yang dihasilkan pun terlihat kuning mencolok. Kemudian, makanan ini juga ditambahi dengan kenari yang sudah dikupas sebelumnya sehingga menghasilkan cita rasa yang cukup berbeda saat dimakan.

Selain dijadikan sebagai makanan pendamping saat memakan nasi kuning, sensasi rasa segar dan sedikit asam pada Acar Kuning ini juga akan terasa sangat nikmat apabila disantap bersamaan dengan lauk ikan bakar ataupun menu lezat yang lain. Anda bisa menemukan makanan ini di beberapa rumah makan tradisional yang berada di sekitar Maluku Barat Daya.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Maluku Barat Daya yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia