7 Oleh-oleh Khas Mandailing Natal yang Terkenal Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Mandailing Natal

Oleh-oleh Khas Mandailing Natal – Berwisata menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Memberi kesegaran kembali pikiran yang sesak serta tubuh yang sudah mulai penat adalah alasan sangat logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman Anda?

Dalam Berliburan kurang afdol bila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berupa makanan ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk dimakan sendiri, dipakai sendiri, atau dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Mandailing Natal yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, kamu yang ketepatan lagi memperoleh bonus dari tugas bisa berliburan sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membuat suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang suka sekali terhadap aktifitas ini biasanya adalah para perempuan. Meski begitu, kaum pria juga banyak pula yang menyukai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sambil belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya buat kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Tentu saja, supaya setelah pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Baca Juga:  20 Oleh-oleh Khas Kotabaru yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Wisata Belanja Oleh-oleh di Mandailing Natal yang Favorit

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Mandailing Natal.

Di Mandailing Natal, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Mandailing Natal.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Mandailing Natal yang Paling Hits

1. Sambal Tuktuk
Banyak disajikan dengan ikan aso-aso ataupun ikan teri tawar. Dijual bersama nasi sebagai pelengkap lauk di warung-warung. Karena permintaan yang banyak dari orang luar daerah, banyak inovasi bungkus botol yang awet untuk disimpan dalam waktu lama.

Sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Mandailing Natal. Harganya juga relatif terjangkau untuk rasa dan kuantitas yang banyak. Dapat dibeli di sentra buah tangan ataupun on-line shop.

2. Dodol Alame
Dodol Alame adalah kue yang dibuat dari campuran beras ketan hitam dengan gula merah. Kadang juga dicampurkan dengan gula aren yang memiliki rasa manis lebih legit dan gurih.

Salah satu keunikan dari Dodol Alame Panyabungan adalah dodol dibungkus dengan anyaman daun kelapa yang sudah tua. Karena keunikan inilah, biasanya para turis menjadikan Dodol Alame sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kampung halamannya.

3. Lemang Mandailing Natal
Panganan khas ini banyak ditemui di daerah bagian Sumatera dan sekitarnya termasuk di Mandailing Natal. Terbuat dari bahan dasar beras ketan yang diolah dengan cara dibakar. Dibalut daun pisang dan dimasukkan ke dalam ruas bambu yang sudah dibersihkan. Dinikmati sebagai pengganti nasi dan sejenisnya.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Banyak dijual di beberapa warung makanan di daerah Sumatera. Dimakan dengan menggunakan selai, durian, ataupun dengan lauk seperti telur, rendang, dan sejenisnya. Dijual per-porsi bersama dengan tambahan lauk ataupun bahan dengan rasa manis. Harganya relatif murah dan bervariatif tergantung penjualnya.

4. Gule Gulung Badung
Gule Gulung Badung dibuat dari beberapa lembar daun singkong yang ditumbuk sampai halus. Setelah itu dimasukkan ke dalam kuah kuning yang dibuat dari campuran rempah jahe, kunyit dan santan.

Untuk menambah cita rasa biasanya Gule Gulung Badung ditaburi bawang merah goreng di atasnya. Namun bagi yang tidak menyukai aromanya bisa mengkonsumsi Gule Gulung Badung putihan saja yang tanpa taburan bawang.

5. Toge Panyabungan
Kuliner khas dari kota Panyabungan, Mandailing Natal. Bukan sebuah olahan yang berbahan dasar sayuran Toge yang sama dengan namanya. Melainkan sebuah sajian sejenis minuman cendol yang sering dijumpai saat masa bulan Ramadhan tiba. Isinya lebih lengkap yaitu, pulut tape, candil, lupis, ketan, gula merah, santan, dan juga pulut hitam.

Disajikan dengan penambahan es sesuai selera. Harganya murah dan variatif sesuai ketentuan penjual yang bersangkutan. Saat ini sudah banyak dijual di pinggir jalan oleh kaki lama walaupun tidak dalam bulan Ramadhan. Menjadi sajian yang banyak dinikmati wisatawan ataupun orang lain lokal dari berbagai kalangan.

6. Kue Pakkat
Kue Pakkat adalah makanan ringan khas Panyabungan yang bisa disebut “gorengan-nya” Mandailing Natal. Sedangkan kalau di Jawa makanan ini disebut Karica kadang juga disebut kue Tok Otoan.

Kue Pakkat adalah gorengan jenis krupuk yang unik dan kreatif. Pasalnya, makanan ini dibuat dari Pakkat atau pucuk rotan yang digoreng kadang juga dipanggang. Setelah itu, makanan dioleskan pada sambal tomat pedas agar rasanya lebih nikmat.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Bondowoso yang Melegenda Saat Ini

7. Itak Poul-Poul
Jenis jajanan yang berbentuk seperti hasil kepalan tangan yang tidak teratur dengan bekas jari-jari ukuran orang dewasa. Makanan tradisional yang terjaga hingga saat ini. Warnanya putih dengan corak coklat. Terbuat dari bahan dasar tepung beras, gula aren/merah, garam, dan puritan kelapa. Diolah dengan cara dikepal-kepal tanpa menggunakan cetakan. Rasanya manis, dan gurih.

Pada mulanya hanya dihidangkan atau dibuat pada acara adat yang dianggap penting, seperti pernikahan dan sejenisnya. Kemudian mulai dijual bebas di pasar tradisional dan warung-warung kopi. Namun, saat ini sudah mulai susah untuk ditemukan, karena selera masyarakat Mandailing mulai beralih pada olahan instan seperti kue, roti, donat, dan juga mie instan.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Mandailing Natal yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia