12 Oleh-oleh Khas Nunukan yang Paling Hits Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Nunukan

Oleh-oleh Khas Nunukan – Berwisata menjadi hobi sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang pengap serta tubuh yang sudah mulai penat adalah alasan sangat logis dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi kegeraman kamu?

Dalam Bertamasya kurang afdol jika tak mencari oleh-oleh khas daerah yang disinggahi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berupa makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dipakai sendiri, digunakan sendiri, maupun dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Nunukan yang Paling Hits

Memanjakan diri bisa dengan berbagai cara, Anda yang kebetulan lagi mendapat bonus dari tugas bisa berwisata sambil berbelanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali gembira. Jikalau, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang gemar sekali terhadap aktifitas ini biasanya ialah para perempuan. Walau begitu, para pria juga banyak yang menggilai kegiatan ini.

Membeli berbagai perlengkapan yang kadang-kadang tidak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Tapi, hal tersebut mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang memiliki manfaat tersendiri.

Saat-saat yang paling mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung yakni saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu mendapatkan barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terkhusus untuk kaum wanita. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Jangan dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Tentu saja, supaya setelah pulang dari berwisata, kamu tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Baca Juga:  7 Oleh-oleh Khas Karangasem yang Wajib dibawa Pulang Saat Ini

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Nunukan yang Wajib dibawa Pulang

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Tempat rekreasi itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjual oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh warga, baik dalam maupun luar negeri yakni Nunukan.

Di Nunukan, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tidak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Nunukan.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Nunukan yang Populer

1. Kerupuk Rumput Laut

Mula-mula rumput laut dicuci dan direbus kemudian diblender. Setelah itu adonan kerupuk dicampur dengan bahan-bahan lain dan dikukus selama kurang lebih 2 jam hingga matang. Lalu potong kecil-kecil untuk selanjutnya digoreng.

Kerupuk rumput laut khas Nunukan tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti bawang putih, wortel, keju, bayam, dan udang.

2. Dodol rumput laut

Untuk membuat dodol ini mula-mula rumput laut dicuci kemudian direndam di dalam air tawar. Air rendaman tersebut harus diganti sehari sekali. Pada proses perendaman juga diberi kapur sirih untuk menghilangkan bau amis dari rumput laut.Setelah melalui proses perendaman selama 2-3 hari, rumput laut siap untuk diolah menjadi dodol.

3. Beras adan

Beras adan merupakan beras lokal hasil budidaya masyarakat kabupaten Nunukan. Sebagai beras yang memiliki kualitas tinggi, tekstur beras adan sangat halus dengan aroma dan cita rasa yang khas.

4. Madu alam sembakung

Madu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Nunukan yang populer di kalangan wisatawan. Pengolahan madu alam sembakung masih menggunakan cara tradisional. Selain menyehatkan tubuh, rasanya pun sangat lezat. Tak heran jika madu ini banyak diminati untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga:  12 Oleh-oleh Khas Kota Medan yang Kekinian Saat Ini

5. Batik lulantatibu

Batik bercorak lulantibu khas Nunukan ini merupakan gabungan dan pengembangan motif-motif dari empat suku, yaitu Dayak Lundayeh, Dayak Taghol, Dayak Tagalan, dan Dayak Tidung Bulungan.

Batik lulantibu menggunakan pewarna yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti orange dari kunyit, merah dari kayu secang, cokelat muda dari daun jambu, dan merah marun dari daun jati.

6. Paluon

Paluon adalah makanan yang terbuat dari ubi sagu khas dayak dengan tekstur yang kenyal. Ubi sagu yang semakin langka terkadang membuat masyarakat mengganti bahan dasarnya dengan ubi singkong sebagai alternatif. Proses memasak paluon cukup sederhana dengan mengambil pati ubi dan ditambah sedikit air dingin lalu kemudian diaduk dengan air mendidih secara cepat sehingga ubi yang berwarna putih akan berubah menjadi bening dan bertekstur kenyal.

7. Tudai

Tudai merupakan jenis kerang berdaging tebal dengan cangkang berwarna hitam dan jingga. Cara memasak tudai cukup sedernaha, hanya tinggal direbus dan kemudian disajikan dengan sambal. Makanan ini juga sering ditemukan dalam acara-acara adat, seperti pernikahan.

8. Daun Ubi tumbuk

Makanan ini juga merupakan makanan khas malinau yang proses pembuatannya sangat sederhanana yakni dnegan menumbuk halus daun singkong kemudian dicampur dengan bumbu dapur dan dimasak sesuai selera

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Nunukan yang Favorit saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Baca Juga:  12 Oleh-oleh Khas Tapanuli Selatan yang Terkenal Saat Ini

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia