12 Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat yang Paling Hits Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Pakpak Bharat

Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat – Berwisata menjadi kesukaan sebagian orang, bisa jadi salah satunya yakni kamu. Beri kesegaran kembali pikiran yang sesak serta badan yang sudah mulai penat merupakan alasan paling masuk akal dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi Anda?

Dalam Berpiknik kurang afdol apabila tidak mencari oleh-oleh khas daerah yang didatangi. Oleh-oleh yang dibeli biasanya berbentuk makanan maupun pernak-pernik. Oleh-oleh tersebut dibeli untuk disantap sendiri, digunakan sendiri, maupun dikasihkan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Pakpak Bharat yang Wajib dibawa Pulang

Memanjakan diri dapat dengan beragam cara, Anda yang kebetulan tengah mendapatkan bonus dari tugas bisa berliburan sembari belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya pasti akan bikin suasana hati kembali gembira. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk mengusir kepenatan. Mereka yang suka sekali pada aktifitas ini biasanya ialah para perempuan. Meskipun demikian, kaum pria juga banyak juga yang menyukai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang kadang tak dibutuhkan menjadi seni sendiri dalam Berpiknik sambil belanja ini. Tapi, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli rata-rata memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang sangat mengasyikkan saat wisata belanja berlangsung adalah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri, khususnya buat kaum perempuan. Mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang cukup ramah dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, agar sepulangnya dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Pakpak Bharat yang Melegenda

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat rekreasi. Obyek wisata itu pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan wisata yang banyak disukai oleh orang-orang, baik dalam maupun luar negeri yakni Pakpak Bharat.

Di Pakpak Bharat, Anda dapat berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga tentu tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik merupakan kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Pakpak Bharat.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Pakpak Bharat yang Wajib dibawa Pulang

– Roti Randang
Roti tersebut mirip dengan butter cookies yang ditaburi wijen diatasnya namun bedanya ada bumbu rendang sebagai isiannya. Cukup unik kan? Jika penasaran dengan rasanya dan ingin serta membawanya sebagai buah tangan selepas pulang dari Padang, silakan datang ke sentra oleh-oleh terdekat. Untuk roti randang ukuran kecil dihargai Rp. 5.000 sementara yang besar dikenakan harga Rp. 60.000/gulungan.

– Songket
Songket merupakan kain khas dari Sumatera Barat yang biasa dikenakan saat upacara adat, uapacara keagamaan atau pernikahan. Saat ini kreasi kain songket sudah banyak macamnya dan menjadi pilihan menarik sebagai oleh oleh khas Padang selain makanan disamping aneka kulinernya. Anda bisa memilih kain songket dalam bentuk pakaian jadi, tas, sarung, selendang, bahkan hijab. Namun jangan heran ya jika harga yang ditawarkan lumayan membuat isi kantong berkurang. Harga yang dipatok tentu sebanding dengan keindahan yang ditawarkan oleh kain songket ini juga proses pembuatannya yang memerlukan ketelatenan hebat.

– Ginaru
Ginaru biasanya disuguhkan warga ketika beras mahal atau keadaan ekonomi tidak sedang baik-baik saja.Dikutip dari unggahan status Facebook Sarah Naibaho,  dia menyebut para ibu Pakpak zaman dulu kalau menampi beras monis-nya (menir) disisihkan dan disimpan.”Ketika musim haleon (paceklik) tiba, maka monis ini dikeluarkan. Lalu dimasak menjadi bubur,” tulis Sarah, 27 Januari 2021 lalu.Untuk membuatnya menjadi lebih enak disantap, kata Sarah, bahannya ditambahi bumbu rempah yang kaya, seperti asam cikala, dan andaliman yang diaduk ke dalam bubur.

– Batagor Martabak Roti Bakar Simpang 4
Tempat ini berjarak kurang lebih 0,4 KM dari kota Salak. Lokasinya berada di Jl. Sikadang Njandi Salak Sumatera Utara.Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner bagi wisatawan yang berlibur ke Salak Pakpak Bharat.Pasalnya, di sini menyajikan menu makanan lezat dengan cita rasa yang khas. Martabak, Roti Bakar, dan Batagornya memang memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang dijual di tempat lain.

– Bolu Batik
Bolu batik tengah menjadi kuliner yang hits dan populer. Hal tersebut disebabkan oleh tampilan luar kue bolu yang dihias menyerupai kain batik sehingga terlihat sangat cantik. Tak hanya tampilannya saja yang menggoda, rasanya juga juara. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk disuguhkan kepada keluarga, sanak saudara, dan rekan-rekan kerja sebagai oleh-oleh khas Padang yang cukup mengesankan. Harga satu buah bolu batik ini adalah Rp. 60.000 dan bisa ditemukan di bakery ataupun toko oleh-oleh setempat.

– Karupuak Jangek
Karupuak jangek merupakan sejenis makanan yang terbuat dari kulit sapi atau didaerah lain mengenalnya dengan istilah kerupuk kulit. Sama seperti kerupuk pada umumnya, karupuak jangek cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau lauk. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung kualitas kulit yang ada

– Dendeng Daun Singkong
Ada rendang daun singkong Padang yang cukup unik karena biasanya dendeng terbuat dari daging. Hal tersebut bisa menjadi cara lain dalam menikmati daun singkong yang menyehatkan tentunya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dimana per kemasan dibandrol Rp. 15.000. Makanan ini bisa ditemukan di sentra oleh-oleh di setiap sudut Kota Padang.

– Karak Kaliang
memiliki bentuk yang cukup unik yakni menyerupai angka delapan. Karena bentuknya tersebut, karak kaliang juga dikenal dengan sebutan kue 88 atau kue angka delapan. Bahan baku dari makanan ini adalah tepung singkong yang kemudian dicetak membentuk angka 8 lalu digoreng.

– Durian
Durian menjadi salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di sini. Meski kebanyakan memliki ukuran kecil, namun memiliki rasa yang manis dan yang penting harganya sangat murah dibandingkan dengan di Pulau Jawa.

– Sirup Markisa
Dibanderol dengan harga mulai Rp. 16.500,- untuk satu botolnya, kita tinggal melipir di pertokoan sepanjang kota. Beberapa toko juga menawarkan sirup markisa dengan berbagai kualitas, dari yang biasa hingga kualitas super yang berharga Rp. 65.000,- per botol.

– Rendang Daging Sapi
Makanan olahan daging sapi dengan berbagai macam bumbu dan rempah yang khas ini memang sudah menjadi ciri khas bahkan ikon Padang. Karena kelezatan cita rasanya, sebuah survey baru-baru ini menobatkan rendang sebagai makanan terlezat didunia versi CNN. Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Padang dan Sumatera Barat pada umumnya.

– Keripik Sanjai Balado
keripik Sanjai Balado Dengan rasa khasnya yang pedas, gurih, dan manis membuat siapapun yang menyantapnya ketagihan. Keripik ini terbuat dari singkong yang dipotong tipis-tipis memanjang lalu di goreng dan dicampurkan dengan bumbu balado yang khas. Cukup mudah untuk menemukan keripik balado yang satu ini karena rata-rata toko oleh-oleh menjajakannya.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Pakpak Bharat yang Terkenal saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia