20 Oleh-oleh Khas Musi Rawas Utara yang Favorit Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Musi Rawas Utara

Oleh-oleh Khas Musi Rawas Utara – Berpiknik menjadi kegeraman sebagian orang, bisa jadi salah satunya ialah kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang pengap serta tubuh yang sudah mulai penat merupakan alasan sangat masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Berliburan kurang afdol jika tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berbentuk kuliner ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dipakai sendiri, digunakan sendiri, ataupun dibagi ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Musi Rawas Utara yang Favorit

Memanjakan diri bisa dengan bermacam cara, kamu yang ketepatan sedang mendapat bonus dari tugas bisa berwisata sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan membuat suasana hati kembali riang. Asalkan, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang gemar sekali pada aktifitas ini biasanya yakni para perempuan. Meski begitu, kaum pria juga banyak juga yang menggilai aktifitas ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadangkala tidak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Bertamasya sambil belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang punya sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli umumnya memang memiliki kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling menyenangkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum perempuan. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Pastinya, supaya setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Musi Rawas Utara yang Populer

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Obyek wisata itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan rekreasi yang banyak disukai oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri yakni Musi Rawas Utara.

Di Musi Rawas Utara, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tidak akan kamu lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Musi Rawas Utara.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Musi Rawas Utara yang Populer

– Pindang Ikan
Perpaduan rasa gurih, pedas, dengan aroma terasi yang khas membuatnya pas ketika ada di lidah. Bahan utamanya berupa ikan yang masih segar yang langsung diperoleh dari sungai musi.Untuk pengolahannya tidak jauh berbeda dengan makanan yang berbahan ikan pada umumnya. Namun yang menjadikan Pindang Ikan memiliki nilai keunikan tersendiri dibandingkan pindang ikan lainnya adalah dari bumbunya. Bumbu-bumbu makanan kha Rupit terasa rempahrempahnya.

– Gulo Puan
Gulo Puan memiliki arti gula susu. Namun susu yang digunakan bukanlah susu pada umumnya, melainkan dari susu kerbau. Kemudian dicampur dengan gula pasir. Selanjutnya, campuran susu dan gula pasir dipanaskan selama kurang lebih 5 jam. Biasanya, Gulo Puan akan disajikan bersama roti karena fungsinya yang mirip selai.

– Pindang meranjat
Pindang meranjat menggunakan ikan baung gabus sebagai bahan utamanya. Sedangkan bumbu rempah-rempahnya menggunakan daun salam, serai, garam, lengkuas, tomat, kemangi, kunyit, jahe, dan daun bawang.

– Ikan sepit bakar
Dinamakan ikan sepit karena ikannya diolah dengan cara dijepit menggunakan bambu lalu dibakar di atas perapian hingga matang. Boleh menggunakan jenis ikan apa saja asalkan termasuk ikan air tawar.Ikan sepit paling nikmat disantap dengan sambal tomat atau sambal terasi. Tapi, ada juga masyarakat setempat yang mengolahnya menjadi gulai atau pindang.

– Bubur Durian
Bubur durian merupakan makanan khas Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas. Makanan ini memang hanya ada di Musi Rawas, maka tidak heran jika sangat digemari oleh penggiat kuliner. Bubur durian biasanya dimakan bersama dengan roti kemang. Dimakan sendiri sudah enak, namun akan lebih nikmat jika dimakan bersama roti kemang. Rasa gurih ketan dengan rasa manis kuah durian mampu membuat lidah ketagihan.

– Pindang Pegagan
Pindang ikan merupakan makanan khas Muara Beliti yang sangat populer. Dengan bahan dasar ikan patin, makanan ini mampu membuat semua orang yang mencicipinya ingin lagi. Rasa yang khas juga tidak bisa dilupakan begitu saja.Hidangan ini menggunakan banyak bumbu rempah sehingga rasanya begitu gurih. Bumbu yang digunakan untuk membuat pindang ikan adalah serai, daun salam, lengkuas, tomat, garam, kemangi, daun bawang, dan masih banyak lagi. Semua bumbu itu menjadi satu ke dalam kuah pindang yang asam manis dan juga pedas.

– Roti kemang
Memiliki cita rasa manis, roti kemang merupakan roti yang di dalamnya berisi parutan kelapa dan gula merah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti kemang tak jauh berbeda dengan roti yang biasa kamu jumpai.

– Bubur durian
Bubur durian terbuat dari daging durian, santan, daun pandan, dan gula pasir. Campur semua bahan tersebut lalu aduk hingga teksturnya mengental. Bubur durian biasanya disantap dengan roti kemang atau beras ketan. Cita rasa manis dan gurihnya dipastikan membuatmu ingin nambah porsi.

– Perkedel Bayam Kukus
Perkedel bayam kukus merupakan salah satu Kuliner dan Makanan Khas Baturaja yang telah dikenal banyak orang dan sekarang dapat ditemui di beberapa wilayah lainnya di Sumatera Selatan. Perkedel ini diolah dengan bahan utamanya, yaitu kentang, yang dicampur dengan daun bayam yang telah dicincang halus, sehingga daun bayam tersebut tidak akan merusak cita rasa yang dimiliki oleh perkedel ini.

– Sambal Ranggam
Sambal Ranggam, atau sering disebut pula dengan sambal jok-jok, merupakan salah satu makanan khas kabupaten OKU yang dikenal oleh banyak orang. Secara umum, sambal ini merupakan sambal mentah dengan berbahan dasar ranggam, yaitu tomat kecil, yang dipadukan dengan terasi.

– Keripik Pare
Keripik ini dibuat dengan bahan dasar pare. Walaupun buah pare dikenal dengan rasanya yang pahit, namun rasa pahitnya akan hilang ketika menjadi keripik dan memiliki tekstur yang renyah dan menggoyang lidah. Keripik ini biasa dikonsumsi dengan menggunakan bumbu balado, tepung beras, dan penyedap-penyedap lainnya sebagai penambah rasa.

– Kopi durian
Kuliner ini dinikmati dengan cara memasukkan satu biji buah durian ke dalam secangkir kopi. Jadi, aroma kopi yang harum dapat menetralisir bau durian yang menyengat.Sensasi creamy buah durian yang berpadu dengan rasa manis dan asam dari kopi menjadikan kuliner ini wajib kamu coba.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Musi Rawas Utara yang Wajib dibawa Pulang saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia