15 Oleh-oleh Khas Maluku Tenggara yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Maluku Tenggara

Oleh-oleh Khas Maluku Tenggara – Berpiknik menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Memberi kesegaran kembali pikiran yang sesak serta tubuh yang sudah mulai lelah adalah alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman Anda?

Dalam Bertamasya kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berupa kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dipakai sendiri, digunakan sendiri, maupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Maluku Tenggara yang Populer

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, kamu yang kebetulan tengah memperoleh bonus dari pekerjaan bisa berpiknik sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang suka sekali terhadap kegiatan ini biasanya adalah para perempuan. Walau begitu, kaum pria juga banyak pula yang menggilai kegiatan ini.

Membeli beragam perlengkapan yang kadang-kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sembari belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, supaya habis pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Maluku Tenggara yang Melegenda

Indonesia punya banyak sekali tempat rekreasi. Tempat wisata itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak digemari oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri adalah Maluku Tenggara.

Baca Juga:  8 Oleh-oleh Khas Labuhanbatu yang Terkenal Saat Ini

Di Maluku Tenggara, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Maluku Tenggara.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Maluku Tenggara yang Wajib dibawa Pulang

– Kopi Sibu-sibu
kopi sibu-sibu khas Ambon ini merupakan kopi berjenis robusta yang telah dihaluskan. Namun, tetap saja ada perbedaan antara kopi sibu-sibu dengan kopi pada umumnya. Sebab, proses penghalusan kopi ini dilakukan dengan cara yang terbilang masih tradisional. Selain itu, kopi ini pun dicampur dengan bubuk kenari halus dan bubuk cengkeh halus, sehingga cita rasa sekaligus aromanya sangat khas sekali.

– Sambal Colo-Colo
Sambah khas dari Ambon yang membuat anda untuk mudah mengingatnya. Sambal ini terbuat dari cabai rawit, Bawang merah, seledri, tomat muda diberi garam dan juga perasan jeruk nipis.

– Ikan Asap
Walaupun sama-sama berupa oleh-oleh khas Ambon dari bahan dasar ikan segar, tapi ikan asap khas Ambon ini sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, karena selain bisa dinikmati langsung di tempat asalnya, ikan asap ini pun juga diletakkan dan disimpan ke dalam kantong plastik untuk dibawa pulang.

– Papeda
pepeda adalah makanan yang terbuat dari tepung sagu dengan tekstur yang lengket seperti lengket. Di Ambon, papeda dijadikan sebagai makanan pokok penganti nasi. Biasanya papeda ini dimakan bersamaan dengan ikan kuah kuning. Penasaran kan dengan rasanya? Sebelum mulai melakukan perjalanan pulang, sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk menikmatinya.

– Nasi lapola
Nasi lapola salah satu makanan khas Ambon yang di campur dengan kacang kedelai merah. Makanan khas Ambon yang satu ini terasa sangat gurih dan juga pulen.Nasi di masak setengah matang dan di campur dengan kacang tolo, kelapa parut dan juga garam. Akan lebih gurih lagi jika nasi lapola ini di kukus sampai matang.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Subang yang Terkenal Saat Ini

– Kue Kering Kenari
kue kering kenari. Kue ini berbentuk seperti lembaran yang di taburi cacahan kenari di atasnya.Teksturnya yang gurih dan juga campuran kacang almond ini memberikan cita rasa yang nikmat. Anda bisa membwa pulang kue kering ini dan bisa bertahan lama.

– Sagu Tumbu
Sagu Tumbu yang berwarna coklat kemerahan dengan aroma yang menggoda itu akan diambil sedikit demi sedikit dan diletakkan di atas tangan untuk digulung hingga berbentuk seperti pensil atau sedotan.

Usai membentuk pensil atau sedotan tersebut, sagu tumbu lantas dibungkus menyerupai permen dengan menggunakan kertas minyak yang biasanya berwarna merah. Alasan penggunaan kertas minyak sebab buah Kenari yang ditumbuk tadi menghasilkan minyak. Agar minyak itu tidak keluar saat dibungkus, maka digunakanlah kertas minyak sebagai penutupnya.

– Halua Kenari
Halua Kenari merupakan kudapan manis yang berbahan dasar Kenari. Ada yang tahu dari mana rasa manis itu didapat?Pertama, kenari yang sudah direndam semalaman akan dikupas kulitnya. Kenari yang sudah terkupas tersebut kemudian akan dipecah menjadi bagian yang lebih kecil dan dicuci hingga bersih sebelum akhirnya digoreng. Hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 25-30 menit untuk membuat kenari yang digoreng menjadi matang.

Selanjutnya, gula aren yang akan digunakan sebagai bahan perekat kenari haruslah dicairkan. Caranya mudah, cukup masak gula aren + air dengan menggunakan api kecil. Ketika gula aren sudah cair dan mendidih, segera masukkan kenari goreng tadi ke dalamnya dan aduk hingga tercampur merata.Proses selanjutnya adalah membentuk adonan kenari selagi hangat. Kenapa harus ketika masih hangat? Sebab pada periode tersebutlah adonan kenari masih mudah untuk dibentuk sesuai yang kita inginkan. Kalau sudah dingin, adonan akan mengeras dan sulit untuk dibentuk.Umumnya adonan Halua Kenari dibentuk bulat seperti bola dan dimasukkan ke dalam plastik sebelum dijual.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Kota Cimahi yang Paling Hits Saat Ini

– Roti Kering Kenari
kenari dipadupadankan dengan renyahnya roti tawar kering yang diberikan sedikit taburan gula di atasnya. Sebelum masuk ke bagian review mengenai rasa, terlebih dahulu saya akan coba memberitahu cara membuatnya.

– Kacang Kenari
Konsumsi kenari itu bagus untuk kesehatan lho.” Ujar salah seorang penjual yang secara tidak langsung meminta saya untuk membeli kenari dagangannya
Ternyata eh ternyata, omongan si penjual itu benar lho. Kacang kenari masuk dalam jenis biji-bijian yang kaya akan asam lemak tak jenuh serta memiliki kadar asam lemak jenuh yang rendah. Mengkonsumsi kenari secara rutin mampu melindungi jantung dan mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Maluku Tenggara yang Terkenal saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia