8 Oleh-oleh Khas Murung Raya yang Paling Hits Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Murung Raya

Oleh-oleh Khas Murung Raya – Bertamasya menjadi kegemaran sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni Anda. Beri kesegaran kembali pikiran yang sesak serta tubuh yang sudah mulai penat adalah alasan paling logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kesenangan kamu?

Dalam Berwisata kurang afdol jika tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dikonsumsi sendiri, digunakan sendiri, ataupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Murung Raya yang Favorit

Memanjakan diri bisa dengan beragam cara, kamu yang kebetulan tengah mendapat bonus dari pekerjaan bisa berliburan sembari berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali riang. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada aktifitas ini biasanya ialah para perempuan. Walaupun begitu, para pria juga banyak juga yang menggilai aktifitas ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang punya manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, biar setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Murung Raya yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia memiliki banyak sekali obyek wisata. Tempat rekreasi itu tentunya sudah lengkap dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak diminati oleh warga, baik dalam maupun luar negeri adalah Murung Raya.

Di Murung Raya, kamu dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Murung Raya.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Murung Raya yang Kekinian

1. Tempoyak
Tempoyak atau tempuyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi.

2. Gaguduh Pisang
Gagodoh atau Gaguduh (nama lain: Sanggar atau Cakodok) adalah sejenis kue khas Indonesia, terutama di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur dan Lampung. … Untuk isi dari Gagodoh tersebut, biasanya menggunakan pisang (namanya menjadi Gaguduh Pisang atau Perkedel Pisang) dan Cempedak (namanya Gaguduh Tiwadak).

3. Kue Getas
Kue getas adalah kudapan asli khas Jawa. Jika di Jakarta, biasanya beberapa orang menyebut kue getas ini dengan nama gemblong. Biasanya kue getas terbuat dari tepung ketan putih, santan, dan parutan kelapa.

4. Lempok Murung Raya
Lempok Durian, sering disebut juga Dodol Durian atau lempuk durian atau lempok merupakan kue tradisional yang sering dijadikan jajanan atau oleh-oleh yang khas

5. Rabuk Patin Kandas Sarai
Jika selama ini anda mungkin lebih familiar dengan abon, nah, masyarakat Kalimantan Tengah lebih mengenalnya dengan nama rabuk. Biasanya rabon kebanyakan terbuat dari daging sapi, sementara abonnya orang Murung Raya ini terbuat dari daging ikan patin.

Rabuk Patin Kandas Sarai namanya. Makanan ini sangat cocok bagi para penikmat masakan pedas. Ada yang levelnya sedang, sampai ekstra pedas.

6. Kue Kakicak
Kakicak merupakan kue yang terbuat dari tepung, ketan, air, kapur, garam, daun pandan atau suji, dan kelapa yang diparut sebagai inti. Kue khas Murung Raya yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal. Umumnya berwarna hijau dengan tambahan parutan kelapa di atasnya.

7. Wadi Ikan
Disamping rabuk patin, Wadi yang satu ini juga terbuat dari bahan dasar ikan patin yang difermentasi kemudian di masak baik dengan cara digoreng maupun dikukus. Hasil dari fermentasi tersebut membuat Wadi Ikan memiliki cita rasa yang khas yaitu asam asin, serta segar

Wadi Ikan ini paling laris dipasaran, loh, dibanding jenis Wadi lainnya. Rasanya yang lezat siap memanjakan lidah anda. Oleh karena itu lebih baik beli Wadi Ikan dalam jumlah banyak atau ukuran yang besar.

8. Tas Rotan
Bagi masyarakat Murung Raya menganyam rotan sama halnya seperti menganyam kehidupan karena sumber penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari berasal dari pekerjaan tersebut.

Paling laris adalah tas rotan berbentuk bulat seperti yang terlihat pada gambar. Dengan desain tradisional khas Suku Dayak, berpadu dengan motif modern, tas ini sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh baik untuk istri, atau pacar anda.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Murung Raya yang Terkenal saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia