12 Oleh-oleh Khas Mempawah yang Populer Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Mempawah

Oleh-oleh Khas Mempawah – Berpiknik menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah kamu. Memberi kesegaran kembali pikiran yang sesak serta tubuh yang sudah mulai capek yakni alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Berwisata kurang afdol jika tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli rata-rata berupa makanan atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dipakai sendiri, dipakai sendiri, maupun diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Mempawah yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, kamu yang kebetulan sedang memperoleh bonus dari pekerjaan bisa berekreasi sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para perempuan. Meski begitu, kaum pria juga banyak pula yang menyukai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang-kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berliburan sambil belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang memiliki kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya untuk kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Tentu saja, biar setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Mempawah yang Melegenda

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata. Obyek wisata tersebut tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak digemari oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri yakni Mempawah.

Baca Juga:  20 Oleh-oleh Khas Toba yang Populer Saat Ini

Di Mempawah, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Mempawah.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Mempawah yang Populer

1. Kain Sasirangan

Kain ini mirip seperti batik, namun dengan corak motif yang berbeda. Kain sasirangan memiliki motif yang unik dan dibuat dengan bahan-bahan yang istimewa.Dalam bahasa Banjar, sasirangan berasal dari kata sirang yang berarti menjelulur. Hal ini berkaitan dengan poses pembuatan kain sasirangan. Setelah dipola, kain akan dijahit jelujur dengan lebar 1 – 2 mm dengan menggunakan benang, kemudian benang-benang tadi ditarik hingga membentuk kerutan. Kain sasirangan memiliki 3 macam motif, yaitu motif lajur, motif ceplok, dan motif variasi.

2. Madu

Oleh-oleh satu ini wajib untuk dibawa pulang. Madu memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan dan sangat baik untuk dijadikan ikhtiar menjalani hidup yang sehat. Anda pun bisa memperoleh madu di Mempawah karena daerah ini mengembangkan budi daya madu asli Mempawah. Madu ini original dan diolah dengan hati-hati.

Madu khas Mempawah ini tidak memiliki campuran apa pun, jadi masih asli dari sarangnya. Bagi Anda penggemar cairan manis ini, Anda harus mencicipi madu khas Mempawah dan memperoleh khasiat darinya. Tentunya Anda juga bisa membawakan oleh-oleh madu ini untuk keluarga di rumah, khususnya untuk meningkatkan stamina tubuh di musim pandemi seperti sekarang ini.

3. Cumi Asin

Di Mempawah, hasil laut berupa cumi-cumi ini diolah untuk dijadikan cumi asin. Pengolahan cumi asin mirip dengan ikan asin. Cumi asin akan lebih tahan lama karena kadar asir di dalamnya telah habis dan tetap bisa dinikmati walaupun disimpan berhari-hari. Bagi Anda yang berasal dari daerah yang jauh dari Mempawah, makanan ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

4. Produk Tas Lokal

Baca Juga:  15 Oleh-oleh Khas Kendal yang Favorit Saat Ini

Bagi Anda yang suka mengoleksi tas, oleh-oleh ini wajib masuk keranjang belanjaan Anda. Di Mempawah terdapat banyak pengrajin yang mengolah bahan baku menjadi sesuatu yang indah dipandang, salah satunya tas lokal ini. Tas lokal Mempawah ini berbeda dengan tas lainnya karena memiliki corak khas yang unik. Tiap pengrajin memiliki motif unik tersendiri. Pilihlah sesuai dengan keinginan Anda.

Tas lokal ini sudah memasuki produksi dalam jumlah besar. Produk ini juga sudah melegenda dan menjadi primadona para wisatawan, bahkan sudah masuk ke pasar ekspor mancanegara

5. Roti Srikaya

Roti srikaya terbuat dari bahan-bahan alami dan tanpa pengawet, sehingga aman dikonsumsi oleh segala usia. Sekalipun tanpa pengawet, roti ini dapat bertahan selama beberapa hari. Jadi masih aman jika jarak rumah Anda harus ditempuh selama beberapa hari dari Mempawah. Oleh-oleh manis ini harus masuk bingkisan Anda untuk orang-orang terkasih.

6. Pengkang

Pengkang berbahan dasar pulutatu atau juga umum disebut dengan beras ketan. Di dalam Pengkang terdapat isian berupa udang atau ebi. Biasanya, masyarakat Mempawah membungkus Pengkang dengan daun pisang yang sudah dibentuk menyerupai kerucut dan dijepit dengan bilah bambu.

7. Es Jagung

Sari jagung yang manis akan membuat es jagung terasa sangat nikmat. Es jagung biasa disajikan di dalam mangkuk bersamaan dengan sedikit gula, susu kental manis, dan tak lupa es batu. Minuman yang satu ini sangat nikmat disantap pada siang hari saat cuaca sangat panas.

8. Jeruk Melawi

Daerah Nanga Pinoh Kabupaten Melawi juga mempunyai buah khas yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Buah tersebut adalah Jeruk Melawi. Jeruk melawi mempunyai citarasa yang benar-benar istimewa karena seluruh proses mulai dari penanaman, pemupukan, dan pengolahan dilakukan dengan cara yang alami.

9. Kue Bawang

Kue bawang terbuat dari perpaduan bahan semacam tepung, telur dan bawang. Selanjutnya digoreng dan diberikan rempah-rempah pilihan. Selain nikmat, kue bawang juga sangat renyah. Kue bawang merupakan camilan khas Nanga Pinoh yang paling banyak diburu para wisatawan.

Baca Juga:  12 Oleh-oleh Khas Banyuasin yang Kekinian Saat Ini

10. Lek tau suan

Lek tau suan merupakan kuliner khas Melawai yang berasal dari China namun cita rasanya telah disesuaikan dengan lidah lokal. Hidangan ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan pandan, gula, dan diberi kuah.

11. sate melayu

Sate melayu bisa terbuat dari daging sapi dan daging ayam. Keunikan hidangan khas yang satu ini adalah dari cara pembuatannya. Mula-mula daging yang akan dibuat menjadi sate harus dipukul-pukul terlebih dahulu menggunakan palu kayu. Lalu sate dibakar dengan bumbu kacang. Setelah matang sate disajikan di atas lontong yang sudah diiris-iris dan disiram dengan kuah kaldu. Inilah yang menjadikan sate melayu memiliki cita rasa gurih dan tekstur daging yang lembut.

12. Soup Mie Cucu Ngabang

Makanan Khas Ngabang atau Soup Mie ini berisi mie dengan bahan dasar gandum, kemudian mie tersebut di tambah dengan daging sapi, kemudian telur rebus, serta sayur sayuran diatas mie nya.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan khas Mempawah yang Favorit saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia