12 Oleh-oleh Khas Muara Enim yang Kekinian Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Muara Enim

Oleh-oleh Khas Muara Enim – Berpiknik menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Berikan kesegaran kembali pikiran yang pengap serta tubuh yang sudah mulai penat ialah alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol jika tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berupa makanan ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli buat dikonsumsi sendiri, dipakai sendiri, atau diberikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Muara Enim yang Favorit

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, Anda yang ketepatan lagi mendapatkan bonus dari tugas bisa bertamasya sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan membikin suasana hati kembali riang. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang senang sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para perempuan. Meskipun demikian, para pria juga banyak juga yang menggilai aktifitas ini.

Membeli beragam perlengkapan yang terkadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sambil belanja ini. Namun, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang mempunyai manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus bagi kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Tentu saja, biar setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Muara Enim yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri yakni Muara Enim.

Di Muara Enim, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Muara Enim.

Baca Juga:  10 Oleh-oleh Khas Kota Probolinggo yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Muara Enim yang Paling Hits

– Kemplang
Kerupuk yang berbahan dasar dari ikan tengiri dan tepung tapioka ini selalu menjadi buah tangan yang paling di cari pengunjung.Nama kemplang di ambil dari cara membuatnya yaitu dengan di kemplang atau di pukul. Kemplang sengaja di bentuk bulat pipih agar teksturnya renyah dan tetap gurih. Alih-alih digoreng, kudapan ini dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api.

– Hehancang Tehung
Hehancang terong atau yang berarti masakan terong ini adalah makanan rumahan khas Lahat. Walau termasuk dalam masakan rumah, namun hehancang tehung sangat jarang Anda temui di tempat makan daerah Kabupaten Lahat karena makanan ini hanya dibuat ketika ada acara besar atau akhir pekan saja.

– Kopi Robusta
Lahat merupakan penghasil kopi terbesar dan terbaik di wilayah Sumatera Selatan. Kopi robusta adalah produk menjadi unggulan dari daerah ini dengan didukungnya iklim, tekstur dan struktur tanah.

Pengolahan kopi robusta Lahat juga masih menggunakan alat yang sederhana dan tradisional. Sehingga rasa dan tekstur yang dihasilkan dari kopi sangat khas.

– Gulai Rebung
Rebung merupakan bambu muda atau tunas bambu yang sering dijadikan bahan dasar masakan. Di Lahat, rebung diolah dengan bumbu gulai sehingga memiliki citarasa yang unik.

Masakan rumahan yang sangat lezat. Diolah menggunakan kaldu bisa dari daging sapi atau udang yang dimasak dengan bumbu gulai. Tidak hanya rebung yang Anda temui di dalam gulai, ada beberapa bahan juga yang dapat ditambahkan seperti kacang panjang atau sayuran wortel dan brokoli.

– Batik Kujur
Batik Kujur cukup populer dengan coraknya yang unik. Motif yang dibuat tidak sembarangan, melainkan disesuaikan dengan potensi daerah yang dimiliki oleh Muara Enim. Sehingga nuansa budaya lokal dapat ditonjolkan. Dapat dilihat pada gambar buah durian, kopi, dan air terjun pada kain batik menggambarkan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Muara Enim.

– Kopi Semendo
ika Anda sedang berkunjung ke Muara Enim, jenis kopi yang satu ini tak boleh dilewatkan. Kopi dengan perpaduan rempah menjadikan kopi ini digandrungi oleh para wisatawan muda. Cita rasa kopi yang disajikan dalam seduhan menjadikan Kopi Semendo memiliki keunikan tersendiri.

Baca Juga:  15 Oleh-oleh Khas Kota Tanjungbalai yang Paling Hits Saat Ini

Tak hanya laris manis pada masyarakat lokal, namun Kopi Semendo sudah terkenal di nasional dan manca negara. Kopi semendo berasal dari biji kopi semendo yang ditanam pada dataran tinggi Muara Enim. Sehingga menghasilkan rasa khas yang unik dan kaya rempah. Berdasarkan cita rasa dan teksturnya, variasi Kopi semendo dibedakan menjadi arabika semendo dan robusta semendo.

– Bubur Kinco
Bubur kinco diolah dari buah cempedak yang sudah dikeringkan, salai durian, dan santan. Sajian ringan ini cocok dihidangkan untuk sarapan di pagi hari dengan kentang atau roti. Bubur ini juga dapat disantap tanpa menggunakan makanan pendamping. Untuk yang sedang diet, bubur kinco cocok menemani Anda. Pastikan saat berkunjung ke Muara Enim, jangan lewatkan sensasi bubur kinco dan menjadikannya buah tangan.

– Kue Lumpang
Kue lumpang adalah kue tradisional berbahan dasar tepung beras. Kue lezat dengan rasa manis ini telah ada sejak 80 tahun silam dan masih digemari hingga saat ini. Kue ini ditaburi parutan kelapa kasar yang menambah rasa gurih saat memakannya. Kue yang termasuk jajanan pasar ini sangat cocok untuk teman minum teh.

– Dodol Durian
Masyarakat sekitar menyebut makanan satu ini dengan sebutan “Lempok”. Lempok sendiri sebenarnya sejenis dengan dodol khas Jawa Barat, hanya saja lempok ini memiliki cita rasa dan aroma khas durian. Sama seperti tempoyak makanan ini juga hanya dapat ditemukan pada musim durian.

-Pindang Ikan Guan
Masakan satu ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan utama, dimana untuk di daerah Empat Lawang tidaklah susah untuk menemukan ikan gabus walau tidak dibudidayakan oleh masyarakat sekitar, karena keberadaan ikan ini sangat mudah ditemukan di sungai-sungai yang ada di Empat Lawang.

– Pindang Masak Asam
Makanan ini adalah makanan yang sangat mudah anda temukan jika anda berkunjung ke Empat Lawang, makanan ini mudah ditemukan karena bahan utama dari masakan ini sendiri adalah ikan dan ikan sendiri merupakan penghasilan masyarakat dari sungai musi.

– Gonjeng
makanan yang terbuat dari tepung beras ini biasa dijual dipasar dengan rasa yang sangat enak dan berbagia macam varioan rasa bisa menggugah selera makan untuk pencintanya.

Baca Juga:  10 Oleh-oleh Khas Purwakarta yang Populer Saat Ini

-Lempeng sagu
Lempeng sagu terbuat dari tepung sagu, garam, dan kelapa parut. Cara menyantap hidangan ini yaitu dengan mencelupkannya ke dalam sambal belacan atau kuah khusus yang bercita rasa asam nan pedas.

– Kelicuk
Kelicuk adalah salah satu hidangan yang terbuat dari pisang yang telah ditumbuk hingga halus. Kemudian dicampur dengan beras ketan putih atau beras ketan merah. Lalu dibentuk menjadi segitiga sama kaki.

– Pindang tulang
hidangan pindang tak hanya terbuat dari ikan. Ada juga pindang yang bahan utamanya berasal dari tulang iga sapi yang dinamakan pindang tulang.

Mula-mula tulang iga sapi direbus dalam air sampai matang dan teksturnya menjadi empuk. Kemudian rebus kembali dalam air kaldu. Tumis serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai, dan daun salam hingga aromanya harum. Setelah itu, masukkan tulang iga sapi, tomat, garam, gula pasir, dan kecap manis.

– Tempoyak
Tempoyak merupakan kuliner khas Empat Lawang yang terbuat dari daging durian yang sudah matang lalu difermentasikan. Biasanya masyarakat setempat menyantap tempoyak bersama dengan ikan yang diperoleh dari sungai musi. Perpaduan tempoyak dan ikan yang gurih dipastikan bisa menambah nafsu makanmu.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan khas Muara Enim yang Favorit saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia