12 Oleh-oleh Khas Pati yang Melegenda Saat Ini

Oleh-Oleh Khas Pati

Oleh-oleh Khas Pati – Berpiknik menjadi kesenangan sebagian orang, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Berikan kesegaran kembali pikiran yang sumpek serta tubuh yang sudah mulai lelah merupakan alasan paling masuk akal dari hal ini. Lalu, bagaimana dengan wisata belanja? Apakah juga menjadi hobi kamu?

Dalam Berpiknik kurang afdol kalau tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli umumnya berbentuk kuliner atau pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli buat dimakan sendiri, digunakan sendiri, atau dibagikan ke sanak keluarga.

Manjakan Diri dengan Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Pati yang Populer

Memanjakan diri dapat dengan berbagai cara, Anda yang kebetulan sedang memperoleh bonus dari tugas bisa berpiknik sambil belanja. Menghabiskan uang bonus dengan membelanjakannya tentu akan bikin suasana hati kembali riang. Apabila, tidak mengganggu tabungan dan uang bulanan.

Wisata belanja menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali pada kegiatan ini biasanya yakni para wanita. Meskipun demikian, kaum lelaki juga banyak pula yang menggilai kegiatan ini.

Membeli bermacam perlengkapan yang terkadang tak diperlukan menjadi seni sendiri dalam Berwisata sembari belanja ini. Namun, hal ini mungkin hanya terjadi pada mereka yang mempunyai sifat shopacholic. Sementara yang lainnya, barang-barang yang dibeli kebanyakan memang mempunyai kegunaan tersendiri.

Saat-saat yang paling membahagiakan saat wisata belanja berlangsung ialah saat memilih aneka oleh-oleh atau buah tangan. Menawar dengan harga serendah-rendahnya lalu memperoleh barang itu merupakan sebuah prestasi tersendiri, terutama untuk kaum wanita. Memperoleh barang yang diinginkan dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong merupakan kepuasan tersendiri.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang memerlukan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan untuk sehari-hari. Sudah pasti, supaya setelah pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Wisata Belanja Oleh-oleh khas Pati yang Paling Hits

Indonesia punya banyak sekali obyek wisata. Obyek wisata tersebut pastinya sudah lengkap dengan para pedagang yang menjajakan oleh-oleh atau buah tangan. Salah satu kota tujuan liburan yang banyak disukai oleh warga, baik dalam maupun luar negeri ialah Pati.

Di Pati, Anda bisa berwisata belanja sepuasnya. Membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan warga pasti tak akan Anda lewatkan. Harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Pati.

Berikut Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Pati yang Terkenal

– Kacang Khas Pati
Di Kabupaten Pati ada 13 pabrik kacang, 11 berskala menengah dan 2 berskala besar. Kacang dari kota kabupaten ini dikenal enak dan gurih dan selalu bisa dijadikan camilan saat bersama keluarga.

Beragam jenis produk kacang tersedia dengan variasi rasa yang bermacam-macam. Kamu bisa membeli oleh-oleh ini dari pabrik-pabrik lokal dengan skala kecil dengan rasa original dan khas yang tak bisa kamu temui di mini market manapun. Pastikan kamu untuk membeli oleh-oleh yang satu ini.

– Jeruk Pamelo pati
Oleh-oleh khas dari Kabupaten Pati ini hanya ada di Desa Bageng. Buah tangan yang bisa kamu beli ini bukan berupa makanan jadi melainkan sebuah buah, yaitu jeruk jenis Pamelo. Jeruk jenis ini dikenal memiliki rasa yang manis dan segar.

Jeruk ini memiliki kandungan air yang banyak sehingga terasa segar saat menikmatinya. Tekstur jeruk Pamelo lembut dan daging buahnya berwarna merah. Keunggulan lainnya adalah buah ini tak memiliki biji. Berat Pamelo bisa mencapai antara 0,80 – 3,00 kg/buah.

– Kue Moho pati
kue Moho dibuat dari tepung terigu dan dibuat dengan resep asli khas Pati yang sudah turun-temurun. Bahan lainnya adalah air tape singkong dan ragi.

Kue moho mempunyai warna khas di bagian atas juga bawah. Proses pengukusan kue memakai api dari kayu bakar kulit kapuk randu. Dibandingkan menggunakan kompor, tingkat kematangan kue memakai cara ini lebh cepat dan tepat. Kue ini bisa bertahan sampai 4 hari.

– Ampo pati
Cemilan ini terbuat dari tanah liat yang diserut layaknya stik coklat.

Tekstur dan warnanya juga menyerupai dark chocolate.

Uniknya ketika dimakan ampo tidak memiliki rasa seperti tanah sedikit pun.

Ampo cocok disantap bersamaan dengan kopi atau teh.

– Kerupuk Daging pati
Jika kerupuk pada umumnya berasal dari ikan, Kota Pati memiliki kerupuk dengan bahan dasar daging.

Kerupuk ini dibuat dengan bahan dasar daging ayam atau sapi.

Rasa gurih dan renyah siap menemani menu makanan Anda.

– Telur Lurik pati
Oleh-oleh lain khas Pati yang memiliki nama yang aneh adalah telur yang satu ini. Namanya akan membuat kamu kebingungan. Nama telur ini adalah telur lurik. Meskipun aneh, telur lurik adalah salah satu kuliner khas kota Pati yang bisa kamu bawa pulang untuk jadi oleh-oleh.

Penasaran dengan cara pengolahannya? Ternyata telur ini diolah dengan cara diasapi sehingga cangkang telur itu berubah warna jadi kecokelatan. Soal rasa, meski terlihat seperti gosong di luar, rasa telur lurik sangat nikmat. Dijamin bisa ketagihan sesudah mencicipinya.

– Sarang Madu pati
Bukan sarang madu yang dijadikan oleh-oleh, melainkan kue kering yang dibentuk mirip dengan sarang.

Terbuat dari tepung kentang, adonan digoreng menyerupai sarang.

Rasanya cenderung gurih dan manis dalam satu gigitan.

– Lepet Jagung pati
Kue basah ini terbuat dari jagung yang ditumbuk kasar dan ditambah gula sebagai pemanis.

Lepet jagung juga dibungkus menggunakan daun jagung.

– Jeruk Pamelo pati
Jika menginginkan buah segar sebagai buah tangan, maka jeruk pamelo bisa jadi pilihan.

Sekilas buah ini mirip jeruk bali karena memiliki kulit tebal.

Setelah membuka dan merasakannya Anda bisa tahu perbedaannya.

– Getuk Runting pati
Bahan dasar getuk ini mudah didapat, yaitu sinkong. Cara mengolahnya yaitu dengan mengukus singkong terlebih dahulu kemudian ditumbuk sampai pulen. Ketika sedan menumbuk singkong tersebut, kamu bisa menambahkan juga garam supaya getuk terasa gurih.
Diberi nama Runting karena getuk ini asalnya dari Desa Runting, yaitu sebuah desa di Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Kamu bisa mendapati getuk ini dijual di sepanjang jalan Tayu-Pati yang ternyata merupakan daerah Desa Runting.

– Batik Bakaran pati
Bukan berarti batik ini dihasilkan dari proses pembakaran, tetapi batik ini berasal dari Desa Bakaran.

Desa Bakaran menjadi satu-satu desa penghasil batik di Kota Pati.

Walaupun motif dan warnanya indah, batik ini bisa dibeli dengan harga yang relatif murah.

Itulah Beberapa Oleh-oleh atau Buah Tangan di Pati yang Populer saat ini.

Alam disekitar Indonesia selalu menjadi daya tarik dan minat semua orang, mulai dari masyarakat lokal atau sekitar Indonesia sampai dengan masyarakat macanegara atau dunia. Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia begitu indah dan beragam yang memang wajar akan selalu diminati para pelancong. Mulai dari danau, laut, bukit, pegunungan, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Dengan kita berwisata di indonesia dan membeli oleh-oleh dari masyarakat lokal yang ada di daerahnya. Kita turut membantu mengangkat perekonomian dan juga keberlangsungan tempat-tempat wisata indah yang ada di indonesia